Sabun Colek…aah

Keberadaan sabun colek sedikit tergeser dengan adanya keberadaan sabun cair cuci piring. Sabun colek sudah sangat melekat dihati masyarakat sebab keberadaan sabun colek digunakan oleh konsumen jauh sebelum munculnya sabun cair cuci piring. Oleh sebab itu masyarakat terbiasa menggunakan sabun colek dan beralih ke sabun cair cuci piring sangat sulit. Hal ini juga disebabkan juga bahwa sabun colek lebih ekonomis dan bisa di gunakan untuk mencuci pakaian dll. Tetapi dari segi kepraktisan dan kecepatan, sabun cair lebih cepat larut dalam air.

Dalam pembuatan sabun colek, biaya pembuataanya lebih murah daripada pembuatan sabun cair cuci piring sehingga sabun colek lebih murah. Bahan aktif sabun colek Alkyl Benzene Sulfonate ( ABS) merupakan senyawa yang lebih sukar terurai seaca alami. Di banyak negara penggunaan ABS dilarang dan diganti dengan LAS atau SLS. Beberapa alasan masih digunakannya ABS, diantaranya: harganya murah, kestabilannya dalam bentuk krim/pasta dan busanya melimpah.

Komposisi pembuatan sabun colek

1. ABS 11%

2. NaOH secukupnya

3. Soda abu 6%

4. Talk 15%

5. Silikat secukupnya

6. Kaolin 18%

7. Garam 7%

8. Pewarna secukupnya

9. Parfum secukupnya

Peralatan yang dibutuhkan: Wadah, takaran dan pengaduk kayu

Cara membuat sabun colek

1. Setengah air dari 31% + Pewarna aduk rata

2. (1) + Garam aduk rata

3. (2) + Talk aduk rata

4. (3) + Soda abu aduk rata

5. (4) + Larutan NaOH ( NaOH : Air = 40% : 60% ) aduk rata

6. (5) + Sisa air aduk rata

7. (6) + Kaolin aduk rata

8. (7) + ABS aduk rata

9. (8) + Silikat aduk rata

10. Siap dikemas

88 Komentar

  1. ruben aditya said,

    September 24, 2008 at 5:02 pm

    biaya produksi /kilgram kira2 berapa pak? untuk buat sabun colek dengan biaya produksi termurah mohon bantuan formulanya pak? SALAM

  2. iwanmalik said,

    Oktober 31, 2008 at 3:45 pm

    Untuk biaya produksi kurang lebih 50% lebih murah daripada membeli sabun colek di pasaran

  3. ilham said,

    Desember 22, 2008 at 8:53 am

    nama-nama kimia maksudnya apa si?

  4. abdi darma said,

    Februari 27, 2009 at 10:05 am

    Mas Iwan, salam kenal.

    Bisa diperjelas takaran NaOH, Air dan Silikat untuk bahan sabun colek?
    Kalau silikat, itu sudah nama familier di toko Kimia?

    Kalau formula softener, sabun cuci piring cair dan deterjen matic bisa di e-mailkan?

    Terima kasih

  5. syaequ said,

    Maret 12, 2009 at 10:34 am

    yang dimaksud dari langkah pertama itu apa pak?
    apa jumlah air itu sebanyak 31% atau gimana?
    makasih

  6. Yuwanta Alamsyah said,

    Maret 24, 2009 at 4:27 am

    airnya pake brapa liter bos…? persentasenya dari berat brapa ? thx

  7. kusno said,

    April 5, 2009 at 7:42 am

    sy pernah membuat sabun colek,tapi busanya kurang banyak.apa yang perlu ditambahkan lagi agar busanya melimpah dan isinya bisa banyak.

  8. iwanmalik said,

    April 5, 2009 at 5:21 pm

    Kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah berkunjung. Khusus bagi pengunjung yang menulis komentar, biasanya kami mengirim email balik.
    Salam

  9. Kusno said,

    April 6, 2009 at 11:22 am

    Slm kenal.Sy tertarik dgn formula pembuatan sabun colek anda.Sy mw membuka usaha kecil tp bs tdk sabun colek dr mas malik sm kwalitasx ama sbn wings.Mslhx aq mw produksi kl memang sm kwalitasx

  10. Kusno said,

    April 7, 2009 at 3:28 am

    Mas malik blh g sy d ksh taw formula sabun colek u skala industri.Aq mw buka industri kecil.

  11. iwanmalik said,

    April 7, 2009 at 3:58 am

    Pak kusno,
    Formula sabun colek yang kami punya ini, bisa dikatakan deterjen cream. Bentuknya memang cream tapi bila dilarutkan ke dalam air akan cepat larut dan tidak perlu airnya di obok-obok yang biasanya pada sabun colek yg ada dipasaran.
    Salam

  12. Kusno said,

    April 7, 2009 at 4:00 am

    Mas malik aq mw tanya nih harga bhn2 kimia.Yg aq mw txkan dlm satuan per zack n jerigen.Bhn2 trsbut: ABS, NaoH, CMC, Na2CO3, CaCO3 dan STPP.N d mana tmpt sy bs dptkan dgn harga murah.

  13. Kusno said,

    April 7, 2009 at 4:09 am

    Makasih mas atas jwbnya.Tp apa sabun dr formula mas malik bs aq produksi.Tktnya hsl yg sy buat kala jauh dgn sabun wings.

  14. Kusno said,

    April 8, 2009 at 8:09 am

    Di tempat aku susah di dpt sagu.Bs tdk d ganti dgn bhn yg lain.Aq tinggalnya di makassar.

  15. roy said,

    April 12, 2009 at 10:39 am

    salam kenal mas iwan…
    saya tertarik dengan resept tersebut. Apa resep2 yg digunakan di pasaran sama dengan yang tertera diatas???
    Sya juga tertarik dengan produksi sabun colek tersebut. Apa masih bisa produk yang kita hasilkan melawan produk2 yang laen di pasaran???
    Mungkin sebagai referensi, di mana saya bisa membeli bahan2 tersebut dengan harga murah?

  16. April 21, 2009 at 4:30 pm

    bang saya tertarik dengan cara pembuatan sabun colek banyak hal yang saya sendiri ga tau,dan mungkin yang sangat berat kebetulan saya di kairo mesir dan saya kira sangat langka untuk ditemukannya,bisa ga jelasin lebih detail bahan2 tsb,kirim ya ke email saya,

  17. Avreli said,

    April 25, 2009 at 6:22 am

    Makasi maz infony..
    Sy pgn mencoba bkin detergent cream spt formula yg maz udh kasi, tp msh krg jelas ttg brp takaran untk stiap bhn2 yg digunakan. Tlg diblz y maz.. Thx b4

  18. Nurkomala said,

    Mei 4, 2009 at 5:26 am

    mas saya pingin coba buat, tapi untuk takaran bahan-bahan seperti garam,air,sagu,abu soda,Naoh,kaolin, ABS, dan silikat nya berapa banyak dalam 1kg sabun colek..???
    dan kira2 biaya yang saya butuhkan buat sabun colek ini berapa ya?
    terimakasih

  19. kusno said,

    Mei 21, 2009 at 12:43 pm

    mas bisa ga kl saya beli kaset yang berisi pelatihan pembuatan sabun colek.soalnya aku tinggal dimakassar.jd ga bs ke sana.aku skalian jg mau pesan foam booster karna dimakassar susah dapatnya.boleh aku minta cara pembayarannya.

  20. lidyan said,

    Mei 25, 2009 at 9:53 am

    mas saya ibu rumah tangga dan ingin membuat industri rumahan tolong di perinci bila ingin membuat sabun colek 1 kg bahan2 nya di bagi jd brapa gram takarannya biar gampang jangan pake persentase ya makasi tolong di kirim ke e-mail lidyan_22@yahoo.com ato sms ke 081236111828 makasi.

  21. winton said,

    Juni 12, 2009 at 7:21 am

    kakka iwan bs beri komposisi dalam bentuk kg ? dan garam pada no 7 maksudnya garam dapur atau sama dengan no 2 sodium sulfat?

  22. winton said,

    Juni 12, 2009 at 7:35 am

    Mas Iwan tolong email formulanya nya ke saya ya? dengan komposisi berat kg

    • iwanmalik said,

      Juni 12, 2009 at 12:58 pm

      Ok Mas Winton, kami sudah kirim email.
      Salam

  23. kusno said,

    Juni 16, 2009 at 12:41 pm

    slm mas iwan.untuk harga foam boosternya.kena berapa harganya.aku mw pesan 2kg atau ltr. skalian juga pesan kaset CD pembuatannya sabun colek.jadi berapa total semuanya mas.skalian juga untuk biaya pengirimannya ke tempat saya di makassar.

    • iwanmalik said,

      Juni 16, 2009 at 10:52 pm

      Pak kusno, sudah kami kirim via email secara detail.
      Salam

  24. kusno said,

    Juni 16, 2009 at 12:47 pm

    mas iwan aku mau tanya,bisa ga kalau foam booster aku ganti pake TEA (tritanolamin).dan apakah dilarang andaikan sabun colek yg aku buat aku kasih TEA untuk penambah busanya mas.

  25. kusno said,

    Juni 24, 2009 at 11:53 am

    malam mas.tadi aku coba buat sabun colek dan ternyata uda berhasil mas.aku uda coba dan aku bandingkan dengan sabun cream wings.dan ternyata busanya sama banyak mas.jd ga papa kan mas kl aku batal membeli kaset CDnya.mohon maaf ya mas sebesar-besarnya,karna aku ga jd beli.trima kasih.

  26. irsal said,

    Juni 30, 2009 at 4:08 am

    pak kenapa di setiap resep nya hanya di cantum kan persensasenya saja tidak di cantumkan berapa komposisi ( gram, cc ,)dari setiap bahan

    makasih

  27. Asep Zakaria said,

    Juli 11, 2009 at 10:35 am

    Salam pak iwan, klo boleh saya mau minta penjelasan dari mulai bahan, konsentrasi( pake satuan gram /kg aja) sama cara pengolahannya. terima kasih,
    saya tunggu emailnya!!

  28. Herry said,

    Juli 14, 2009 at 11:22 pm

    Salam Mas Iwan, Saya ingin membuat sabun colek resepnya mas Iwan, tapi belum jelas masalah takarannya, mohon penjelasanya dengan satuan kilo gram dan mili liter atau CC.Saya tunggu infonya. Matur Nuwun.

  29. Tono said,

    Juli 17, 2009 at 5:20 am

    Salam Mas…
    Saya ingin coba resep sabun coleknya, barangkali bisa dijadikan home industri. Mohon penjelasan lbh lanjut via email agar apa yg akan saya buat nantinya berhasil. Sekalian penjelasan bahan2 dan dimana bisa didapatkan, sekalian jika ada vcd-nya, agar lbh ngerti. Saya tinggal di Indramayu. Trim’s

  30. david said,

    Juli 23, 2009 at 5:31 pm

    salam kenal
    sekarang ini saya lagi ingin membuka wirausaha membuat sabun colek
    bisa tolong mas memberi perinciian detail,baik dari komposisi berat dan cara pembuatannya secara detail.dan juga saya minta info cara pengemasannya untuk dijual ketoko dan grosir,selain menggunakan mesin yg harganya puluhan juta.mana tau ada alat pengemas yg lebih murah.saya ingin produk yg say hasilkan sprt produk wings,telepon,ekonomi dll dgn berat sekitar 300gr.
    thanks…saya tunggu emailnya

  31. pujianto said,

    Agustus 2, 2009 at 7:19 am

    salam kenal mas,

    saya tertarik dg resep sabun colekx, bolehlah saya di kasih resepx.
    tapi gunakn ukuran jg pakai persentase maklum tk paham dg bhs persentase. skalian dg resep alternatifx, klo sulit dicari di toko kimia
    trims, saya harap mas.

  32. Emilius said,

    Agustus 27, 2009 at 3:21 pm

    mas..bisa tolong kirimkan resep lengkapnya tidak ke email saya. trus kalo mau pesan bahan untuk pembuatannya dimana…karena di pontianak saya kesulitan untuk mencari bahan-bahan tersebut. terimakasih

  33. MOHAMMAD SUYANTO said,

    September 7, 2009 at 2:51 am

    MAS ….BISA MINTA TOLONG DIKIRIMKAN RESEP RESEP YANG LAIN BIAR SAYA KASIH KETRAMPILAN BUAT ANAK JALANAN

  34. joko sudiro said,

    September 7, 2009 at 5:14 pm

    salam kenal mas, saya joko sudiro jakarta saya ingin mendapatkan semua resep dari mas. sementara ini saya ingin mengajarkan kepada anak jalanan di rumah singgah. bila perlu saya tebus semua resep mas untuk di ajarkan kepada mereka asalkan resepnya akurat. tolong balas ke email saya semoga ilmu mas dapat berguna buat bekal mereka…salam joko sudiro

    • iwanmalik said,

      September 9, 2009 at 12:41 pm

      Salam kenal juga mas Joko, email sudah kami kirim.
      Salam

  35. jingga said,

    September 11, 2009 at 6:01 am

    Mas iwan salam kenal, saya seorang mahasiswi yg berminat untuk membuat percobaan sabun colek. Bisa saya mendapatkan detail nya lagi mas cara utk membuat dan bahan2nya dlm takaran liter/kg. Terima kasih banyak mas. J1nga@hotmail.com

    • iwanmalik said,

      September 11, 2009 at 10:20 pm

      Mbak Jingga, kami sudah kirim email.
      Salam

  36. yopi said,

    September 14, 2009 at 8:32 am

    salam kenal mas iwan, mas sy pernah coba buat sabun sesuai dgn komposisi yg mas cantumkan, tp hasilnya agak encer serta masih ada yg berbentuk seperti abu, u warna knapa tidak bisa nyampur merata ya,mohon saran

    sebelumnya thanks banget ya

    • iwanmalik said,

      September 14, 2009 at 11:37 pm

      Salam kenal juga mas Yopi,
      Maaf mas…, “kami tidak mencantumkan ukuran komposisinya” bila hasilnya encer & warnanya tidak bisa nyampur, kami menyediakan CD pelatihan pembuatan sabun colek.
      Salam

  37. yoga said,

    Oktober 16, 2009 at 8:23 am

    salam sejahtera mass iwan…
    mass saya butuh CD.nya mas iwan,,,gmn proses transaksi.nya?
    bales via email. thanx b 4

    • iwanmalik said,

      Oktober 16, 2009 at 10:50 am

      Mas Yoga, kami sudah kirim email.
      Salam

  38. suroso said,

    Oktober 22, 2009 at 8:49 pm

    mantab mas iwan… ini yang namanya kreasi.. mas tolong ukuran per kg/ % untuk membuat sabun colek bisa diperjelas

  39. gen said,

    November 3, 2009 at 3:10 pm

    mas..kan ada pake garam tuch..itu garam apa???

  40. HINDRATNO said,

    Desember 2, 2009 at 2:58 am

    Mas saya tertarik untuk membuat sabun ini.
    Tolong Minta tolong dikirimkan cara pembuatan secara Detail, karena saya sudah mencobanya tetapi hasilnya kurang memuaskan, karena terlalu encer.
    Juga sebagai perbandingan kalau saya membuat 1 kG, berapa biaya yang dibutuhkan.
    terima kasih

    • iwanmalik said,

      Desember 2, 2009 at 1:42 pm

      Pak/Mas Hindratno, info lengkap sudah kami via email.
      Salam

  41. novian hariyanto said,

    Desember 9, 2009 at 1:59 am

    mas saya ingin membuat industri rumahan tolong di perinci bila ingin membuat sabun colek 1 kg bahan2 nya di bagi jd brapa gram takarannya biar gampang jangan pake persentase ya makasi tolong di kirim ke e-mail saya ya mas. terima kasih sebelumnya

  42. budi kurnia said,

    Desember 9, 2009 at 5:09 am

    mas iwan jika tepung sagu diganti dengan tepung kalsium bisa tidak,dan saya mendapatkan formula 1/2 ons soda api,3,5 ons soda ash, 3 ons sttp, 6,5 ons sodium sulfate, 5 ons water glass, 1 kg abs 15 cc parfum dan formula ini untuk 6 kg sabun kream dengan komposisi air 2 liter setelah saya buat ternyata tidak mencapai 6 kg sehingga harga jualnya tinggi,apa bila saya tambahkan air sekitar 3 liter lagi dan saya tambahkan tepung kalsium 2 kg apakah bisa dan busanya apa masih banyak trima kasih mas iwan

    • Budi Kurnia said,

      Desember 17, 2009 at 8:17 am

      saya buat sabun colek tetapi kebanyakan air setelah jadi sabun menjadi encer dan berair setelah itu saya tambahkan tepung kalsium tetapi tetap encer dan berair jadi saya minta bantuan masiwan apa yang harus saya tambahkan agar sabun mengental dan tidak berair,trima kasih mas atas bantuannya

  43. Arief said,

    Desember 16, 2009 at 9:25 pm

    Assalamualaikum,

    Mas Iwan,
    Saya sangat tertarik untuk membuat, bisa minta detail resep (Total bahan baru 57%, bisa informasikan sisanya masing-masing berapa % ? ), dan untuk bahan-bahan tersebut dipasaran familiar dengan nama apa ?

    Terimakasih atas bantuannya,
    Arief

  44. ricki said,

    Desember 30, 2009 at 10:48 pm

    pak malik tolong jelasin lbh rinci lagi proses pembuatan dan nama bahan dan penjelasanya dan fungsi bahan tersebut.

    soalnya kl saya beli bahan d tempat kimia takutnya mereka membutuhkan ama lain dari nama yg bapak berikan,

    terimakasih

    saya tunggu emailnya

  45. beny setiadi said,

    Februari 12, 2010 at 3:03 pm

    salam kenal Pak Iwan
    Barangkali ada yang mencari softener dalam formulasi krim detergent, kami siap mensuplai: aplikasi 2 in 1 berbasic clay dari perusahaan jerman dengan property:
    softener yang berfungsi sebagai co builder dan filler, anti greying, color guard, pelicin dan menghindari kekasapan kain setelah pencucian, sifat hidrofilik kain setelah pencucian. aplikasi untuk industri cream detergent besar atau kecil, khususnya di jateng-jatim
    untuk informasi lebih lanjut hub:
    benysetiadi@gmail.com
    terimakasih

  46. fredy liu said,

    Maret 11, 2010 at 8:57 am

    pak salam kenal…saya mau tanya..saya bikin sabun colek tapi kok ciar ya??itu gimana caranya biyar bisa jadi kerim/keras??tolong bantuan nya pak..thks

  47. Budi s said,

    Maret 26, 2010 at 2:40 pm

    salam Kenal Pak,
    m tau mengenai komposisinya sabun colek nya brp ltr,kg?,…
    trimakasih.

  48. zah said,

    April 14, 2010 at 5:48 am

    landasan teori pembuatan sabun colek itu apa gmn ????????

    • iwanmalik said,

      April 14, 2010 at 6:18 am

      Saudara Zah,
      Kami meyediakan VCD sabun colek + landasan teori pembuatannya.
      Kami akan memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan.
      Salam

  49. datu Muter said,

    Mei 14, 2010 at 8:34 am

    salam kenal, sukses buat Iwan Malik,

    langka menemukan SDM Indonesia seperti anda, semoga dengan trik dan resep yang ada amalkan mampu mengangkat harkat dan derajat masyarakat luas….

    Mohon Dikirimkan beberapa resep untuk membuat produk enterpreuneur, saya aka latih adik2 karang atruna di Desa saya di Lombak barat NTB.

    Thanks
    slam sukses

  50. eddy said,

    Mei 17, 2010 at 3:54 am

    salam kenal pak iwan. Saya eddy diriau. Saya tertarik dgn formula bpk. Bisa krmkan ga ke email saya. Saya mau buat home industri. Tolong takarannya pake kg,gram ato cc aja ok! Ditunggu yah.salam

  51. robekca purba said,

    Mei 31, 2010 at 4:56 pm

    saya mau tanya pak… saya PKL di IKM sabun cream.. mereka menambahkan snhidrous sodium sulfat sebagai bahannya…
    fungsi dari anhidrous sodium sulfat dalam sabun colek itu sendiri apa ya pak??

    • iwanmalik said,

      Mei 31, 2010 at 11:27 pm

      Rekan Robekca,
      Kami menyediakan VCD sabun cream + konsultasi gratis sesuai item yang di pesan.
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005
      Salam

  52. Rudy santoso said,

    Juni 11, 2010 at 8:03 am

    pak saya mau beli cd cara membuat deterjen matic gmn pak? (Saya hrs trans brp n kmn ya?) Makasih

  53. viany said,

    Agustus 30, 2010 at 1:06 pm

    mlm pak,mw tax ne,,,
    apakah ada standar untuk sabun colek…???

    • iwanmalik said,

      Agustus 30, 2010 at 10:46 pm

      Rekan Viany,
      Untuk standart setiap produk….pasti ada SNI ( Standart Nasional Indonesia ) dan pelatihan pembuatan sabun colek yg kami tawarkan sudah berdasarkan Buku SNI yg kami miliki.
      Salam

  54. ipan kris said,

    Agustus 30, 2010 at 4:45 pm

    Pak iwan, saya punya usaha laundry,dan seringkali punya masalah
    untuk menghilangkan noda-noda yang susah dihilangkan seperti noda tinta
    dan darah. tolong dibantu untuk mengatasi masalah ini.terima kasih

    • iwanmalik said,

      Agustus 30, 2010 at 10:50 pm

      Rekan Ipan,
      Kami menawarkan VCD deterjen cair anti noda atau VCD deterjen bubuk anti noda dll…untuk keperluan Laundry.
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005.
      Salam

  55. joniar said,

    Oktober 8, 2010 at 2:36 am

    Salam kenal Mas Iwan….
    saya..sedang tryal sabun colek & cuci piring nich Bos Iwan !!
    mohon bantuan harga VCD brp ya?? dan & info lengkap pembayaran
    untuk dapat informasi ke saya

  56. PANDU said,

    Oktober 12, 2010 at 11:03 pm

    cara bun cair yg bagus bagaimana

  57. angger said,

    Oktober 14, 2010 at 11:25 am

    saya pernah membuat sabun colek namun hasilnya yaitu tangan mudah terkelupas. gimana cara agar tangan tidak mudah terkelupas ?

    • iwanmalik said,

      Oktober 14, 2010 at 10:15 pm

      Rekan Angger,
      Kami menyediakan VCD sabun colek,…hasilnya sabun colek aman untuk tangan / kulit….pedoman kami sesuai SNI. Dari peserta kami…sudah membuka home industri maupun skala industri.
      Salam

  58. suherman said,

    November 11, 2010 at 9:25 am

    salam kenal mas iwan,dulu teman saya pernah beli cd dari mas iwan,kita pernah praktek bareng and berhasil mas….sabunnya mirip sama wing cuma agak kental.bravo mas iwan….

  59. marcos said,

    November 28, 2010 at 9:47 am

    Sy tinggal di sidoarjo, mau tahu gmn tuk pelatihan dan jg biaya pembuatan sabun pembersih cream dan cair ( oh ya, mana yg lbh baik dan murah antara creAm dan cair? ).
    Sy lihat bisa via vcd, nih bgmna lg ya?
    Trimakasih byk ya.. Atas bantuannya.

    • iwanmalik said,

      November 28, 2010 at 10:17 pm

      Rekan Marcos,
      Karena jarak antara Sidoarjo ke Malang relatif dekat sebaiknya silahkan ke tempat kami untuk pelatihan langsung:

      Kantor jl. barito 5 Malang jam 07.30 – 14.30
      Rumah jl. mawar I / 74d Malang 18 ke atas

      Bagi tidak bisa datang langsung ke tempat kami…..bisa melalui VCD berupa film/demo detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Peserta pelatihan baik praktek langsung maupun pesan VCD-nya + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Salam

  60. santoso said,

    Desember 13, 2010 at 12:05 pm

    selamat malam mas iwan..saya mau tny berapa biaya yang harus dikeluarkan dengan resep mas iwan dalam satuan 1kg sabun cream ?saya ingin wirausaha sendiri tapi saya ingin tahu apa resep mas iwan bisa bersaing dengan produknya wings.terima kasih

    • iwanmalik said,

      Desember 13, 2010 at 9:55 pm

      Rekan Santoso,
      Pada dasarnya dengan memproduksi sendiri bisa hemat hingga 70% & bisa bersaing dgn produk bermerk.
      Info lebih lanjut silahkan Contatc person 0341-4490005.
      Salam

  61. masbowo said,

    Januari 24, 2011 at 12:01 am

    mas iwan saya mautanya cara membuat sabun cuci batangan.

  62. dani said,

    Februari 9, 2011 at 3:25 am

    Siang MAs Iwan…… saya tertarik dengan membuat sabun colek…… tapi untuk membuat 1KG sabun colek, membutuhkan biaya berapa?. apakah ada cara2 khusus untuk membuatnya?….mohon pencerahannya Mas Iwan…… Termakasih Salam Kenal……

    • iwanmalik said,

      Februari 9, 2011 at 4:20 am

      Rekan Dani,
      Pada dasarnya untuk membuat sendiri dr item2 yg kami tawarkan bisa hemat hingga 70%.
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005.
      Salam

  63. guntur said,

    Maret 27, 2011 at 12:37 pm

    terima kasih mas!!
    artikelnya sangat membantu.

  64. Muna said,

    April 1, 2011 at 6:02 am

    salam kenal pak.. saya sangat tertarik untuk bisnis membuat sabun cuci khususnya sabun colek, di mana saya bisa belajar membuat dan sekaligus kalau bisa praktek langsung

    terima kasih

    • iwanmalik said,

      April 3, 2011 at 8:38 am

      Rekan Muna,
      Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Silahkan datang ke tempat kami :
      Kantor jl. barito 5 Malang
      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang

      Cara pemesanan VCD silahkan:
      Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005

      Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui :
      1. http://www.posindonesia.co.id
      2. http://www.tiki-online.com
      3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161

      Salam

  65. Pranan Jaya B said,

    April 15, 2011 at 3:34 pm

    Mas Iwan, saya mau pesan CD resep Sabun Colek, Ini adalah Pesanan Resep saya yang ke 3 mas, mudah-mudahan masih ingat ya, berapa saya harus transfer mas, serta nomor rekening BCA ya mas.. Tks

    Pranan Jaya

    • iwanmalik said,

      April 16, 2011 at 12:35 am

      Mas Pranan Jaya yg tinggal di Bekasi,
      Gimana kabarnya???…baik2 aja ya mas..kami masih ingat koq….
      Pesanan 1 VCD sampo mobil busa warna & VCD sampo mobil wax
      Pesanan ke 2 tentang VCD deterjen cair.
      Untuk pesanan VCD sabun colek yg ke 3 silahkan contact person aja……
      Makasih

  66. wardinah said,

    April 23, 2011 at 9:58 am

    selamat sore P.Iwan malik.
    Pak untuk pembelian VCD. transver via BCA bagai mana cara transaksinya?
    trims

  67. cheap hats said,

    April 26, 2011 at 4:23 am

    I am very interested in it, could you please tell me some more imformation? Thank you!


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

