SOFTENER (Pelembut dan pewangi)

Hari gini kita mencuci pakaian tidak hanya sekedar bersih, juga menginginkan lembut dan wangi. Oleh sebab itu disaat mencuci pada bilasan terakhir ditambahkan softener dengan harapan pakaian yang dicuci menjadi bersih, lembut dan wangi. Di masyarakat sudah beberapa produk softener dengan ciri dan keunggulan yang dimiliki. Dari semua produk yang sudah beredar sebenarnya bahan utamanya sama, yang membedakan adalah jenis parfumnya. Jadi dari jenis parfum inilah yang menjadi senjata untuk menunjukkan ciri khasnya atau untuk membedakan antara produk softener yang satu dengan porduk softener yang lain.

Dalam pembuatan softener ternyata tidak serumit orang kira dan pembuatan cukup mudah karena tidak membutuhkan bahan yang banyak dan prosedurnya cukup pendek dengan catatan-catatan tertentu.

Analisa Bahan pembuatan softener :

1. Softener Flake adalah softener weak cationic yang dapat digunakan untuk beragam jenis kain dan benang dengan keunggulan :
a. menghasilkan kelembutan yang istimewa
b. mudah larut dalam air dingin maupun hangat/ panas
c. sangat rendah efek kekuningannya

Artikel selengkapnya……………………

144 Komentar

  1. cantigi said,

    September 13, 2008 at 2:12 am

    blog yg menarik ;)

  2. radenmasnews said,

    September 21, 2008 at 11:16 pm

    postingan ini bukan sekedar artikel ky nya, tapi ada unsur promosi juga :roll:
    hehehehe…….

  3. iwanmalik said,

    September 22, 2008 at 9:21 pm

    Untuk Artikel yang sama kami buat di

    http://www.putraindonesiamalang.or.id/topik/artikel/wirausaha/

    Semoga ada manfaatnya

  4. ( Mr. EDY ) said,

    Oktober 3, 2008 at 8:11 am

    Wah…saya harap produk-produk ini bisa GO Internasional…GO Publik…semoga cepat sukses…http://kluwan.wordpress.com

  5. Zoe said,

    Oktober 3, 2008 at 8:45 pm

    kok ada nomer hape nya??
    ada apa ini?? hehee

  6. Usaha Online said,

    Oktober 7, 2008 at 6:43 pm

    hmm…. ide yang brilian. orisinil. blog seperti ini yang akan banyak dicari orang.

    anyway, makasih sudah mampir ke blog saya…

  7. YOWH said,

    Oktober 10, 2008 at 5:00 am

    pki..
    artinya apa ya, pak?

    salam dari
    anak spensabaya

  8. iwanmalik said,

    Oktober 12, 2008 at 4:14 pm

    PKI disini artinya Praktek Kimia Industri, bukan kepanjangan ‘partai komunis indonesia’

    Terima kasih sudah mampir dan salam kenal juga

  9. Rudi said,

    November 7, 2008 at 12:33 am

    gitu aja dimuat, om

  10. iwanmalik said,

    November 12, 2008 at 7:48 pm

    Terima kasih komentarnya saudara Rudi,
    semoga artikel berikutnya layak untuk di muat.

  11. zulkarnain, bali said,

    November 13, 2008 at 10:00 am

    salam,..

    makasi atas info2 nya bang iwan,..

    saya mau tanya, gimana cara pembuatan SOFTENER yang detail, beserta komposisi nya,..

    makasi bang iwan. klo anda berkenan tolong dikirim melalui email saya.

    terima kasih,..

    • Teguh said,

      Mei 11, 2009 at 4:00 pm

      Bang…tx buat infonya…untuk proses pembuatan softener dalam 1 liter gmn ya?
      trus pembelian bahan bakunya dmn?
      sekalian tanya untuk proses pembuatan pencuci piring dan sabun colek beserta komposisinya gmn??
      tx

  12. cicy said,

    November 21, 2008 at 2:56 am

    mau dunk artikel lengkap pembuatan softener…. disini kok cm ada analisa bahan aza yak?

  13. Anastasia said,

    Desember 21, 2008 at 4:05 pm

    Mas tolong cara pembuatan SOFTENER yg detail dan komposisinya juga kalo bisa kirim ke email saya TANKS

  14. daniel said,

    Desember 22, 2008 at 9:27 am

    salam

    makasih infonya sangat bermanfaat
    tapi cara pembuatan softenernya ga detail
    tolong lebih detail lagi………………i tahnks

  15. ryo siregar said,

    Januari 12, 2009 at 9:49 am

    salam,saya sangat berminat sekali dalam pembuatan softener.
    tolong lebih detail lagi donk cara membuatnya, dan juga komposisi atau takarannya…
    tolong dikirimkan ke email saya ya,
    terima kasih banyak

  16. aripin said,

    Januari 12, 2009 at 12:17 pm

    halo..

    iya..saya juga tertarik dengan artikel ini…
    tolong lebih detail lagi utk cara membuatnya serta bahan2 n takarannya..

    kirim ke email saya aja yach…

    thx berat.

  17. Mr. Tio said,

    Januari 14, 2009 at 7:30 am

    Smoga sukses atas produk2 yang anda ciptakan dan bermanfaat bagi yg memelukan. selamat…..

  18. Duddy Setiadi said,

    Januari 14, 2009 at 12:24 pm

    lucu..

  19. Sugiarta said,

    Januari 20, 2009 at 1:47 pm

    halo… salam kenal ya..
    saya mau belajar bisnis nih tolomg dibantu ya….
    sekarang ini katanya ada pelicin pakaian untuk setrika, tapi bentuknya bukan cair kaya trika yang ada di pasaran. lebih mirip pelebut molto dan katanya yang bikin ngga isi methanol jadi aman untuk setrikaan.
    bisa dibantu untuk racikannya ngga ….
    terimakasih sebelumnya

  20. Anastasia said,

    Januari 23, 2009 at 5:11 pm

    Saya juga mau Pak,detailnya membuat softener kalau bisa yang jelas soalnya saya buta sama sekali sama kimia. artikel sabunnya itu bentuk cair apa padat pak, maklum kami mau buka laundry kiloan please………!

  21. edhy said,

    Februari 26, 2009 at 10:38 am

    Salam hangat slalu……
    Bapak yang terhormat, tolong saya diberi informasi tentang cara membuat dan komposisi membuat softener, karena saya mau memjalankan usaha loundry dan tips dan trik untuk memhemat biaya operasional usaha laundry. Terima kasih atas bantuannya..

    Salam

  22. yahya said,

    Maret 5, 2009 at 9:34 am

    salam

    makasih infonya sangat bermanfaat
    Thank’s

    salam

  23. alboin silaban said,

    Maret 5, 2009 at 11:16 am

    bagus juga pa iwan,tapi bisa tidak pa,bagaimana detailnya cara membuat softener sebab saya juga tertarik untuk mencoba membuat softener,lebih detail pa iwan. makasi

  24. fam said,

    Maret 11, 2009 at 4:31 pm

    luar biasa, bisa mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat, salut buat anda. Tolong dong formulasi lengkapnya dan proses pembuatannya, bahan-bahannya mudah di temukan ngga di pasaran, please kirim ya lewat email. thx sebelumnya

  25. iwanmalik said,

    Maret 11, 2009 at 11:20 pm

    Pak famrosi, kami sudah kirim email.
    Makasih

  26. janns said,

    Maret 14, 2009 at 1:52 pm

    Informasi yang layak baca, sekaligus bikin saya penasaran :D
    Jika bapak berkenan, maukah bapak menjelaskan lebih detail ttg rumus kimia, tatacara pembuatan, komposisi bahan, dll secara lebih detail?

    Sebelumnya saya haturkan terima kasih.
    —-
    Tetap Semangat Mencari & Menebar Ilmu Pengetahuan Bagi Kemajuan Bangsa

  27. ari said,

    Maret 17, 2009 at 1:32 am

    pak iwan saya juga mau dong kalo boleh Tolong dong formulasi lengkapnya dan proses pembuatannya, bahan-bahannya mudah di temukan ngga di pasaran, please kirim ya lewat email. thx sebelumnya

  28. iwanmalik said,

    Maret 17, 2009 at 4:51 am

    Pak ari, saya sudah kirim email.
    Makasih

  29. istianah said,

    Maret 24, 2009 at 2:12 am

    pak saya pengin beli vcd pelatihan softener pelembut pewangi. bagaimana caranya?

  30. oky said,

    Maret 25, 2009 at 11:50 pm

    pak iwan tolong dong formula lengkap dan cara pembuatan softener and deterjen. tolong kirim via email.
    makasih sebelumnya

  31. Harry said,

    Maret 26, 2009 at 7:08 am

    DH,

    Pak Iwan saya ada usaha jasa laundry yg menangani konsumen umum dan linen hotel.
    mohon info formula deterjen dan softener secara detail dan lengkap karena saya sangat awam dibidang kimia tsb.

    trus klo saya beli cd apa tetap harus ikut pelatihan di malang?

    mohon jawaban via email dan tlg No. Tlp & HP Pak Iwan.

    Demikian terimakasih atas waktunya.

    salam,
    Harry

  32. Arief said,

    Maret 27, 2009 at 4:39 am

    pak iwan.. saya juga mau rincian bahan dan takaran untuk membuat pelembut pakaian dong. tolong kirim email ya. soalnya mau saya buat menjadi program KAPKI (kuliah aplikasi karya ilmiah) ke masyarakat . terima kasih.

    salam

    arief

  33. liliana said,

    Maret 27, 2009 at 4:06 pm

    pak iwan tlg kasih resep tentang pembuatan pewangi dan pelembut serta penyegarpakaian yg tahan lama. yg saya baca di web bapak caranya parfum +metanol+propilien glikol dengan pernbandingan sbb: parfum 100 ml + 100 ml metanol +1/2 ml propilien glikol. atau parfum 100 ml +200 ml metanol+1/2 ml propilien glikol. mohon di periksa apakah betul itu cara dan formulanya? kalau bisa tlg di kirim juga cara membuat sabun cuci baju bahan2nya dan brp takarannya. Saya baru mulai usaha laundry kiloan. mohon bantuannya. terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak.

  34. H Joy Iskandar said,

    April 7, 2009 at 6:12 am

    bisa minta resep softener dan cara pembuatannya? Tks

  35. yudi said,

    April 7, 2009 at 6:24 am

    informasi yg sangat bermanfaat, pak iwan kalo boleh tolong dong formulasi lengkapnya dan proses pembuatannya, please kirim ya lewat email.
    thx sebelumnya

  36. Joshua said,

    April 8, 2009 at 5:09 am

    bisa minta bahan dan cara pembuatan pencuci piring, softener, pel lantai, karbol deterjen bubuk, hand soap.
    saya bersedia bekerja sama.
    mohon dikirim ke e-mail saya. terima kasih

  37. achie said,

    April 11, 2009 at 8:09 pm

    menarik….saya jadi penasaran en pengen mencoba bwt ndiri… resep lengkapnya dunk bozz…kan kita orang awam

  38. eddy said,

    April 14, 2009 at 7:27 am

    minta tolong rumusnya dan cara membuat pelembut dan pelicin pakaian laundry dong, trims…

  39. Indra said,

    April 15, 2009 at 2:38 pm

    pak iwan saya juga mau dong kalo boleh Tolong dong formulasi lengkapnya dan proses pembuatannya, bahan-bahannya mudah di temukan ngga di pasaran, please kirim ya lewat email. thx sebelumnya

  40. mochamad anwar solikin said,

    April 15, 2009 at 4:32 pm

    Pak Iwan , pengangguran bertambah satu lagi, toko dimalang yang tersekat, saya pingin jualan softener keliling-mohon dibantu//matur sueon

  41. hery said,

    April 16, 2009 at 3:08 pm

    saya juga minta dikirimin donk artikelnya cara pembuatan softener
    sekalian kalo ada cara pembuatan parfum untuk loundry
    thanks a lot mas

  42. hery said,

    April 16, 2009 at 3:08 pm

    saya juga minta dikirimin donk artikelnya cara pembuatan softener
    sekalian kalo ada cara pembuatan parfum untuk loundry
    thanks a lot pak

  43. andy said,

    April 17, 2009 at 5:25 am

    pak saya juga minta tolong dikirimin artikel tentang cara membuat softener…
    sebelumya matur nuwun sanget….

  44. fifi said,

    April 20, 2009 at 11:28 am

    pak saya minta tolong dikirim formulanya donk…
    o ya,apa softener ini jg bs brlaku u/ “hanya sekali bilas..” spt yg d tipi2 tu loh pak..thanks pak iwan…

  45. April 21, 2009 at 4:58 am

    pak tlg saya dikirm cara membuat detergen bubuk untuk loundry. trus bahan2 yg digunakan apa aj?yg aman ya pak untuk mesin cuci n aman untuk lingkungan jg. yg g kalah penting, aman untuk pakaiannya.hehehe. mksh sebelumnya.
    neto di purwokerto

  46. ryan candika said,

    April 23, 2009 at 4:25 am

    mas iwan saya mau tanya.

    cara pembuatan softener,bahan2nya,takaran dalam pembuatan

    makasi atas bantuannya.blok mas iwan sangat membantu untuk komunitas pelajar seperti saya ini.

  47. achmad malik said,

    Mei 1, 2009 at 1:23 pm

    Om Iwan Bagus banget artikelnya,
    jadi pengen cepet2 nyoba nih..

  48. Nendi Abdullah said,

    Mei 7, 2009 at 5:53 am

    Sangat menarik dan amat bermanfaat. Saya bisa belajar banyak. Mohon untuk artikel cara membuat softener segera dimuat karena di situ hanya tertulis artikel selengkapnya tetapi tidak bisa diakses. Terima kasih semoga sukses selalu

    • iwanmalik said,

      Mei 7, 2009 at 6:57 am

      Salam kenal juga saudara Nendi,
      Kami sudah kirim email, silahkan buka.
      Salam

      • Nendi Abdullah said,

        Mei 7, 2009 at 9:14 am

        Terima kasih atas kiriman email Saudaraku Iwan Malik. Sukses selalu untuk Anda

  49. sutoto said,

    Mei 11, 2009 at 12:48 am

    Mau tanya apa bedanya bahan softener yang bubuk dengan yang pasta ( cair ), juga apa bedanya SLES yang powder dengan yang pasta. mkasih

  50. Teguh said,

    Mei 11, 2009 at 4:14 pm

    Bang…tx buat infonya…untuk proses pembuatan softener dalam 1 liter gmn ya?
    trus pembelian bahan bakunya dmn?
    sekalian tanya untuk proses pembuatan pencuci piring dan sabun colek beserta komposisinya gmn??
    tx

  51. jimi said,

    Mei 12, 2009 at 2:33 pm

    Boleh juga tuch,
    saya biusa minta cara pembuatan softener & komposisinya ya. tolong dikirim via email saya.thanks

  52. maknun said,

    Mei 13, 2009 at 5:03 pm

    terima kasih sebelonnya,,, bisa minta dikirimin cara bikin softener,pelembut dan pewangi yang bagus ya?trims

  53. jessika said,

    Mei 14, 2009 at 3:53 am

    wah sangat menarik, saya boleh minta cara pembuatan softener dan komposisinya ya. sekalian ama cara pembuatan parfum.

  54. Uchits said,

    Mei 15, 2009 at 2:09 pm

    Salam
    Saya tertarik dng artikel 2 anda. Pak Iwan bisa tolong formula dan cara membuat softener selengkapnya. Kalau bisa lewat email. Thank . GBU .

  55. Mei 16, 2009 at 2:18 pm

    salam kenal,

    mas iwan saya tertarik dengan tulisan artikel cara membuat softener, tapi saya tidak lihat yang lengkapnya. bisa dikirim ke email saya, please..
    terimakasih…

  56. Mei 16, 2009 at 2:19 pm

    oya mas iwan, sekalian minta cara buat deterjennya juga ya…
    saya lagi pingin usaha nich…walau hanya kecil2lan, tolong ya mas.

  57. andry said,

    Mei 17, 2009 at 5:46 am

    pa, tolong diinfo kan cara membuat deterjen bubuk dan pewangi dengan kualitas yang baik, sebab yang sy dapat dipasaran hasilnya kurang memuaskan. apa bhn2 yng dipperlulakan, takarannya dan proses pembuatannya. trims.

  58. Yudi said,

    Mei 19, 2009 at 2:11 am

    Salam Kenal Pak….
    Saya tertarik dan ingin mepraktekan membuat pelembut pewangi (softener) minta tolong dikirimin detailnya ya Pak mulai Bhn Baku dan cara pembuatannya.
    Email saya : just_for_andis@telkom.net
    terima kasih atas perhatiannya

  59. didik said,

    Mei 19, 2009 at 8:37 am

    Salam Pak Iwan.

    Pak bisa minta tolong email cara pembuatannya dan bahan2 yang di butuhkan untuk Softener..ke didikwr@yahoo.com

    Terima kasih banyak.
    Didik

  60. Yohanes Wahono said,

    Mei 22, 2009 at 8:56 am

    Salam, mas Iwan

    Saya tertarik dengan untuk membuat deterjen cair dan softener, untuk harga cd kedua materi pelatihan tersebut berapa? mohon info.
    Terima kasih

  61. hadi said,

    Mei 31, 2009 at 1:32 pm

    boleh tahu gak bahan-bahan (formula) dan proses pembuatan softener. thx

  62. amin haris said,

    Juni 14, 2009 at 6:45 pm

    Pak bisa minta tolong email cara pembuatannya dan bahan2 yang di butuhkan untuk Softener.

  63. rizki said,

    Juni 17, 2009 at 1:18 am

    Pak,saya tertarik untuk membuat softener sendiri tapi kok di sini gak ada artikel cara pembuatan dan bahan2nya ya??minta tolong email cara pembuatan dan bahan2 untuk softener ya pak.
    Terima kasih sebelumnya.

  64. Said said,

    Juni 17, 2009 at 7:28 am

    Pak, mohon dikirimkan tata cara membuat softener dan tempat memperoleh bahan bakunya

  65. Said said,

    Juni 17, 2009 at 7:32 am

    pak, mohon ilmunya tata cara pembuatan softener dan tempat memperoleh bahan bakunya. email saya : saidbersaudara@yahoo.com

  66. agustina said,

    Juni 19, 2009 at 4:32 pm

    pak mohon bantuannya formula untuk pafum laundry….yg sehat dan aman untuk kulit, saya seorang wanita baru mau mulai usaha laundry…serta sabun apa yg bagus untuk mesin cuci…mohan saran dan bantuannya pak…..terimakasih atas bantuannya….

    • iwanmalik said,

      Juni 19, 2009 at 10:04 pm

      Mbak agustina, kami sudah kirim email…silahkan buka.
      Salam

      • Heru said,

        Juni 20, 2009 at 6:44 pm

        Sekiranya bapak bisa membantu saya formula apa utk farfum pewangi pakaian yg cocok utk mesin cuci dan pakaian?
        mohan saran dan bantuannya pak , terimakasih atas bantuannya….

  67. Heru said,

    Juni 20, 2009 at 8:52 pm

    saya ingin beli cd softener tsb. Terimakasih

  68. tiyo said,

    Juni 25, 2009 at 9:47 am

    pak …saya bisa minta formula softener nya, yaaah buat kado mertua,..he he.
    tulung kirim ke emailku ya p Iwan… trims sebelumnya

  69. indra said,

    Juni 28, 2009 at 6:03 am

    pak tolong kirim ke E-mail saya cara membuat softerner+bahan2nya+takaranya N harus beli di mana bahan- bahanya di toko kimia mana,nama tokonya apa pak,,,,???, kebetulan saya tinggal di surabaya pak

  70. siska said,

    Juli 3, 2009 at 9:43 am

    pak iwan
    kalo aku nggak beli cd nya, tapi minta tolong beli bahan2 pembuat softener dan pelicin setika di bapak apa boleh,…? dan apa nanti bapak juga menyertakan juga cara 2 pembuatannya,…?

    thks

  71. christian said,

    Juli 4, 2009 at 8:15 am

    pak tolong saya dikirimkan lewat email formula softener, sama saya mau tanya, rencana saya mau buat 2in1(sabun campur softener) atau (sabun campur silicone) mungkin bpk bisa bantu? tolong kasih alamat email bpk mau tanya lebih lanjut.

  72. rony darpono said,

    Juli 18, 2009 at 3:20 pm

    Salam PAK IWAN……
    Bapak yang terhormat, Saya minta tolong diberi informasi tentang cara membuat dan komposisi membuat softener, dan pewangi pakaian/Setrika yang tahan lama. karena saya mau memjalankan usaha loundry kiloan dan tips dan trik untuk memhemat biaya operasional usaha laundry.

    Terima kasih atas bantuannya..
    rony
    ronydr80@yahoo.com

  73. hanny said,

    Juli 19, 2009 at 5:50 am

    pak tolong dong kasih formula dan takarannya untuk sabun cair n softenernya tlg kirim ke email saya ya pak trims

  74. Pemuda Kreative said,

    Juli 23, 2009 at 2:19 am

    Pak Iwan Yang terhormat …
    Sungguh mulia hatimu membantu kami untuk menuju gerbang bebas pengangguran… Kami ingin sekali mengetahui cara membuat :
    Softener atau pelembut
    Trika
    Deterjen matic/mesin cuci
    Sabun cuci Cair
    Emulsi
    Alkali
    Kiranya bapak bisa membantu kami resep2nya dalam upaya kami untuk membantu para pemuda karang taruna yang ingin melakukan program bebas pengangguran dengan melakukan usaha kecil rumahan.
    terima kasih pak iwan salam hormat kami dari bali
    _________________________ Pemuda Kreative Masa Depan Bangsa___________

  75. wawan said,

    Juli 25, 2009 at 4:51 pm

    pak ko formulanya ga di tampilin, tolong dong kirim ke email saya. makasih

  76. bambang said,

    Juli 29, 2009 at 6:10 am

    Semoga web pa iwan ini berkah, saya lihat banyak comment yang bernada mendoakan blog ini.
    kebetulan saya juga buka usaha laundry / washing untuk denim tapi buta kimia.

    btw mau tanya boleh :

    Apakah yang dimaksud ‘pelicin pakaian’ oleh bapak di atas sama dengan istilah ‘silicone’ yang dipakai untuk laundry ? (dipakai setelah proses softener)

    Kalau membuat softener flake bagaimana caranya pak ?

    Terima kasih
    semoga blognya makin bermanfaat

  77. Audy said,

    Agustus 23, 2009 at 2:09 am

    Ini audy.Sy trtarik dng usaha laundry.Klo png beli cd ttng pembuatan&komposisi sabun cair&softener cair,gmn carany?Tlng,dberi tips usaha laundry ttng proses pncucian yg efektif&efisien.Makasih

  78. vinda said,

    September 29, 2009 at 3:17 pm

    Ass.pak saya sangat berharap bapak berkenan kirim ke email saya cara membuat pewangi pakaian atau softener dan sabun cair cuci piring.semoga ilmu yg bapak berikan kpd kami menjadi amal zariah bapak.wass

  79. Anwar Al Hakim said,

    Oktober 9, 2009 at 4:16 am

    utk pembuatan softtener ini,perbandingan parfum dengan dehyquart ny berapa mas??

  80. karyo said,

    Oktober 24, 2009 at 2:15 pm

    halo pak,lam knal.saya mau tanya soal uji coba saya tentang pelembut atau pewangi pakaian.komposisi sbb:
    softener flake(saya pakai super soft) 50 g
    air panas 1000 cc
    air dingin 500 cc
    fixative 10 cc
    parfum snappy 5 cc
    alkohol(saya pakai methanol)5 cc.
    HASIL:
    1.kurang kental
    2.kalau habis dijemur,wanginya hilang

  81. rahman said,

    Oktober 29, 2009 at 12:21 pm

    pak, koq artikel tentang softener cuma sepotong??? sisanya mana???

  82. malati said,

    Oktober 29, 2009 at 12:23 pm

    pak, koq artikel tentang softener cuma sepotong??? sisanya mana??? kalau bisa kirimin y pak,, terima kasih

    • iwanmalik said,

      Oktober 31, 2009 at 12:16 pm

      Kepada rekan-rekan,
      Kami menyediakan CD softener
      Info selengkapnya…kami sudah kirim email.
      Salam

  83. Ismy said,

    November 6, 2009 at 9:07 am

    Pak Iwan, untuk keterangan lbh lanjut bisa di hub di no brp? mhn dikirimin cara pembuatan softenernya secara detail please! thanks anyway.

    • iwanmalik said,

      November 6, 2009 at 3:01 pm

      Mbak Ismy,
      Kami menyediakan CD softener…detail komposisi, fungsi dan cara pembuatannya. Silahkan berminat hubungi 0341 4490005
      Salam

  84. Achmad Marsam Deswanto said,

    November 16, 2009 at 6:46 am

    Dear Pak Iwan,
    saya minta tolong info cara pembuatan softernya donk,,
    untuk profit program pengentasan kemiskinan d kampus
    terima kasih,,,
    tolong dikirim via email saya y pak
    wasalam,
    terima kasih atas bantuannya

  85. Adi Nugroho said,

    November 19, 2009 at 8:01 am

    Dengan Hormat,
    Saya punya usaha laundry di jogja. Untuk pewangi/parfumnya saya coba buat sendiri dgn komposisi (utk 5 ltr) sbb :
    – bibit parfum 70 cc
    – propilyn glikol 50 cc
    – methanol 5 ltr
    – air mineral 100 cc
    Hasilnya kurang wangi dan tahan lama. Ada saran dari teman untuk menambah penguat berbentuk kristal ( namanya saya nggak tahu ), namun menurut saya harganya sangat mahal, 1 kg sktr Rp 1jt. Apakah komposisi pembuatan parfum saya sdh benar pak? Apa msh perlu ditambah penguat lagi? Apa bpk jg menyediakan bibit dan bahan2 pembuat parfum?

  86. hendrik said,

    November 23, 2009 at 6:42 am

    tolong dong pa,proses dr awal cara pembuatan softener berikut takaran bhn2 nya.trims

  87. hendrik said,

    November 23, 2009 at 6:49 am

    tolong pa kasih tau proses pembuatan softener berikut takaran bahan2 nya,trims

  88. andrean wendy said,

    November 29, 2009 at 2:19 pm

    Mas Iwan tolong dong resep softenernya, sekalian mau nanya untuk membuat silikon emulsiaon kann perlu s55 merk dagangnya apa? saya buka usaha cuci motor di solo, kalo bisa bikin silikon sendri kan bisa nekan biaya produksi, trims sebelumnya

  89. hery said,

    Januari 4, 2010 at 1:22 pm

    Tanks banget pak…

  90. Didi said,

    Januari 18, 2010 at 3:53 am

    Salam Sejahtera Pak Iwan….
    Saya mau tanya cara pembuatan pelicin dan pewangi setrika, soalnya yang dipasaran wanginya tidak tahan lama dan harganya mungkin jauh lebih mahal dibanding jika kita dibuat sendiri. Kalau boleh, kirim ke email saya cara pembuatan dan komposisinya pak yah.. Trima kasih banyak sebelumnya. Sukses selalu pak.. Amin.

  91. wantoh said,

    Januari 24, 2010 at 3:03 am

    Pak Iwan,tolong cara pembuatan SOFTENER yg detail dan komposisinya juga kalo bisa kirim ke email dan sekalian bisa minta no HP saya TANKS

    • iwanmalik said,

      Januari 25, 2010 at 10:51 pm

      Pak/Mas Wantoh,
      Kami menyediakan CD softener…detail komposisi, fungsi dan cara pembuatannya dan email sudah kami kirim.
      Salam

  92. rudy said,

    Januari 27, 2010 at 1:39 am

    pak iwan, terima kasih atas kiriman cd softener dan cuci piringnya, cara membuatnya ternyata mudah pak. terima kasih atas bantuannya selama ini

  93. aan imam said,

    Februari 4, 2010 at 7:02 am

    Mas tolong cara pembuatan SOFTENER,sabun cair cuci piring yg detail dan komposisinya juga kalo bisa kirim ke email saya TANKS

  94. hidayat nur said,

    Februari 19, 2010 at 11:02 pm

    Sangat menarik dan amat bermanfaat. Saya bisa belajar banyak. Mohon untuk artikel cara membuat softener segera dimuat karena di situ hanya tertulis artikel selengkapnya tetapi tidak bisa diakses. Terima kasih semoga sukses selalu

  95. FIFI said,

    Maret 11, 2010 at 8:01 am

    Pak, saya mau minta komposisi pembuatan pelicin & pewangi pakaian untuk laundry krn saya berencana membuka usaha laundry kecil2an dengan modal seadanya..tolong kirimkan ke email saya.terima kasih

  96. lina said,

    April 21, 2010 at 5:56 pm

    trima kasih…blog ini sangat membantu saya …utk tugas sekolah anakku.

  97. agung said,

    April 23, 2010 at 7:16 am

    mohon di emailkan cara membuat detergen cair matic berikut bahan2 dan komposisinya.thanx

  98. dodi wahyu setyawan ambardi said,

    April 27, 2010 at 4:12 pm

    salam…

    saya sangat tertarik dengan cara pembuatan sabun cuci piring cair… boleh kasih saya saran… bila boleh tolong kirimkan email kesaya…

    terima kasih…

    • iwanmalik said,

      April 28, 2010 at 9:53 pm

      Mas Dodi,
      Info detailnya…sudah kami emailkan.
      Salam

  99. erman said,

    Mei 12, 2010 at 3:19 am

    saya mau bikin produksi pelembut,,bisa minta prosedur detailnya beserta takarannya g? klo harga bahan2nya dalam skala paling kecil berapa y? kirim ke email y mas,,makasih,,klo beli cd pelatihannya berapa?

  100. taha said,

    Mei 17, 2010 at 1:19 am

    blog/situs yg menarik.YTH iwan malik’s,minta bantuannya,bahan tambahan apa yg bisa membuat awet bau wangi untuk softener.slelama ini saya tdk menambahkan zat penguat bau utnuk softener,takut tdk senyawa.terima kasih sbelum dan sesudahnya pak

  101. warta wijaya said,

    Mei 22, 2010 at 2:27 am

    saya mau bikin produksi pelembut,,bisa minta prosedur detailnya beserta takarannya g? klo harga bahan2nya dalam skala paling kecil berapa y? kirim ke email y mas,,makasih,,klo beli cd pelatihannya berapa?

  102. ine said,

    Juni 2, 2010 at 8:39 am

    mas iwan bagaimana caranya membuat softener dan sabun laundry ya….
    balas ke email saya ya mas….
    thanks ya mas…..
    \

  103. putu suarjana said,

    Juni 3, 2010 at 4:06 am

    pak/ibuk saya mau minta cara pembuatan pelembut pakaian dan sabun cair dan emulsi penghilang noda minyak sama perbandingannya

  104. Didi said,

    Juni 6, 2010 at 1:52 am

    Salam…
    Maaf Pak Iwan, sy baru sempat tulis komentar nih.. Soalnya Laptop sy kmarin lagi bermasalah dan masih banyak kesibukan lain yang mesti sy selesaikan secepatnya. Anyway, bibit parfumnya telah sy terima dan sudah sy racik sesuai formula yang diberikan. Hasilnya Alhamdulillah mayoritas pelanggan saya suka dengan aromanya. Dan sekarang bibitnya sudah hampir habis lagi nih pak. Secepatnya sy akan pesan lagi ke Pak Iwan, soalnya di kota saya tidak ada dijual aroma seperti itu. Namun yang jadi masalah pengirimannya pak, mnurut saya agak sedikit mahal soalnya lewat udara. Kalo saran saya, mungkin pak Iwan bisa kerjasama dengan ekspedisi laut biar bisa sedikit lebih murah biayanya, soalnya kedepan nanti saya akan pesan skaligus dalam jumlah besar/banyak pak. Dan kalau pak iwan punya nama2 bibit parfum yang banyak disukai orang mohon dikirimkan ke email saya pak sekalian daftar harganya. Oh yah, kekurangan biaya pengiriman kemarin akan sy transfer sekalian dengan pesanan sy berikutnya pak. Thanks alot atas bantuan pak iwan.

  105. fahmi said,

    Juni 14, 2010 at 7:21 am

    sipp pak. aneka kimianya bisa jadi solusi rumah tangga n datengan keuntungan buat pembuatnya.

  106. nurul said,

    Juni 25, 2010 at 9:53 am

    mas iwan mohon infonya agar saya bisa produksi sendiri untuk pembuatan softener dan sabun cair untuk cuci piring ,beserta bahannya saya bisa dapetin dimana……tolong di balas ya mas di email sya
    terimakasih

  107. nyxgirl said,

    Juli 2, 2010 at 3:02 am

    pak iwan, tolong saya dikirim in info detail tentang softenernya dong..
    terimakasih banyak…
    Tuhan berkati.

  108. dodong said,

    Juli 4, 2010 at 5:36 am

    pak iwan, tolong saya dikirim in info detail tentang komposisi softenernya dong..
    apa bedanya supesoft, softener flake sama magnasoft beserta kegunaanny masing2 bhn tersebut. trimakasih banyak GBU

    • iwanmalik said,

      Juli 4, 2010 at 7:26 am

      Mas Dodong,
      Kami menyediakan VCD softener……detail komposisi, fungsi dan cara pembuatannya.
      Detailnya… kami sudah kirim email.
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005
      Salam

  109. Berdi said,

    Juli 19, 2010 at 7:00 am

    aduh….duh… mas iwan hari gini dah siapin softener pelebut bukan main…. tolong mas kirim detailnya treima kasih…….

  110. Berdi said,

    Juli 19, 2010 at 7:02 am

    mas iwan…. tolong detailnya dikirm … trimakasih…… smoga tambah berkarya…

  111. Ted said,

    Agustus 3, 2010 at 3:34 am

    Mas Iwan, aku mau dong dikirim infonya by e-mail.
    thx ya

  112. Ade said,

    Agustus 22, 2010 at 6:36 am

    Mas iwan salam kenal ..sy ade,sy tertarik sama postingan nya dan ingin mencoba…tolong bagi resep nya mas Pembuatan sabun cair cuci piring dan pewanginya,.. Sblm nya sy ucpkn bnyak2 trm ksh.mdh2an ALLAH yg maha esa memberkati hari2 anda.amin

  113. POLTAK said,

    Oktober 22, 2010 at 11:38 am

    ass,mas…. artikelnya bagus banget… bs dikirim detail pembuatannya tdk ya… please dunk mas…. ty sebelumnya.
    salam sukses selalu menyertai kita semua….

    wss

  114. mitro haddy said,

    Oktober 30, 2010 at 7:56 pm

    salam kenal pak… saya mau pesan cd untuk pembuatan softener dan sabun cuci piring berapa biayanya?trims

  115. Oktober 30, 2010 at 8:10 pm

    salam kenal mas iwan… saya mau beli cd pelatihan membuat softener,cuci piring dan minta alamat anda sbb saya ingin sekali berwirausaha dibidang loundry mas.tolong mas secepatnya dibalas.makasih

    • iwanmalik said,

      November 1, 2010 at 1:22 am

      Rekan Mitra jay agung,

      Kantor jl. Barito 5 Malang jam 08.00 – 14.00 atau
      Rumah jl. Mawar I / 74d jam 18.00 – 21.00

      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005

      Daftar biaya pelatihan atau VCD-nya :
      di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan

      Salam

  116. Yahya said,

    November 2, 2010 at 5:36 am

    Pak, tolong kirimin saya resef untuk membuat softener ama farfum laundry pak, please, pngen coba bikin, agar mkin ngrit

    • iwanmalik said,

      November 2, 2010 at 10:22 pm

      Rekan Yahya,
      Kami menyediakan VCD pelatihan pembuatan softener atau praktek langsung di tempat kami.
      Cara pemesanan :
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005 ( Flexy )
      Info lengkap ada di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan/
      Salam

  117. Kukuh said,

    Januari 2, 2011 at 1:22 am

    Pak Iwan saya ini mau beli cd untuk pembuatan softener dan sampoo mobil, gimana ini saya bisa mnedapatkan nya dan harus bayarnya gimana.
    Saya tanya lagi nih pak, foam booster belinya dimana dan nama dagang di pasaran apa ya pak

  118. adie said,

    Januari 14, 2011 at 9:46 am

    salam kenal
    pak iwan boleh ga saya minta resep pembuatan softener untuk 30lt.,dan detail takarannya berbasis mililiter,klw bahan jenis serbuk pake takaran gram .trims
    adiesurosso@gmail.com

    • iwanmalik said,

      Januari 15, 2011 at 1:48 am

      Rekan Adie,
      Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Kantor jl. barito 5 Malang
      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang

      Cara pemesanan VCD silahkan:

      Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005

      Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui :
      1. http://www.posindonesia.co.id
      2. http://www.tiki-online.com
      3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161

      Salam

  119. Bukit Indah Laundry said,

    April 7, 2011 at 4:13 am

    Salam…
    Pak, suami saya baru 2 bulan merintis usaha laundry kiloan, saat ini sedang mencari pewangi/softener yang murah namun tahan lama wanginya, karena yang dipakai paling hanya bertahan 1 minggu, mohon jika berkenan kami ingin meminta resep yang Bapak buat.
    Terima kasih.

  120. Satria said,

    Mei 25, 2011 at 3:39 pm

    pa iwan saya tertarik dengan cara pembuatan softener untuk membantu ayah yg pengusaha laundry dengan memberikan resep pak iwan kepada ayah saya terima kasih pa iwan atas bantuan nya semoga pa iwan semakin sukses. kirimin ke email saya= satrialaksana48@yahoo.com

  121. Eko said,

    Mei 26, 2011 at 6:07 am

    Hallo,
    Saya mau bertanya apakah bisa saya mendapatkan bahan2 untuk membuat sabun cuci diAmerica? saya mau membeli Online apakah bisa?mohon bantuan bapak terima kasih.

    • iwanmalik said,

      Mei 26, 2011 at 8:22 am

      Rekan Eko,
      Secara detail sudah kami sampaikan ke email anda.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005
      Salam

  122. putora said,

    Juli 30, 2011 at 8:33 am

    wowwww..artikel yang bagus mas..mas bisa d beritahu pengental dari bahan softener ini apa ya masss..thanks

  123. Sherly said,

    September 13, 2011 at 4:47 am

    Pak Iwan tolong info mengenai pemutih baju. terima kasih

  124. Utari said,

    Juli 7, 2012 at 4:21 am

    Pak Iwan, saya sudah transfer untuk pembelian vcd yang saya pesan. Trims

  125. tono said,

    Januari 22, 2014 at 10:29 am

    pak saya mau belajar gimana caranya

    • iwanmalik said,

      Januari 22, 2014 at 11:18 am

      Rekan Tono,
      Kami bersedia memberikan Pelatihan Langsung atau menyediakan CD-nya…detail komposisi, fungsi dan cara pembuatannya.
      Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan
      Silahkan dapat langsung hubungi 0341 4490005
      Salam


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.

