Sampo Anti Ketombe

Ketombe, hal kecil yang berdampak besar. Bagi mereka yang mengalaminya, ketombe dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Serpihan putih bagai taburan keju yang jatuh ke pakaian akan sangat mengganggu penampilan. Pada kaum pria khususnya, ketombe merupakan permasalahan kulit kepala yang kerap terjadi. Mengapa pria lebih banyak berketombe? Apa saja penyebab ketombe? Lalu, bagaimana cara mengatasi ketombe yang membandel?

Tentang Ketombe
Sebelum mengetahui penyebab ketombe, ada baiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya ketombe. Ketombe merupakan suatu kondisi kulit kepala kronis yang umum terjadi. Ditandai oleh rasa gatal dan terjadinya pengelupasan pada kulit kepala. Ketombe bukanlah sesuatu yang menular. Memang terkadang ketombe sulit untuk dihilangkan, namun masih dapat dikendalikan.

Pada kebanyakan orang, ketombe mudah untuk dikenali dengan adanya lapisan putih dan berminyak dari sel kulit mati yang terlihat seperti titik di rambut disertai dengan rasa gatal.

Ada beberapa penyebab timbulnya ketombe. Diantarnya adalah sebagai berikut :

Kulit kering
Kulit kering merupakan penyebab umum timbulnya rasa gatal dan pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit karena kulit kering umumnya lebih kecil dan lebih sedikit berminyak dibanding penyebab ketombe lainnya.

Iritasi kulit dan kulit kepala berminyak (seborrheic dermatitis)
Ini adalah penyebab tersering ketombe. Ditandai dengan kulit kepala berminyak yang tertutup lapisan putih atau kekuningan. Seborrheic dermatitis juga mempengaruhi bagian tubuh dengan banyak kelenjar minyak seperti alis, sisi hidung dan belakang telinga, serta terkadang ketiak.

Jarang keramas
Jika Anda tidak teratur keramas maka minyak dan sel kulit dari kulit kepala akan dapat menyebabkan ketombe.

Psoriasis
Penyakit kulit ini menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang membentuk lapisan tebal seperti perak. Psoriasis biasanya terjadi di lutut dan siku namun dapat juga mempengaruhi kulit kepala.

Eksim
Eksim pada kulit kepala memungkinkan timbulnya ketombe.

Sensitif terhadap produk perawatan rambut (dermatitis kontak)
Dapat menyebabkan merah dan gatal pada kulit kepala. Keramas terlalu sering atau menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut juga dapat mengiritasi kulit kepala dan akhirnya menyebabkan ketombe.

Jamur malassezia
Jamur malassezia sejatinya ada di kulit kepala orang dewasa sehat tanpa menimbulkan permasalahan. Tetapi terkadang pertumbuhannya tidak dapat dikendalikan karena mendapat makanan dari minyak yang keluar dari folikel rambut. Ini dapat mengiritasi kulit kepala dan dan menyebabkan lebih banyak sel kulit yang tumbuh. Kelebihan sel kulit mati akan mulai berjatuhan, ditambah dengan minyak dari rambut dan kulit kepala akan terlihat seperti lapisan putih di kulit kepala.

Penyebab pasti pertumbuhan berlebih jamur malassezia belumlah diketahui. Minyak berlebih di kulit kepala, perubahan hormon, stres, penyakit saraf seperti Parkinson, imunitas menurun, jarang keramas, dan juga sensitif terhadap jamur malassezia dapat menyebabkan timbulnya ketombe.

Ketombe dapat dialami oleh siapa pun. Tetapi ada beberapa faktor yang membuat seseorang dapat mengalami ketombe dibandingkan orang lainnya, yakni:

Usia
Ketombe umumnya mulai dialami oleh orang dewasa muda dan berlanjut sampai usia pertengahan. Namun tidak tertutup kemungkinan mereka yang lebih tua tidak berketombe karena bagi sebagian orang, ketombe dapat menjadi masalah yang membandel.

Pria
Pria lebih banyak berketombe. Para ahli berpikir ini ada hubungannya dengan hormon pria yang turut andil dalam timbulnya ketombe. Pria juga diketahui memiliki kelenjar produksi minyak yang lebih besar di kulit kepalanya yang dapat berperan dalam menimbulkan ketombe.

Kulit kepala dan rambut berminyak
Jamur malassezia hidup dengan mendapat makanan dari minyak di kulit kepala. Sehingga mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut terlalu berminyak akan lebih cenderung berketombe.

Pola makan
Pola makan yang kurang asupan zat besi (zink) dan vitamin B dapat membuat Anda kemungkinan berketombe.

Penyakit tertentu
Memang masih belum jelas bahwa orang dewasa dengan penyakit neurologis seperti Parkinson lebih mungkin mengalami seborrheic dermatitis dan ketombe. Demikian juga dengan mereka yang mengalami stres dan masalah imunitas tubuh.

Atasi Ketombe
Bagi Anda yang berketombe, Anda masih dapat berlega hati karena ketombe hampir dapat selalu dikendalikan. Namun perawatan terhadap ketombe yang muncul memerlukan sedikit ketekunan dan kesabaran. Secara umum, ketombe ringan masih dapat diatasi dengan keramas teratur dengan menggunakan sampo yang lembut untuk mengurangi minyak dan tumbuhnya sel kulit baru.

Namun ketika sampo biasa gagal mengatasi masalah ketombe, Anda dapat mencoba sampo antiketombe yang banyak dijual bebas. Yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua sampo antiketombe sama, boleh jadi Anda harus mencoba beberapa jenis sampo sampai menemukan yang cocok untuk mengatasi ketombe Anda.

Sampo antiketombe dapat dikelompokkan menurut kandungannya:

Sampo zinc pyrithione
Mengandung zinc pyrithione yang merupakan agen antibakteri dan antijamur. Dapat mengurangi jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan seborrheic dermatitis.

Sampo berbahan dasat ter
Ter batubara yang merupakan hasil dari proses pabrikasi batubara dapat membantu mengatasi ketombe, seborrheic dermatitis, dan psoriasis dengan cara memperlambat kematian sel kulit dan pengelupasan kulit kepala.

Sampo yang mengandung asam salisilat
Sampo jenis ini membantu menghilangkan lapisan ketombe, namun dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Gunakan kondisioner setelah keramas untuk mengurangi rasa kering di kulit kepala.

Sampo selenium sulfida
Bekerja dengan memperlambat kematian sel kulit dan dapat mengurangi jamur malassezia. Sampo jenis ini dapat melunturkan rambut yang diwarnai, jadi pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk dan bilas dengan baik setelah keramas.

Sampo ketoconazole
Ketoconazole merupakan agen antijamur berspektrum luas yang bisa jadi bekerja ketika sampo yang lain telah gagal.

Sedikit tips untuk menggunakan sampo antiketombe:
Gunakan salah satu sampo tersebut secara rutin setiap hari sampai ketombe dapat dikendalikan, kemudian menjadi 2-3 kali seminggu. Jika satu jenis sampo bekerja dalam satu waktu dan tampak mulai kehilangan efektivitasnya, cobalah untuk bergantian mencoba dua jenis sampo antiketombe. Pastikan untuk membiarkan sampo setidaknya 5 menit di kepala agar kandungan sampo dapat bekerja.
Jika selama beberapa minggu Anda telah mencoba sampo antiketombe namun ketombe masih saja membandel, Anda masih merasakan gatal di kulit kepala atau kulit kepala Anda menjadi merah dan bengkak, segera temui dokter ahli kulit. Dokter akan meresepkan sampo yang lebih kuat atau terapi dengan cairan steroid.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko mengalami ketombe:

Kendalikan stres
Stres dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membuat Anda mudah terkena penyakit. Stres juga dapat memicu terjadinya ketombe atau memperburuk ketombe yang telah ada.

Keramas secara teratur
Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, keramas secara teratur setiap hari dapat membantu mencegah ketombe.

Kurangi produk perawatan rambut
Hair sprays, styling gels, mousses dan hair waxes dapat membuat kulit kepala Anda berminyak.

Makan sehat
Cukuplah mengkonsumsi zat besi (zink) dan vitamin B untuk membantu mencegah ketombe.

Sedikit sinar matahari
Sinar matahari baik untuk mengatasi ketombe. Tetapi ingatlah bahwa paparan ultraviolet dapat merusak kulit dan meningkatkan resiko kanker kulit sehingga sebaiknya jangan berjemur diri. Luangkan waktu sebentar untuk keluar. Jangan lupa gunakan tabir surya.

Analisa bahan sampo anti ketombe adalah semua bahan-bahan yang dipakai standard kosmetik dan aman. Untuk itu akan kami bahas masing-masing bahan dari segi fungsinya. Kami akan membatasi beberapa bahan saja, karena bahan yang lain sudah di bahas pada artikel sampo hotel.

1. Pearl concentrate berfungsi untuk menambah keindahan sampo ( sampo mutiara.

2. Zinc pyrithione berfungi untuk mencegah  dan menghilangkan ketombe atau menggunakan  ketoconazole, asam salisilat,  selenium sulfida dll.

Komposisi sampo anti ketombe

1. Sodium Chloride 40 gr

2. Ultra SLES

3. Foam Booter C-KD secukupnya

4. Lexaine-C secukupnya

5. Polyquat

6. Zinc Pyrithione

7. Trilon

8. Carboxylic Acid

9. Pearl concentrate

10. Lexgard 2,2 cc

11. Pewarna secukupnya

12. Parfum secukupnya

13. Aquadest

Peralatan yang dibutuhkan : wadah, pengaduk dan takaran.

Prosedur pembuatannya:

1. Sodium chloride 20 gr + Ultra SLESS aduk rata sampai putih

2. ( 1 ) + 3/4 dari aquadest sedikit demi sedikit aduk rata

3. ( 2 ) + Foam booster C-KD aduk rata

4. Lexaine C + Polyquat aduk rata di wadah lain

5. ( 3 ) + ( 4 ) aduk rata

6. ( 5 ) + Pearl concentrate aduk rata

7. ( 6 ) + Zinc pyrithione aduk rata

8. ( 7 ) + Lexgard P aduk rata

9. Carboxylic acid + Aquadest aduk rata

10. ( 6 ) + ( 7 ) aduk rata

11. Trilon + sisa aquadest aduk rata + sisa sodium chloride aduk rata

12. ( 8 ) + ( 9 ) sedikit demi sedikit aduk rata

13. ( 10 ) + Pewarna aduk rata

14. ( 13 ) + Parfum secukupnya aduk rata

15. Diamkan beberapa jam dan siap dikemas

Sebagian sumber di ambil dari Agoes Ramdhanie

About these ads

37 Komentar

  1. rifaimovic said,

    Desember 17, 2008 at 3:34 am

    Ramuan itu berbahaya ga bozzzz. ntar ane coba, malah rontok lagi rambut ane…

  2. iwanmalik said,

    Desember 17, 2008 at 4:47 am

    Bapak rifaimovic yang terhormat, sapa saya bapak saja, saya ini bukan bozzzz.
    Perlu bapak ketahui bahan-bahan yang digunakan merupakan jenis bahan standard kosmetik dan aman.
    Ok Thank,s

  3. Rinaldi said,

    Desember 17, 2008 at 9:06 am

    Pak saya Rinaldi dari Pekanbaru tolong ya formulanya ditunggu terimakasih

  4. iwanmalik said,

    Desember 17, 2008 at 12:32 pm

    Pak Rinaldi, saya sudah kirim email ke bapak.
    Terima kasih

  5. Dalmuji said,

    Desember 22, 2008 at 3:18 am

    nice post…
    trims mau mampir ke blog saya

  6. Bambang Sriwijonarko, S.Ip said,

    Desember 22, 2008 at 8:49 am

    Posting yg menarik………..
    trims udah mampir ke blog saya

  7. Desember 24, 2008 at 12:03 am

    wah, infonya mantabs nih, bang…

    makasih udh mampir yaa.. :D

  8. Heru said,

    Desember 24, 2008 at 1:10 am

    bahan bisa dibeli dimana mas?
    makasih udah berkunjung diblog saya

  9. Syafree said,

    Desember 24, 2008 at 3:59 am

    Infonya bagus…
    Tapi ga lebih simpel kalo beli sampo merek aja di warung? :)

  10. sutoro said,

    Desember 24, 2008 at 7:44 am

    Menarik infonya…..
    Oh ya, saya pernah pakai sampo merk tertentu, namun habis keramas terasa bengkak-bengkan di kepala. Ini yang bermasalah samponya apa kulitnya, Pak?
    Apa sampo ini kemungkinan bisa terjadi pada orang lain. trims.
    Makasih atas kunjungannya di blog saya. Selamat Tahun Baru 2009. semoga sukses di tahun mendatang.

  11. arifin said,

    Desember 24, 2008 at 11:22 am

    Dear, Mr. Iwan Malik.
    Salam kenal. Terima kasih atas kunjungannya di blog kami.
    Blog anda sangat bagus, dan sangat menambah ilmu dan referensi kami.

    Sebagai bahan koreksi (maaf, jika saya salah).
    …..Pola makan yang kurang asupan zat besi (zink) dan vitamin B dapat membuat Anda kemungkinan berketombe……

    Comment : Zat besi (Fe) adalah zat yang banyak di Hb dalam darah. Kekurangan zat tersebut dapat mengakibatkan anemia, pusing, syaraf ke rambut kurang sempurna sehingga mengurangi kekuatan. Sedangkan Zat Seng/ Zink/ Zincum (Zn) dapat membantu mengatasi ketombe sehingga umumnya sampoo anti ketombe mengandung zat ZPtO (Zinc pyrithione).

    Keep brothership.

    Regard.
    Skimaters.
    http://www.smk3ae.wordpress.com

  12. iwanmalik said,

    Desember 24, 2008 at 1:03 pm

    Dear, Mr. Arifin

    Terima kasih commentnya, semoga terjalin persahabatan.
    Maksud saya, zat besi (Fe), zat seng(Zn) dan vitamin B sama-sama untuk membantu mencegah ketombe yang pada akhirnya menimbulkan gejala kebotakan (rambut rontok). Kami punya banyak literatur yang mendukung jawaban tersebut. Comment yang bapak sampaikan juga benar adanya. Literatur bisa saya kirim e-mail ?

    Sekali lagi terima kasih

  13. nenyok said,

    Desember 24, 2008 at 2:12 pm

    Salam
    Wah penjelasan yang begitu rinci dan berguna nie, trims ya..

  14. early said,

    Desember 24, 2008 at 2:28 pm

    salam kenal balik dari Jember Blogger Community……

  15. roy said,

    Desember 24, 2008 at 2:46 pm

    salam kenal lagi juga deh……
    kalo sempat coment tempatku yach…
    heheh
    salam kenal dari jogja…

  16. justbryan said,

    Desember 24, 2008 at 11:07 pm

    Terima kasih sudah berkomentar di blog saya yang tak terurus..
    Iya, masih sibuk mengurusi blog saya yang di blogspot di justbryan.blogspot.com

  17. achoey said,

    Desember 25, 2008 at 8:58 am

    Sobat, sampai saat ini saya masih ketombean.

    Gonta-ganti shampo juga tetep ketombean.
    Malah kepikiran dibotakkin nih :D

  18. aberamly said,

    Desember 30, 2008 at 2:14 am

    terima kasih kerana lewat blog aberamly

    yg lain

    ramlyoyai.blogspot.com

    awanggedeber.blogspot.com

  19. Desember 31, 2008 at 11:36 pm

    Well Blog yang bagus nih, thanx ya sudah mampir, ayo terus creativ

  20. bonar said,

    Januari 15, 2009 at 6:26 pm

    wah..lengkap betul informasinya…
    thanks buat share info nya yah mas.

    salam,

    bonar

    http://sihotang407.wordpress.com

  21. Harun said,

    Januari 25, 2009 at 6:06 pm

    Mas iwan sampoonya mencemar lingkungan???

  22. iwanmalik said,

    Januari 25, 2009 at 7:35 pm

    Mas harun, bahan aktif yang kami gunakan ramah lingkungan dan dapat terurai sehingga tidak akan mencemari lingkungan.

  23. chico said,

    Februari 25, 2009 at 8:01 pm

    Mas iwan, Mungkin saja masalah ketombe yang saya alami akibat stress, padahal umur saya terbilang masih muda (19thn), tapi saya semakin stres ketika saya mencoba untuk menghilangkan ketombe, membuat saya kewalahan.

    Mungkin mas iwan bisa kasih saya contoh untuk pembuatan ramuan yang di posting mas iwan..

    Terus biasanya bahan-bahn kaya gitu bisa di dapat dimana?

    Saya tunggu emailnya mas..

    Trima kasih

  24. sehat4life said,

    Februari 26, 2009 at 12:16 am

    Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal Psoriasis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/21/obat-psoriasis-adalah-transfer-factor/

  25. ayra said,

    April 18, 2009 at 9:03 am

    Dear pak Malik

    Saya ayra dari kota pandaan,saya ingin bertanya menurut anda shampo mana yang dapat mengatasi ketombe yang terlalu banyak ? mohon dibalas.

  26. iwanmalik said,

    April 18, 2009 at 1:14 pm

    Mas Ayra,
    Zinc pyrithione berfungi untuk mencegah dan menghilangkan ketombe atau menggunakan ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida dll.

  27. gapsky said,

    Juli 31, 2009 at 7:31 am

    Mas iwan, artikel ttg shampo anti ketombenya bnar2 bermanfaat, walau belum pernah coba, setidaknya sekedar tahu saja ilmunya,, hehe,,

    Oiya, selain shampo anti ketombe, di pasaran kan juga ada tuh shampo anti rontok.. Ada formulanya gak? apa beda dengan shampo anti ketombe? karena ada juga rambut rontok karena ketombe.. Trima kasih.

  28. suherman said,

    Agustus 27, 2009 at 3:23 am

    bos ada sampo lidah buaya gak?

    • iwanmalik said,

      Agustus 27, 2009 at 3:42 am

      Bpak suherman, kami kirim email lagi.

  29. arief said,

    Oktober 19, 2009 at 12:47 pm

    pak saya bisa dpatkan cd-nya? bagimana caranya. di sekitar tempat saya masih banyak pemuda yang pengangguran. saya juga pesan cd cara pembuatan sabun cair. terima kasih pak atas bantuannya.

    • iwanmalik said,

      Oktober 19, 2009 at 2:06 pm

      Pak Arief,
      Cara mendapatkan CD, sudah kami emailkan.
      Salam

  30. Franz Surya said,

    Februari 7, 2010 at 9:36 am

    Pak, saya ingin bertanya tentang cara membuat Pewangi pakaian. Bagaimana komposisi bahan-bahanya dan yang terpenting apa yang harus saya lakukan dan tambahkan supaya awet bau wanginya di pakaian. Misalnya bisa bertahan seminggu.
    Demikian pertanyaan saya. Mohon Penjelasannya.
    Terimakasih.

  31. chen said,

    Maret 3, 2010 at 5:08 am

    Pak, bagaimana cara mendapatkan bahan2 material di atas? Apakah Bpk menjualnya secara paket instan? thx..

  32. jayanti said,

    April 12, 2010 at 5:01 pm

    saya ingin tahu tentang konsentrasi shampoo anti ketombe yang efektif dan PHnya

  33. imanhianto rakhmadi said,

    Agustus 20, 2010 at 4:07 am

    maaf pak iwan. saya sebenarnya mau menayakan info racikan parfum ideal, tapi saya menanyakannya disini yang merupakan tanya jawab sampo.
    saya ingin vcd pelatihan racikan parfum ideal pak. saya sudah lihat di website harganya dan ongkirnya. tapi apakah ongkir ke palembang juga segitu? mohon total harga vcd pelatihan dan ongkirnya ke palembang ya pak. dan apakah no rekening masih yang tercantum di website serta konfirmasi pembayaran bisa lewat sms. terimakasih.

  34. Langga said,

    Januari 22, 2011 at 5:43 am

    Pak, saya menderita penyakit autoimun dan sampai sekarang masih dalam pengobatan dengan menkonsumsi obat methylprednisolone.
    Sudah hampir 6 bulan ini kepala saya timbul kulit kering, agak tebal, berwarna putih seperti ketombe, tapi tidak gatal.
    Mohon masukannya, apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkannya?
    Vitamin & sampo apa yang harus saya gunakan?
    Sekarang ini saya menggunakan sampo bayi.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • iwanmalik said,

      Januari 24, 2011 at 8:56 am

      Rekan Langga,
      Sepengetahuan kami, kegagalan fungsi sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang terlalu aktif dapat membuat badan menyerang jaringannya sendiri, sistem imun gagal untuk memusnahkan dengan tepat antara diri sendiri dan bukan diri sendiri, dan menyerang bagian dari tubuh. Penyakit-penyakit yang muncul dikarenakan kegagalan fungsi sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang terlalu aktif disebut penyakit autoimun. Ada pengobatan alami untuk gangguan autoimmune tidak bisa menggantikan pengobatan medis tetapi setidaknya bisa memfasilitasi pemulihan dan mengurangi efek-efek negatifnya. Jahe dan kunyit bisa menurunkan gejala-gejala autoimmune.
      Salam


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: