SHAMPOO HOTEL…Brrr

Bila kita menginap di Hotel yang berkelas, setidaknya pihak hotel akan memberikan seperangkat produk pembersih yang terdiri dari sabun mandi padat, pasta gigi dan sampo rambut. Ini merupakan salah satu bentuk fasilitas pihak hotel yang diberikan kepada yang menginap di hotel tersebut. Kadangkala produk-produk pembersih yang diberikan itu tidak dipakai oleh sang penginap, tapi dibawa pulang untuk koleksi dirumah.

Untuk pembuatan produk sabun mandi padat dan pasta gigi sudah dibahas sebelumnya. Membuat sampo hotel tak ada bedanya dengan sampo salon. Selain mutu dari sampo itu sendiri, yang terpenting juga kemasan dengan label nama hotel itu sendiri. Biasanya isi sampo rambut dalam kemasan botol 10 – 15 ml.

Kalau boleh penulis mengusulkan bahwa seperangkat produk pembersih ini, bisa juga untuk souvenir acara seminar, promosi, kunjungan tamu, pernikahan dan lainnya yang dikemas dan dilabeli sesuai momen yang diinginkan.

Analisa Bahan

1. ULTRA SLES ( Sodium Lauryl Ether Sulfat ) sebagai pembusa terbanyak

2. Sodium Chloride untuk membantu Ultra SLES mudah larut ke air dan pengental

3. Lexgard sebagai pengawet

4. Polyquat untuk melembutkan rambut

5. Lexaine C ( Cocamido propyl betaine ) untuk mengurangi iritasi pada kulit

6. Bahan-bahan yang lain sudah di bahas

Komposisi pembuatan sampo hotel:

1. Sodium Chloride 50 gr

2. Ultra SLES 120 gr

3. Foam Booter C-KD secukupnya

4. Lexaine-C

5. Polyquat 30 – 60 cc

6. Trilon

7. Carboxylic Acid

8. Lexgard 2,2 cc

9. Pewarna secukupnya

10. Parfum secukupnya

11. Aquadest

Peralatan yang dibutuhkan : wadah, pengaduk dan takaran.

Prosedur pembuatannya:

1. Sodium chloride 25 gr + Ultra SLESS aduk rata sampai putih

2. ( 1 ) + 3/4 dari aquadest sedikit demi sedikit aduk rata

3. ( 2 ) + Foam booster C-KD aduk rata

4. ( 3 ) + Lexaine C aduk rata

5. ( 4 ) + Polyquat aduk rata

6. ( 5 ) + Lexgard P aduk rata

7. Carboxylic acid + Aquadest aduk rata

8. ( 6 ) + ( 7 ) aduk rata

9. Trilon + sisa aquadest aduk rata + sisa sodium chloride aduk rata

10. ( 8 ) + ( 9 ) sedikit demi sedikit aduk rata

11. ( 10 ) + Pewarna aduk rata

12. ( 11 ) + Parfum siap di kemas

About these ads

19 Komentar

  1. namada said,

    November 14, 2008 at 5:22 am

    komplit bener…
    salut,,

  2. Farrel said,

    November 18, 2008 at 11:31 am

    Sip lah…

  3. yaliyajilbaber said,

    November 19, 2008 at 6:20 am

    Salam kenal mas,
    numpang lewat ya….
    iya nih, kalo papaku nginep di hotel pasti bawa pulang sampo, sabun dll. Katanya sih ga papa….

  4. imelda said,

    Desember 2, 2008 at 7:50 am

    hallo, saya imelda. mohon saya dibantu untuk mendaptkan harga2 produk bahan kimia untuk sampo yang dapat dibeli dengan harga yang murah. terutama farfumnya.tolong email ke saya.trimakasih sebelumnya.

  5. sunartombs said,

    Desember 6, 2008 at 1:21 pm

    salut tulisan anda sangat lengkap tentang berbagai aneka product.
    thank udah mau berbagai

  6. danummurik said,

    Desember 12, 2008 at 3:04 pm

    Usul yang menarik sayangnya tidak terfikirkan. Hebat.

  7. Desember 12, 2008 at 3:58 pm

    Waaahhhh….
    Resep Bikin Shamponya bLh juga th… :)

  8. iwanmalik said,

    Desember 12, 2008 at 9:37 pm

    Terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah mampir.
    Semoga artikel-artikel yang kami buat ada manfaatnya.
    Apalagi di jaman yg lagi kena Krisis Global akibatnya PHK, cari
    pekerjaan sulit, pengangguran kian banyak & kita harus hidup hemat dll.
    Kehadiran kami sebagai salah satu solusinya untuk bisa Berwirausaha dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan kami disini juga ada misi Pendidikannya.

  9. Suhar said,

    Desember 26, 2008 at 12:45 am

    Salut banget.. Artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan wirausaha Mas.

    Salam dari Kebumen..

  10. Harun said,

    Januari 25, 2009 at 6:32 pm

    Mas Iwan boleh ngak formulanya yang mendetil ?? terima kasih

  11. iwanmalik said,

    Januari 25, 2009 at 6:40 pm

    Mas harun silahkan buka di http://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan/
    Terima kasih

  12. Susan said,

    Juni 16, 2009 at 9:08 am

    Pak iwan,resep shampo ini apakah sama dengan shampo untuk salon?shampo utk salon tidak ada ulasannya ya pak?Saya ingin membuat shampo untuk di salon kecil-kecilan saya utk menghemat pengeluaran.boleh minta formulanya pak? Terima kasih banyak pak

  13. fajar said,

    Juli 1, 2009 at 8:32 am

    pak aq pinjm buku tentang shmpoox po’o……….
    thank

  14. Elizabeth said,

    November 25, 2009 at 9:14 am

    Pak Iwan, Elizabeth minta dikirimkan resep untuk shampoo gel yang biasanya dipakai di hotel 2 mewah, wanginya harum sekali.
    Thank you ya

  15. yanti said,

    Maret 3, 2010 at 5:10 am

    untuk harga perliternya berapa?

  16. melisa said,

    Agustus 7, 2010 at 9:32 am

    pak ini prosedur dan bahan2nya untuk ukuran berapa ml??

  17. Fatma said,

    Februari 3, 2011 at 2:17 pm

    Pak Iwan ,

    Untuk membuat shampoo hotel nya , Lexaine-C, trilon , dan carboxylic nya ukuran berapa?

    Dan bagaimana cara membuat shampo dengan bahan2 alami?
    Terima kasih

  18. luqman said,

    Maret 5, 2011 at 8:05 am

    pak iwan…..
    pa bisa buat busa untuk bata ringan???

    • iwanmalik said,

      Maret 6, 2011 at 9:01 am

      Rekan Luqman,
      Kebetulan saat ini kami lag riset batako ringan/apung…karena lagi bnyk permintaan formula ini.
      Info selanjutnya :
      Contact person Iwanmalik’s Production 03414490005.
      Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: