LILIN HIAS

Perpaduan antara kreativitas dan seni, menjadikan harga produk kreasi seni lilin bernilai tinggi sehingga dapat diminati pembeli atau pemesan. Produk kreasi lilin yang dibuat desainnya bukan desain pasaran, melainkan desain seni. Dengan sentuhan seni akan menghasilkan bentuk lilin dengan berbagai macam bentuk lilin dengan keunikannya. Mencari inspirasi bentuk lilin yang akan kita buat, bisa digaleri-galeri lilin atau dapat lihat di internet. Mulai bentuk yang paling sederhana sampai bentuk boneka lilin. Setiap bentuk lilin yang kita buat, sasarannya harus tepat artinya pangsa pasar mana yang akan jadi target pemasaran. Apakah untuk souvenir pernikahan, pesta ulang tahun, perayaan hari besarĀ  dan sebagainya.

Untuk memperkenalkan produk lilin kita, selain dari mulut ke mulut, brosur dan yang kalah pentingnya yaitu ikut pameran. Dengan ikut pameran produk kita akan di lihat secara langsung dengan kelebih-kelebihannya dan harapannya akan terjadi transaksi yang menguntungkan.

Produk kreasi lilin dari China telah beredar di pasaran dengan harga lebih miring dibanding harga produk Indonesia. Namun kelemahan produk dari China diproduksi secara massal, sehingga unsur seninya tidak ada.

Komposisi pembuataannya

1. Parafin Elastis

2. White Oil

3. Pewarna Lilin

4. Parfum secukupnya

5. Hiasan selera

Peralatan untuk mengolah pun sederhana, hanya dibutuhkan wadah, cetakan, kuas dan kompor.

Prosedur :

1. Parafin elastis + White oil di wadah dipanaskan sampai leleh, aduk rata

2. ( 1 ) bening + pewarna

3. ( 2 ) tuang ke cetakan yang ada sumbunya dan beri hiasan

Catatan :

- Dapat dituangkan diwadah permanen dengan lilinnya dan hiasi ( keong kecil, bebatuan dll ), sehingga tampak tembus pandang.

- Sebaiknya gunakan cetakan yang terbuat dari steenless atau cetakan silikon.
- Saat mencetak lilin dalam cetakan plastik, terkadang susah untuk dikeluarkan dari cetakan. Triknya, masukkan lilin yang telah dicetak kedalam kulkas, maka akan mudah dikeluarkan dari cetakannya.
- Untuk menghasilkan sumbu yang baik dan tidak banyak asap, maka sebelumnya harus direndam terlebih dahulu dalam air garam selama 3 jam. Setelah dikeringkan baru bisa digunakan sebagai sumbu lilin dengan hasil yang baik.

About these ads

41 Komentar

  1. namada said,

    November 19, 2008 at 4:58 am

    kalo lilin yang bisa mbersihin kuping itu, tau gk bang??
    saia pengin sekali :) trims

  2. iwanmalik said,

    November 19, 2008 at 10:53 pm

    Lilin pembersih telinga diluar sana banyak percaya dan yang tidak percaya.
    Ingin bukti…? Dua buah lilin pembersih telinga dinyalakan secara bersamaan, yang satu digunakan sesuai petunjuk penggunaannya yaitu kita tidur dengan posisi tidur miring kiri/kanan, lilin tersebut dipasang pada liang telinga (posisi lilin tegak) dan nyalakan. Dan yang satu di pasang pada tempat lilin pada umumnya ( posisi lilin tegak ) dan nyalakan juga. Kemudiansetelah selesai penggunaannya, matikan kedua lilin tersebut. Apa yang terjadi?……

    Pembersih telinga terbuat dr lilin lebah ekstrak tumbuh-tumbuhan dengan aroma terapi, yang bentuknya bulat panjang di bungkus kertas khusus.

  3. estonhasiant said,

    Desember 11, 2008 at 2:54 pm

    Produk2 yg ada disini mungkin sdh diproduksi atau sdh dicoba oleh Mas Iwan, gimana klo dlm postingan dibuat gbr atau fotonya sehingga menambah minat pengunjung u’ mencobanya dan membeli CD-nya. Makasih n sukses.

  4. iwanmalik said,

    Desember 12, 2008 at 9:16 pm

    Terima kasih kepada estonhasiant atas sarannya.
    Untuk itu akan segera kami tampilkan gambar produk-produk kami.

  5. casual cutie said,

    Desember 13, 2008 at 4:06 am

    mas di daerah sy belum ada lilin hias. paling banter lilinnya cm lilin warna warni ato lilin yang bentuknya spt telur. kalo lilin aromaterapi bener ada ya mas? lebih bagus kalo dikasi foto & harganya jg mas. thank’s

  6. Farrel said,

    Desember 13, 2008 at 4:56 am

    Asyik juga kalo telinga dibersihin pake lilin…

  7. elexyoben said,

    Maret 8, 2009 at 11:37 pm

    Wah… makasih sambutannya om. Trima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Ya iyalah, kami ini bejad dalam bermusik saja tapi hatinya tetap indah dan nyaman. Seperti juga baju batik yang selalu kami kenakan…salam brutal tapi sopan. http://elexyoben.wordpress.com/

  8. bangat said,

    April 1, 2009 at 1:56 pm

    mas saya punya produk lilin yang bagus kalau mas berminat bisa hubungi saya

  9. rika said,

    April 2, 2009 at 9:34 am

    mbak/mas ada gak cara buat cetakan lilin panjang.dan terimakasih ya dah kasih informasi bermanfaat buat saya pemula ingin bisnis lilin

  10. siti Nurjanah said,

    April 22, 2009 at 4:25 am

    selamat pagi mas,

    saya mau tanya kalau sumbu lilin yang bagus apa ya? dan saya bisa memperolehnya dari mana suppliernya?
    mungkin mas tau >>>

    terimakasih

  11. medina said,

    Mei 2, 2009 at 2:18 am

    mas iwan yang baik…
    aku tertarik mo bikin lilin sendiri, soalnya lilin yang aku beli sekarang2 ini kualtas nya ngga baik, ngga kayak lilin jaman dulu waktu aku kecil…dulu lilin itu bisa lebih awet, lebih bening, lebih keras…pokoknya bagus lah… nah sekarang..lilin kelihatan lebih opaq dan gampang sekali meleleh jadi ngga awet, mana harganya juga ngga dibilang murah kalo dibanding dengan kualitasnya. Terus trang aku suka sekali dengan blog mas iwan, sangat kreatif dan inspiratif… So, melihat bahan2 pembuatan lilin diatas, berapa persen perbandingan masing2 bahan ya mas? Trus beli bahan dan cetakan nya dimana ya? Parfum lilin itu khusus ato gimana? Syarat2 perfum lilin yang benar dan baik itu apa ya mas?
    Trims untuk keterangan nya….

  12. tonifero said,

    Mei 11, 2009 at 3:44 am

    mas iwan cari parafin yg murah dimana.ane di bekasi jabar

  13. lisda said,

    Mei 14, 2009 at 8:08 am

    Mas aku tertarik juga neeh bikin lilin, tapi aku ga tau beli bahan-bahan untuk membuat lilinnya, kira2 di toko apa yang menyediakan bahan2 untuk membuat lilin.

  14. Hery said,

    Juni 8, 2009 at 11:42 pm

    Mas bagaimana membuat cetakan dr silikon?

  15. Juni 9, 2009 at 1:54 am

    makasih infonya ni, tapi blom paham ttg bahan2nya ni. punya ym id ndak biar bisa ngobrol2. ym id saya gsyah_bdg

  16. adien said,

    Juni 9, 2009 at 8:11 am

    mas gimana ya caranya buat lilin yang warna api na tu bisa beragam jd warna na bisa biru, merah, dan sebagai na…….pa dari sumbu na ato dari bahan na ya????tolong djwab mas,,,,makaci………..

  17. Ferdinand said,

    Juli 9, 2009 at 3:23 am

    kami mau pesan lilin, bisa dihub dimana ? karena 0341-366-435 tdk diangkat. terima kasih.

  18. Andar said,

    Juli 9, 2009 at 3:57 am

    Saya lagi coba2 experimen bikin lilin hias, tapi kesulitan di sumbunya..! beli bahan buat sumbunya dimana ya Mas? terus kalau mau mewarnai lilin seperti membuat patung dengan warna baju tertentu, mata atau yang lainnya caranya dan bahan untuk pewarnanya apa ya Mas…? thanks..!

  19. yara said,

    September 26, 2009 at 8:51 am

    permissiii …
    saya mu buat lilin wangi buat tugas sekolah ..
    parfum ny itu bebas ato ad parfum khusus ??

  20. patricia said,

    September 28, 2009 at 9:20 am

    kalo lilin yang kenyal kaya gel itu bagannya apa ya??makasih

  21. ayu said,

    Desember 11, 2009 at 8:13 am

    mas kalo membuat lilin hias bentuk bunga gimana caranya dan di mana saya bisa beli cetakan silicon karena saya ada di semarang, terima kasih mas.

  22. arins1504 said,

    Desember 31, 2009 at 12:25 am

    mas, bs minta harga bahan2 baku untuk buat lilin??
    kirim ke imel sy ya. untuk keperluan buat souvenir nih. Tolong secepatnya.Thank’s

  23. ibrahim said,

    Februari 18, 2010 at 4:40 am

    bahn2nya di aneka kimia ad semua g?
    parfumnya ada parfum khusus ato parfum apa saja bisa?

  24. agus salim said,

    Februari 28, 2010 at 6:41 pm

    kalo misalnya pengen buat lilin warna-warni trz awet bgt gt gmana?

  25. agus salim said,

    Februari 28, 2010 at 6:43 pm

    kalo misalnya pengen buat lilin warna-warni trz awet bgt gt gmana? mohon balaz

  26. sakiyna said,

    Maret 5, 2010 at 12:27 pm

    mas dimn ya jual parafin elastis.. soalny dikota ku (palembang) ga ada yg jual… n klo mo bli gimana caranya n berapa hargany,…??
    thanks ya…..
    dibalas ya mas…???

  27. lina said,

    Maret 6, 2010 at 5:58 pm

    apakah pak iwan menjual cetakan sabun kotak biasa dari silikon, ukuran segi empat (10x 6 cm) multiple untuk 20 buah sabun?

  28. Citra Oktora Widyawati said,

    April 30, 2010 at 3:54 am

    Mas Iwan saya minta ijin untuk mengutip artikel tentang lilin hias yang tercantum di blog ini berkaitan dengan tugas saya dalam menyusun paper. Saya kebetulan sedang mengikuti training tentang ekspor dan mendapat tugas menulis paper.

  29. tri said,

    Mei 25, 2010 at 4:59 am

    bahan buat lilin carinya dimana? pewarna lililn pake apa? Q di Magelang,jateng.

  30. ardi said,

    Juni 7, 2010 at 4:55 pm

    salam sukses dan salam kenal buat mas Iwan,,,,
    saya sangat suka seni, karna seni sangat mahal harganya,,,,,
    saya mau nanya mas,,,,
    sy di dumai, Riau,,,,
    di sini belum ada usaha lilin hias mas,,,,,,
    jadi langkah awalnya bagaimana mas,,,,,?????
    saya belum tau pasti teknik pmbuatan lilin hias,,,,
    dan di sini juga gak ada toko bahan2 kimia,,,,
    di mana bisa saya dapatkan,,,,???
    terimakasih atas solusi yg akan mas berikan nntinya,,,,

  31. misni said,

    Juni 10, 2010 at 12:19 am

    assalamualikum
    bang iwan,terima kasih banget buka laman web yang sangat inovatif seperti in.isaya selalu mencari informasi sains/kimia terapan yang boleh kita aplikasikan lansung dalam kehidupan harian,karena saya zero dalam hal ini.saya baru akses pagi tadi,kalau nggak ingat kerjaan nunggu,saya mau baca semua artikel produk,tapi waktunya mepet nih.bang saya tertarik dgn cara buat
    sabun mandi,lilin hias dan shampo mobil dan berapa cost untuk paket diatas.makasih banyak mas iwan

  32. Dwik said,

    Agustus 3, 2010 at 6:28 pm

    Mz iwan yg super kreatif,, bs g’ kt buat lilin itu nyala apina bda2,, trz gmana crna?
    Sumbu yg baik wat lilin tu dr pa & dpt di proleh di mna y mz?
    Soal pewarna n pwangiana tu yg bgus kyak apa n dpt diproleh dmn?
    Tlong di emailn jwbna y mz mturnuwon,,

  33. Natalia said,

    Agustus 21, 2010 at 1:56 pm

    kalo pengen buat lilin yg bening bisa gag yaa ??
    tapi yg bahannya kayak lilin batang bukan gel….

    kalo bs,,pliss dikasi tau dong bahannya apa ja dan caranya gmn…
    ini untuk tugas…hehehe…

    makasih sebelumnya :)

  34. Dian said,

    Agustus 30, 2010 at 12:27 pm

    Mas, kalau lilin ulang tahun, bahannya sama ngga ya? apa bahan yang tercantum disini aman kalau lilinnya dipakai untuk hiasan kue?

  35. maria said,

    September 3, 2010 at 4:00 pm

    mas, klo buat lilin hias yg seperti boneka cara men cat gimana? pake cat apa?
    thx..

    • iwanmalik said,

      September 3, 2010 at 11:02 pm

      Mbak Maria,
      Info lengkapnya…kami sudah kirim email.
      Salam

  36. suharyoso said,

    September 15, 2010 at 7:24 am

    met siang mas iwan,….

    saya kebetulan saat ini lagi memproduksi cat basis solvent, saya mau kembangkan usaha ini dengan membuat cat tembok yang berkualitas bagus…dengan harga yang kompetitif,.. mohon bantuan mas iwan untuk memberikan informasi pembuatannya dari bahan baku, dari mana suplynya, juga proses pembuatannya bagaiumana?.
    sebelumnya terima kasih mas iwan, semoga ilmu yang mas iwan berikan ke kami menjadi ilmu yang manfaat… amin.

    salam,

    yos.

  37. syintia bele said,

    Januari 10, 2011 at 1:03 am

    ass,,, salm kenal maz!
    artikelnya menarik bgt maz,,saya alumni PIM Malang,,!
    saya tertarik bwt memasarkan sabun cuci piring d daerah saya! mohon bantuannya,dalam pembelian bahan,tempat tinggal sy d pamekasan madura!

    • iwanmalik said,

      Januari 10, 2011 at 3:30 am

      Waalaikumsalam……
      Mbak Syintia, dari SMS yang mbak kirim….alumni PIM Malang jurusan AKFAR 08 bimbingan pak Sugeng ya….dan kami membuka pelatihan ini memang semenjak pertengahan 2008.
      Ok….untuk info detailnya, kami sudah kirim email.
      Salam

  38. agus riyanto said,

    Februari 27, 2011 at 11:40 am

    web ini sangat berguna bagi mereka yang mau berfikir kreatif dan berjiwa wira usaha. terima kasih mas iwan. saya sangat terbantu karena saya sedang berkreasi untuk memproduksi lilin lampu berbagai bentuk dengan wadah batu kayu bambu . tolong juga bantu pasarkan . Terima kasih TUHAN engkau telah menunjukan arah bagi ku. terima kasih juga mas iwan juga temen yang laen bisa hubungi aku 081228690909. salam san sejahtera

  39. lilis said,

    April 21, 2011 at 8:24 am

    Mas Iwan…mau tanya bagaimana perbandingan bahan cam.parafin ma white oilnya brapa saja?? saya sudah coba buat lilin tapi berbahan parafin dan asam stearat, kira2 perbandingannya gmn mas?? cz punyaq cpet meleleh…..
    truz sumbu lilin yg bagus i2 bahannya apa?? cara pemasangan sumbu agar tegak n gak cepat tenggelam saat dinyalakan bagaimana mas???

    trima kasih, blz d email ya mas, saya tunggu segera….


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: