Sabun Transparan…wik

Sabun transparan tak sekedar sabun mandi biasa. Jika dilihat dari penampilannya, sabun transparan ini terkesan sabun eksklusif dan menarik. Apalagii bila dicetak menjadi bentuk yang unik dan lucu, dapat dijadikan untuk souvenir pernikahan atau sabun hotel.

Khusus untuk souvenir pernikahan, sabun transparan ini dengan kreatifitas, didalamnya sabun transparan dapat di beri sesuatu benda, khususnya benda yang berbentuk huruf. Maksudnya huruf pertama dari masing-masing nama pengantin, misalnya yang menikah Sugeng……dan Marisca….., maka huruf pertama dari masing-masing pengantin “S & M”. Huruf “S & M” ini dimasukkan didalam sabun transparan tersebut.

Cara memasukkan kedua huruf tadi, tuangkan cairan sabun yang baru dibuat didalam cetakan, cukup setengah dari cetakan sabun, tunggu sampai sabun agak mengeras, selanjutnya letakkan kedua huruf tadi diatas sabun agak ditekan sedikit agar kedua huruf sedikit terbenam, tunggu sampai semalam, sabun akan mengeras dengan sendirinya. Kemudian kita membuat lagi sabun transparan bisa dengan warna yang berbeda, tuangkan lagi cairan sabun tersebut kedalam cetakan yang ada hurufnya tadi hingga memenuhi cetakan. Dengan demikian kedua huruf tadi ttidak akan tergeser oleh tuangan sabun yang kedua. Tunggu semalam lagi ( total 2-3 hari ) sehingga sabun akan mengeras. Kemudian angkat sabun transparan ini dari cetakan.

Atau kita membuat sabun transparan dengan penampilan warna-warni. Caranya sama seperti cara diatas tunggu sabun mengeras kemudian tuangkan sabun yang baru dibuat dan ini bisa lebih dari dua warna. Kemudian di kemas plastik atau kemasan yang transparan sesuai dengan kreatifitas anda.

Komposisi pembuatan sabun transparan:

1. Minyak kelapa 100 ml

2. NaOH Farmasetis

3. Asam stearat

4. Alkohol 70% 70 ml

5. Gliserin secukupnya

6. TEA

7. Parfum secukupnya

8. Pewarna secukupnya

9. Gula pasir

10. Air

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk kayu, kompor dan termometer ( Rp. 20.000an aja )

Cara Membuat Sabun mandi Transparan:

1. 100 ml tuangkan ke wadah dan dipanaskan

2. NaOH secukupnya + 50 ml air

3. (1) + (20) aduk rata suhu tetap stabil ( sekitar 15 menit )

4. Asam stearat dilelehkan dengan wadah ditutup

5. (3) + (4) aduk rata hingga homogen

6. (5) + alkohol aduk rata

7. (6) + TEA aduk rata

8. (7) + Gliserin + larutan gula aduk rata dengan tetap dipanaskan selama sekitar 5menit, setelah jernih diangkat dan

diamkan agak dingin.

9. (8) + Pewarna secukupnya

10. (9) + Parfum secukupnya

11. Tuangkan ke dalam cetakan, diamkan semalam, sabun akan mengeras dengan sendirinya

12. Angkat dari cetakan atau dengan membalikkan cetakan, sabun akan terlepas dan siap dikemas

Catatan:

Hasil sabun PH sekitar 9 ( Standar PH 8-10) atau untuk menurunkan PH dengan menambahkan asam stearat, tektur sabun halus, busanya banyak, tingkat kekerasannya standar seperti sabun pada umumnya.

Untuk cetakan sabun kita bisa menggunakan cetakannya agar-agar atau kita membuat cetakan sendiri ataupun pesan cetakan sabun pada yang ahlinya dengan cetakan yang unik.

About these ads

29 Komentar

  1. yudi said,

    Oktober 16, 2008 at 10:51 am

    1. mas itu komposisi pastinya gimana ya. saya lihat beberapa bahan tidak disebutkan takrannya. pastinya bahan2 yang diperlukan memerlukan takaran supaya hasil yg diperoleh memuaskan.
    2. Lalu dimana saya dapat memperoleh bahan2 tersebut (kira2 estimasi biayanya berapaya?)
    3. itu minyak kelapa yg dipakai yg seperti apa ya mas?

  2. iwanmalik said,

    Oktober 16, 2008 at 9:25 pm

    1. Benar, untuk komposisi atau takaran ada pada kami.
    2. Bahan-bahan pembuat sabun transparan mudah didapat di toko-toko kimia dan untuk informasi biaya dapat di buka halaman atas click aja PELATIHAN.
    3. Minyak kelapa untuk minyak goreng , banyak dijual ditoko atau supermaket dengan berbagai merk.

  3. yudi said,

    Oktober 17, 2008 at 9:18 am

    gimana cara saya dapat memperoleh komposisi (resep) dari sabun ini. Begitu juga resep2 yg lainnya. ada biayanya atau dapat diperoleh gratis?

  4. iwanmalik said,

    Oktober 18, 2008 at 5:24 am

    Pak yudi, sebenarnya informasi lengkap di halaman PELATIHAN atas itu looo. Kalau bgitu bapak bisa hubungi saya di (0341) 5439766.

    • Hana said,

      September 4, 2009 at 11:47 am

      Pa,,saya tertarik untuk ikut pelatihan cara membuat sabun transparan.tapi saya ada di bandung…kira2 bisa tidak bp mengirimkan saya CD mengenai cara pembuatan sabun transparan?

  5. ciwir said,

    November 7, 2008 at 1:47 am

    yang transparan-transparan memang selalu menarik… :D

  6. Roni Agus said,

    Januari 29, 2009 at 2:00 pm

    Mas Iwan, sabunnya masih ga bisa sebening yang diharapkan. masih keruh. PH nya juga masih 10 . Aku baca di artikelnya Henny (blognya sementara lagi off) kayaknya agak susah deh bikinnya, mesti pake etanol dll. Aku diskus ama om ku yg guru kimia, karbon aktif kayaknya mbantu tp ga begitu besar. Ada ide ?? Wadahnya masih belum tak balikin, kapan2 yoo..

  7. iwanmalik said,

    Januari 29, 2009 at 5:21 pm

    Hai mas agus, gimana mas… kabarnya baik kan

    Sabun transparan sering disebut sebagai sabun gliserin. Untuk itu supaya lebih transparan dalam proses pembuatan sabun transparan ditambahkan sekitar 10-15 persen gliserin, nanti ketemunya agak mahal dikit loo yaa. Untuk detailnya akan saya kirim via email ya mas

    Untuk PH 10 masih aman mas dan untuk menurukan PH tambahkan asam stearat. Sebenarnya untuk sabun mandi padat maksimal SNI nya PH 11, jadi masih aman untuk tubuh.

    Sekian dulu, terima kasih

  8. Maret 24, 2009 at 8:49 am

    biar busanya lembut n belimpah foam boasternya pake apaan,,,,,,gus ,,,,,
    ?????
    suwun

  9. gotcha said,

    Mei 19, 2009 at 12:32 am

    klu mwu bwuad pH 11 gimanna iiahh ?
    truz larutan larutan yang terkandng dlamm pH 11 pa zza iia

    • iwanmalik said,

      Mei 19, 2009 at 3:09 am

      Saudara Gotcha,
      Untuk pembuatan sabun padat kami punya CD-nya, untuk mengatur PH bisa menggunakan asam stearat atau bisa asam oleat.
      Salam

  10. asri said,

    Juli 7, 2009 at 7:06 am

    Saya punya banyak cetakan agar2 kecil2 bentuk lucu2. Tapi kebayang gak si kalau cetakan besar agar2 jadinya sabun sebesar kue taart :D

  11. drez said,

    Juli 29, 2009 at 2:57 pm

    Salam Mas Iwan

    Bisa kasih attachment seberapa transparant kah sabun buatan mas ini? Saya tertarik sekali lho tp mau nya yg bener2 bening spt kaca gitu

  12. Kim Cu said,

    Oktober 17, 2009 at 5:12 am

    Mas, mau tanya?

    saya kalo mau ikut pelatihan buat sabun transparan ini gimana caranya krn saya di bdg. bisa tidak pelatihannya lewat cd? kalo bisa mau tanya berapa biayanya dan caranya. terima kasih

    • iwanmalik said,

      Oktober 17, 2009 at 5:36 am

      Saudara Kim Cu,
      Kami menyediakan CD sabun transparan,…CD ini berupa film (demo) tentang detail komposisi, fungsi & cara pembuatannya + konsultasi gratis via HP, email atau bertemu langsung.
      Info lengkap simak penjelasannya sebelum masuk komentar di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Kami sudah kirim email.
      Salam

  13. Devi said,

    Desember 26, 2009 at 4:15 am

    Mas’iwan Sy mau na’y Sy pernah ngetes. Membuat sabun transaparan saya masak di panci stenles, menggunakan kompor.
    Sy sudah masukan semua bahan-bahannya Seperti:
    -Munyak Kelapa, minyak kastrol, steric acid, air aqua, blicerim, dana gula.
    dalam keadaan diatas tungku api.
    tapi setelh Sy masak larutan.
    Kaustik sodayg di campur air berubah seperti lilin, kental, sudah di aduk
    -aduk dan langsung kering. tidak bisa di tuang ke dalam cetakan.

    • iwanmalik said,

      Desember 26, 2009 at 7:18 am

      Saudara Devi,
      Pada dasarnya untuk membuat sabun transparan maupun lainnya…rahasianya pada “komposisi bahan”…bila komposisinya tidak benar maka hasil sabun transparan tidak memuaskan.
      Kami menyediakan VCD sabun transparan…yang pasti mudah/gampang di cetak, busa banyak, lembut di tangan & PH-nya sesuai SNI.
      Salam

  14. yan siung said,

    April 29, 2010 at 4:40 am

    pak slamat pagi,pak apa ada sedia cd pelatihan pembuatan sabun tranparan ?n bagaimana saya bs mendapatkanya trims.nb mohan balas ke imail saya

  15. yansiung said,

    Mei 23, 2010 at 11:27 am

    pak iwan vcd sabun tranparan nya sdh saya trima .trims

  16. Adang Sudrajat said,

    September 3, 2010 at 7:11 pm

    Pada formula diatas, kenapa saat alkohol dimasukkan proses selanjutnya dipanaskan ? apakah alkoholnya tidak menguap kembali ? pelarutan NaOH apakah dg air panas ? dituangkan ke minyak kelapa apakah hrs dalam suasana panas ? maaf pak banyak tanya kayak pembantu baru hehehe..

    • iwanmalik said,

      September 3, 2010 at 10:43 pm

      Pak Adang s,
      Pada langkah ke 6… alkohol tercampur pada suhu tertentu & bereaksi…sehingga alkohol tidak mudah menguap kembali. Alkohol mempunyai titik didih sekitar 78 derajat C.
      Detailx Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005
      Salam

  17. Ainun Nadiroh said,

    September 27, 2010 at 5:58 am

    untuk resep sabun transparan koq ga ada komposisinya? kalo memang harus beli VCD harga berapa dan gimana caranya?
    tolong dibalas melalui email saya – terima kasih.

  18. Herman Jansen said,

    Oktober 25, 2010 at 2:30 pm

    Pak Iwan tolong tanya nih,kalau mau buat gelembung busa yang banyak dan kuat pakai formula apa?dan pewarna busa itu namanya apa?tolong jawaban ke e-mail aja.terima kasih atas bantuannya.

  19. IkaKarlina said,

    Januari 31, 2011 at 2:18 am

    Pak iwan. untuk pembelian CDnya tolong di infokan ke email saya ya. Thx.

    • iwanmalik said,

      Januari 31, 2011 at 3:18 am

      Rekan Ika,
      Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Kantor jl. barito 5 Malang
      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang

      Cara pemesanan VCD silahkan:

      Info lengkap di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Kami sudah kirim email.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005

      Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui :
      1. http://www.posindonesia.co.id
      2. http://www.tiki-online.com
      3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161

      Salam

  20. Mei 14, 2011 at 6:26 pm

    Incredible! Your site has a bunch readers. How did you get all of these readers to view your post I’m very jealous! I’m still studying all about posting articles on the web. I’m going to view pages on your site to get a better understanding how to get more visable. Thanks for the help!

  21. rosmala said,

    Mei 17, 2011 at 1:58 pm

    salaam, pak saya ingin tau kalau beli vcd pembuatan sabun buat kulit berapa ya.

  22. anis kidal said,

    Juni 16, 2011 at 3:36 am

    Mas IWA ! ane tertarik dengan pembuatan sabun transparan, gmana cara mendapatkan VCD nya ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: