Mau Deterjen…?

Urusan cuci-mencuci baju kotor ingatan kita tertuju apa yang disebut deterjen. Dari sejarah deterjen yang mengalami perbaikan-perbaikan guna memperbaiki mutu deterjen. Saat ini banyak beredar produk-produk deterjen yang bermutu dengan berbagai merk yang sebenarnya dari bahan-bahan bakunya deterjen relatif sama. Cuma dari deterjen-deterjen itu yang membedakan komposisi dan bahan tambahan (aditif)nya. Deterjen dalam kerjanya memiliki kemampuan yang unik untuk mengangkat kotoran, baik yang larut dalam air maupun yang tidak larut dalam air. Hal ini disebabkan bahwa deterjen, khususnya molekul surfaktan (surface active agent)nya yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan. Salah satu ujung dari molekul surfaktannya lebih suka minyak, akibatnya bagian ini mempenetrasi kotoran yang berminyak. Ujung molekul surfaktan satunya lebih suka air, bagian inilah yang berperan mengendorkan kotoran dari kain dan mendispersikan kotoran sehingga tidak kembali menempel pada kain. Akibatnya warna kain dapat dipertahankan.

Penggolongan Deterjen Dilihat Bentuk Fisiknya

Berdasarkan bentuk fisiknya, deterjen dibedakan atas:

1. Deterjen Cair, secara umum deterjen cair hampir sama dengan deterjen bubuk. Yang membedakan cuma bentuk fisik. Di indonesia setahu saya deterjen cair ini belum dikomersilkan, biasanya digunakan untuk laundry modern menggunakan mesin cuci yang kapasitasnya besar dengan teknologi canggih.

2. Deterjen krim, bentuk deterjen krim dengan sabun colek hampir sama tetapi kandungan formula bahan baku keduanya berbeda.

3. Deterjen bubuk, jenis deterjen bubuk ini yang beredar dimasyarakat atau dipakai sewaktu mencuci pakaian. Berdasarkan keadaan butirannya, deterjen bubuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu deterjen bubuk berongga dan deterjen bubuk padat. Perbedaan bentuk butiran kedua kelompok tersebut disebabkan oleh perbedaan proses pembuatannya.

A. Deterjen bubuk berongga.

Deterjen bubuk berongga mempunyai ciri butirannya berongga seperti bola sepak yang didalamnya berongga. Butiran deterjen jenis berongga ini dihasilkan oleh proses spray drying ( proses pengabutan dilanjutkan dengan proses pengeringan). Kelebihan deterjen bubuk berongga dengan deterjen bubuk padat adalah deterjen bubuk berongga tampak volumenya lebih besar.

B. Deterjen bubuk padat.

Bentuk butiran deterjen bubuk padat bentuknya seperti bola tolak peluru, yaitu semua bagian butirannya terisi oleh padatan sehingga tidak berongga. Butiran deterjen yang padat ini merupakan hasil olahan dari proses pencampuran kering (dry mixing). Kekurangan deterjen bubuk padat ini tampak volumenya tidak besar sehingga kelihatan sedikit.

Bahan Baku untuk Pembuatan Deterjen

1. Bahan Aktif

Bahan aktif ini merupakan bahan inti dari deterjen sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan deterjen. Secara kimia bahan kimia ini dapat berupa sodium lauryl sulfonate. Sodium lauryl sulfonate dengan beberapa nama dagang dengan nama texapone, Emal, luthensol, dan neopelex. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan daya bersih. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya jel (pasta).

2. Bahan pengisi

Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume. Keberadaan bahan ini dalam deterjen semata-mata dilihat dari aspek ekonomis. Bahan pengisi deterjen disini menggunakan sodium sulfat (Na2SO4). Bahan lain sebagai pengisi deterjen dapat mengguanakan tetra sodium pyroposphate dan sodium sitrat. Bahan ini berbentuk serbuk, berwarna putih dan mudah larut dalam air.

3. Bahan penunjang

Salah satu contoh bahan penunjang deterjen adalah soda abu (Na2CO3) yang berbentuk serbuk putih. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai meningkatkan daya bersih. Keberadaan bahan ini dalam deterjen tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan saat mencuci pakaian. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (sodium tripoly posphate) yang juga penyubur tanaman. Ini dapat dibuktikan air bekas cucian disiramkan ke tanaman akan menjadi subur. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfat yng merupakan salah satu unsur dalam jenis pupuk tertentu.

4.Bahan Tambahan (aditif)

Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada didalam pembuatan deterjen. Namun demikian, produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari deterjen itu sendiri. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah CMC (Carboxyl methyl cellulose). Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi mencegah kotoran kembali ke pakaian.

5. Bahan Wangi

Keberadaan bahan wangi ini sangat penting keberadaannya, sebab suatu deterjen dengan kualitas baik bila menberi parfum salah akan berakibat fatal dalam penjualan. Parfum untuk deterjen bentuknya cair kekuning-kuningan.

Komposisi Pembuatan Deterjen

1. Texapon

2. Na2SO4 secukupnya

3. NaHCO3 25%

4. NaCO3 7%

5. STPP / CMC secukupnya

6. Parfum secukupnya

Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk kayu, dan saringan deterjen

Cara Membuat Deterjen

1. Texapon + NaHCO3 aduk rata

2. (1) + Na2CO3 aduk rata

3. (2) + Na2SO4 aduk rata

4. (3) + STPP/CMC aduk rata

5. Diayak dan keringkan

6. Parfum

7. Siap dipasarkan

Kelebihan Deterjen ini
- Daya bersihnya kuat atau membersihkan kotoran yang membandel.
- Direndam berhari-hari baju tidak akan menimbulkan bau.
- Hemat air karena hanya sekali bilas.

About these ads

167 Komentar

  1. sinteniki said,

    Juli 25, 2008 pada 4:18 pm

    boleh donk dijelaskan prosesnya agak lebih detail mulai durasi pencampuran sampai pengayakan.. hingga tenggang waktu sebelum pengemasan..
    Terimakasih

    • nana ernawati said,

      Februari 23, 2010 pada 3:57 pm

      pak Iwan,sy perlu banget CD cara pembuatan detergent,bisa kasih info cara mrndapatkannya pak? tks

  2. ipung mataram said,

    Agustus 2, 2008 pada 11:42 pm

    … thanks buat tulisannya, sangat membantu buat saya yang usaha di bidang jasa laundry.. kalo boleh mau cara proses pembuatan yang lebih detail dan komposisi untuk usaha menengah thaks…

  3. iwanmalik said,

    Agustus 9, 2008 pada 3:51 am

    Setiap langkah diaduk rata maksudnya agar bahan-bahan tercampur merata, setelah tercampur merata dilanjutkan bahan berikutnya diaduk rata lagi. MUDAH LO……
    Proses pengayakan bisa membuat ayakan sendiri terbuat dari kawat kasa dan proses pengeringan bisa menggunakan alat pengering ( Oven ) atau sinar matahari. Setelah itu proses pemberian parfum dengan semprotan ( Spray ) secara merata.

  4. Dewi Sita said,

    November 26, 2008 pada 4:49 pm

    Texapone-nya berbentuk pasta ya? Kalau di oven sebaiknya suhu berapa?
    Tahnks banget

  5. Dewi Sita said,

    November 26, 2008 pada 4:52 pm

    Texapone-nya berbentuk pasta ya? Kalau di oven sebaiknya suhu berapa?
    Terima kasih

  6. iwanmalik said,

    Desember 1, 2008 pada 9:17 pm

    Texapon bentuknya pasta dan untuk pengeringan bisa dilakukan dgn sinar matahari atau oven ( suhu kurang lebih 35 derajat ).

  7. MahasyauQi_Bagaspati said,

    Januari 13, 2009 pada 6:59 am

    wwwwwuuuuuiihh ini baru mantab,inget jaman SD…:d kenapa setelh terjun kebisnis ini jdi lupa bikin ya hahahah…sia sia deh ilmunya,
    thx ilmunya udah dibagi bagi..klo ada yang lebih detail lagi sangat terima kasih

    salam sukses semuanya

  8. Lela said,

    Januari 23, 2009 pada 5:15 pm

    Bapak Iwan Malik ada telp yang bisa dihubungi gak? tolong kirim ke email tersebut diatas

  9. maria said,

    Februari 13, 2009 pada 5:33 am

    wah,..info yang menjual,
    yang mau saya tanyakan :
    1. apakah semua bahan2 yang digunakan tersebut rekomendasi untuk lingkungan tidak ? karena yang saya tau fosfat yang berlebih akan memperbanyak unsur hara dan akan memperkecil oksigen bagi lingkungan.
    itu bagaimana ya?
    2. apakah bisa merusak mesin cuci tidak ? takutnya bahan tersebut secara tidak langsung punya sifat korosif (bisa dijelaskan)

    Terimakasih,

    Maria

  10. iwanmalik said,

    Februari 13, 2009 pada 2:10 pm

    Untuk saudara maria & rekan-rekan

    Semua bahan yang kami gunakan, pada dasar sama dengan seperti produk-produk yang beredar di pasaran. Yang membedakan antara produk dengan produk yg lain cuma pada bahan tambahannya untuk menunjukkan ciri khas dari suatu produk. Dan masing-masing produk harus memenuhi SNI (Standar Nasional Indonsia) tentang kandungan bahan aktif, PH, Bobot jenis, pemucat dll.

    Dalam pembuatan deterjen penambahan STPP (sodium tripoly posphate) tidak suatu keharusan, boleh ditambahkan boleh tidak. Kalaupun ditambahkan STPP maxsimal 1% yang terkandung unsur posphate yang biasa digunakan untuk pupuk tanaman.

    Posphate merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman. Akan tetapi, dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan pengkayaan unsur hara yang berlebih pada air. Ini dapat dilihat pada fenomena laju pertumbuhan cepat enceng gondok diatas air sehingga ikan akan mati kekurangan oksigen sehingga dapat merusak ekosistem di dalam air .

    Bahan aktif yang digunakan tidak bersifat korosif dan PH sudah menurut SNI.

  11. jermia said,

    Februari 18, 2009 pada 1:41 pm

    Deterjen diatas bisa dalam bentuk cair ga?maksudnya tetap cair aja-spy mudah larut.Tapi busanya kurang ga? Mkasi mas

  12. purwanto said,

    Maret 2, 2009 pada 6:11 am

    slamat siang ,,,,

    ini kbtulan nie saya sidh dapat bahan-bahan ya semua tp terus terang komposisiya belum tau mau donk dijelasin ,,,,,,,

    klau dlm / kg perbandingan ya berpa gt ?
    mksh atas penjelas ya aaaa

  13. tantri ayu wijayanti said,

    Maret 13, 2009 pada 4:44 pm

    Selamat malam…
    ini kbtulan nie saya lagi mencari2 bahan untuk pembuatan pengharum setrikaan, detergen dan akhirnya menemukan disini.
    Secara boleh donk saya minta bantuan untuk informasi komposisiya.. dan tolong dijelasin jg ,,,,,,,

    Trus kalo untuk detergen yang daya bersihnya paling kuat, bahan apa yang harus dilebihkan ukuranya?

    klau dlm liter/ kg perbandinganya berpa gt ?
    mksh atas penjelasannya…

  14. wisnu said,

    Maret 17, 2009 pada 3:58 pm

    malam bos….
    semua info di web ini sangat membantu kita, thank’s atas semua-nya.
    bos…kalo saya mau bikin detergen cair (liquit) gimana resepnya.

  15. iwanmalik said,

    Maret 17, 2009 pada 9:22 pm

    Yth pak wisnu,
    Saya ini bukan bos tapi orang biasa saja.
    O ya saya sudah kirim email ke bapak, silahkan buka.
    Salam

  16. Budi said,

    Maret 23, 2009 pada 3:45 pm

    met malem pak iwan…..
    blog yg sangat menarik n bermanfaat. numpang sharing boleh ya?
    saya punya usaha laundry kiloan n juga pake deterjen cair. kata agennya sih kiriman dari surabaya, harganya 6000 dan 7000/liter. tapi kok daya bersihnya kurang sehingga kotoran membandel di krah baju gak hilang kalo gak di sikat.

    minta saran dong pak apa yg hrs saya tambahkan di deterjen saya biar daya bersihnya dahsyat n berapa campuran utk tiap liternya?
    Minta resepnya dong pak utk buat deterjen cair ? lumayan bisa berhemat kalo bisa buat sendiri, karena tiap bulan rata2 saya habiskan sekitar 50 liter deterjen cair.
    terimakasih sebelumnya atas penjelasanya.

  17. oky said,

    Maret 25, 2009 pada 11:01 am

    numpang nanya juga nih mas. parfumnya yang dijual d toko kimia juga bisa d pake?. dalam detergen kan ada tuh butiran warna warni, itu apa ya?

  18. oky said,

    Maret 25, 2009 pada 11:44 pm

    satu lagi. gimana perbandingan takaran untuk bahan tersebut. mohon dibalas

  19. onk said,

    Maret 29, 2009 pada 7:41 am

    pak mau tanya di mana bisa dapetin bahan2 untuk pembuatan detergen itu semua. mohon di kasih tau makasih banyak sebelumnya

  20. Hamzah said,

    April 6, 2009 pada 4:31 am

    bapak/ibu tolong donk dimana cari bahan bahannya untuk pembuatan pewangi yg tahan lama dan aroma wanginya semerbak

  21. Aneke said,

    April 7, 2009 pada 9:39 am

    Informasi yg bpk brikan bnr2 bermanfaat bg org2,salut bt bpk..sy mau tau cr buat deterjen cair dong pak<tks

  22. Aneke said,

    April 7, 2009 pada 9:44 am

    Pak untuk pembersih karat gimana ya?tks

  23. pambudi said,

    April 12, 2009 pada 11:44 am

    DEar

    Pak saya mau nanya, apa bapak jual pewangi untuk incense(dupa), trus sabun untuk spa?

    Mohon informasinya.

    trims

    pambudi

    • Fang-fang said,

      Mei 5, 2009 pada 12:02 am

      Pak saya jual pewangi untuk dupa (INcense) tersedia banyak ada 1 drum besar kalo bapak mau silakan hubungi saya di 021-70908222

  24. agus said,

    April 17, 2009 pada 2:55 am

    Yth Pak Iwan. Saya mempunyai usaha laundry baru 1 bln. Selama ini saya beli pewangi pakaian dari teman di jogja tapi harganya sangat mahal, Rp 22.000 / liter.

    Saya mau tanya takaran / komposisi bahan – bahan untuk membuat pewangi pakaian biar bisa bikin pewangi sendiri sehingga bisa lebih irit.

    Terima kasih

    Agus S.

  25. budi said,

    April 24, 2009 pada 3:05 pm

    Met malem pak iwan……
    met malem smua………..
    makasih ya atas smua infonya di sini. skarang saya bisa membuat deterjen, pewangi dan parfum untuk laundry dgn cost yang sangat murah banget.

    Thanks……….

  26. cha said,

    April 25, 2009 pada 9:39 am

    makasih bpak iwan, ehmmm…
    tp kyaknya boleh juga kalok dilengkap dg tkarannya pak he2…maturnuwun sblomnya pak,,b’guna sekali buat sya

  27. medina said,

    Mei 1, 2009 pada 7:15 am

    mas iwan, formula detergen di atas untuk mesin cuci ato tangan? Apa kegunaan masing2 bahan ya mas? Perbandingan maximum dan minimum nya dari Na2CO3 dan NaHCO3 itu berapa ya? Butiran2 biru di detregent itu apa nama dan fungsinya? Gimana caranya kalo mo kurangin busa tapi daya cuci tinggi? Yang namanya oxygen power itu apa ya mas?
    Makasih banyak sebelum nya untuk penjelasannya.
    Salam sukses

  28. ferdha said,

    Mei 6, 2009 pada 2:09 am

    Salam kenal Pak.

    Saya tertarik untuk mencoba membuat detergent, pewangi, dan pelembut pakaian sendiri. Cuman saya agak bingung masalah takarannya Pak. Mohon dikirim ke email saya. Terima kasih sebelumnya.

    Untuk pesan CD Pelatihannya bagaimana caranya Pak?
    Terima kasih.

  29. tonifero said,

    Mei 11, 2009 pada 3:56 am

    n kl bikin aquaproof piye yo.kl beli larange mas iwan

  30. Wahyu Surgawi said,

    Mei 25, 2009 pada 3:26 pm

    mas iwan minta resep yang lebih detail dong dan kra-kira dapat bahan-bahannya dimana dan harganya berapa ? please send by e-mail ya…

    Maturnuwun

  31. andry gunawan said,

    Juni 14, 2009 pada 7:41 am

    Pa Iwan,sy punya usaha laundry di bdg. pernah sy bikin deterjen bubuk , komposisi: pd 30 50 %, emal 10 25%, soda ash 15%, stpp 5%, cmc 5%, anti foam 15 cc, hasilnya kualitas deterjen lbh bgs dr yg ada di pasaran, cuman terlalu banyak busa & bisa merusak mesin cuci, sy ngga pake sodium sulfat krn fungsinya cuman buat pengisi.sy udah cari bahan active labs, texapone di brataco cuman ga ada.
    1. apa komposisi diatas udah betul?
    2. gimana caranya supaya kadar busa bisa dihilangkan(deterjen matik)?
    3. bahan aktiv yang paling cocok utk deterjen, apa labs, texapone, luthensol, emal, pd 30, neo plex? yg menurut sy bahan2 tsb agak susah dicari toko kimia, kecuali pd 30 & emal 10.
    4. apa pa iwan punya info toko kimia yang murah & lengkap di bdg?
    5. gmn caranya bikin deterjen dgn kualitas terbaik utk laundry?
    sy bikin deterjen sendiri bukan utk dijual tp buat dipakai sendiri.
    Pa iwan, selama ini sy buka laundry kiloan, & rencana kedepan sy ingin menambah service dg membuka laundry satuan utk konsumen apartemen. kendala sy adalah pengetahuan laundry & kimia laundry yg terbatas dr cr mencuci laundry komersil s/d proses penghilangan noda berat, seperti noda tinta, karat. lemak, darah,dsb. apa pa iwan punya pelatihan utk laundry & kimia Laundry?

    terima kasih atas infonya.

  32. Yanto said,

    Juni 17, 2009 pada 7:48 pm

    Pak saya andri mau nanya apa bpak punya resep deterjen cair ga?Makasih

  33. Hendrik said,

    Juni 28, 2009 pada 5:54 pm

    kalau untuk detergent laundry itu kan berbentuk cair, apakah bapak punya daftar bahan2 yg diperlukan dan cara pembuatanya??? thx…

  34. bangun said,

    Juli 7, 2009 pada 8:31 pm

    pak..saya punya usaha laundry, saya menggunakan produk detergen yg saya beli harga perkilo cukup mahal, tapi hasil gak memuaskan..gimana caranya agar saya dapet bimbingan utk bikin detergen dgn daya cuci yg dahsyat..kalo bisa tak perlu spoting, langsung masuk mesin cuci, langsung bersih hasilnya..tq

  35. Bass Soesatyo said,

    Juli 10, 2009 pada 8:16 am

    Pak Iwan, apakah texapon ada yang berbentuk bubuk? Kalau ada artinya kan tidak perlu ada pengeringan atau jemur. Jadi memperingan pembuatan deterjen bubuk.

  36. Herry said,

    Juli 14, 2009 pada 11:44 pm

    Pagi SAM, Nohom penjelasan tentang detergen yang busanya banyak dan cepat membersihkan kotoran di baju, komposisinya satuan kilo gram atau prosentase untuk 20 kg hasiljadi.
    matur thank Q
    Salam Arema

  37. satria said,

    Juli 21, 2009 pada 11:06 pm

    blog anda sangat membantu, akan lebih baik apabila diberi komposisi per bahannya, makasih, pembuatan sabun cair, bubuk dst

  38. WAWAN said,

    Juli 31, 2009 pada 5:22 am

    Trimakasih atas infonya. Kalau berkenan saya juga minta takaran dan analisis usahanya mas. Ini email saya: wawanpekanbaru@gmail.com.

    Satu lagi nih, tolong rekomendasikan toko bahan kimia yang berada di Pekanbaru Riau.

    Trimakasih..

  39. edy said,

    Agustus 2, 2009 pada 7:20 am

    siang pak Iwan…

    pak saya minta bantuannya nie…
    saya nyuci baju putih seperti biasa pake detergen..
    setelah itu saya rendam pake bayclin…
    eh kok malah jadi kuning… waduh padahal itu seragam kantor.. pusing dah…
    kekantor pake baju belang…
    saya harus pake apa pak??
    saya sudah coba rendam pake air panas tanpa detergen,lalu juga pake air panas dengan detergen,pake citrun,pake clin clin pemutih lainnya eh malah jadi kuning,……
    tologn di email pak ya…

    trims banget pak….

  40. linda said,

    Agustus 4, 2009 pada 8:09 am

    Apa fungsi biolight dalam detergen bubuk? tks

    • iwanmalik said,

      Agustus 5, 2009 pada 1:18 am

      Fungsi biolight pada deterjen agar hasil cucian (pakaian) tampak bersih bersinar. Salam

  41. setyo said,

    Agustus 7, 2009 pada 3:27 am

    mas ,,,kalo dh ikut platian d malang masih dapt CD nya ??
    trim

    • iwanmalik said,

      Agustus 7, 2009 pada 5:22 am

      Ok mas, bagi yg ikut pelatihan langsung di Malang tetap mendapatkan CD. Salam

  42. hackneyed aschaism said,

    Agustus 8, 2009 pada 2:58 am

    waduh mas bisa dijelasin lebih mudah lagi gak, tuh artikel bagus sih tapi ada sedikit kekurangan dari penjelasannya, tolong dirincikan lagi ya mas

  43. Denis said,

    Agustus 9, 2009 pada 3:24 pm

    Mas iwan mnt penjelasan lebih detil dunk?soalnya saya sudah bikin sabun cream tp kog bahan2nya ada yg berbeda dari mas iwan ya?trus mas iwan punya bahan dikit loh?bagi resepnya dunk?
    Terima Kasih

  44. Mulyo Irmawan said,

    Agustus 11, 2009 pada 4:38 am

    Yth. Mas Iwan

    Selamat siang Mas,
    Sebelumnya saya minta maaf baru kali ini bisa contak karena kesibukan.
    Untuk CD detergent kemarin adiku yang di Malang sudah ambil 1buah, cuma mungkin baru bisa saya buka habis lebaran.
    Soalnya kita mudik pas lebaran.
    Kalo nggak keberatan, mohon informasinya mengenai bahan – bahan untuk pembuatan detergent. Hal tersebut untuk nyicil beli bahan bakunya untuk trial.
    Oh ya…ada sedikit masalah dalam hal sabun cair, yaitu suplai botol yang agak sulit. Mohon infonya, pabrik di daerah sekitar KUDUS yang buat botol plastic kemasan 500 ml atau 600 ml.

    Demikian,tks.

    Salam – Mulyo Irm

    Note : Untuk pemasaran sabun cair sudah mulai jalan.

    • iwanmalik said,

      Agustus 11, 2009 pada 5:41 pm

      Yth. Pak Mulyo

      Kami berharap semoga sehat & bahagia untuk bapak sekeluarga.
      Informasi tentang bahan-bahan untuk pembuatan deterjen & kemasan sudah kami kirim via email.
      Kami turut senang usahanya sudah mulai berjalan untuk ke depan bisa lancar & sukses. Amin

      Salam

  45. Dani said,

    Agustus 17, 2009 pada 8:38 am

    Saya jual texaphone 17000/kg, pewangi apel 4000/20ml, pewangi lemon 4500/20ml, sodium sulfat 2700/kg.ambil banyak ada diskon lagi.yang berminat hub 08175250960.terima kasih.

  46. Agung said,

    Agustus 20, 2009 pada 9:21 am

    salam sukses Pa Iwan ,sy punya usaha laundry di bgr kebetulan dekat kampus IPB Bogor selain itu pelanggan dari pabrik dan rumah tangga. Begini ….
    Pa iwan, selama ini sy buka laundry kiloan, & rencana kedepan sy ingin menambah service, kendala sy adalah pengetahuan laundry & kimia laundry yg terbatas dr cr mencuci laundry komersil s/d proses penghilangan noda berat, seperti noda tinta, karat. lemak, darah,dsb. apa pa iwan punya pelatihan utk laundry & kimia Laundry?
    selain itu ada 2 pertanyaan penting lain yaitu :
    1. gmn caranya bikin deterjen dgn kualitas terbaik utk laundry?
    2. karena mesin cuci tiap hari dipake dgn berbagai macam kotoran yng menempel didalam mesin maupun disaluran pembuangan, pa ada gak ramun kimia yang bisa untuk membersihkan karat, kotoran tersebut?

    sy ingin bikin deterjen sendiri utk dipakai sendiri kalo bagus dan bermanfaat bagi orang banyak akan saya jual dan sebagian labanya mau saya kasih utk amal.

    terima kasih atas infonya.

    • anna said,

      Agustus 23, 2009 pada 6:37 am

      nah,.. ni persis spt problem saya.. he..he..

  47. handri said,

    Agustus 25, 2009 pada 2:18 am

    Salam Kenal
    Pak Iwan, kalo boleh minta no. telp/hp yg bisa dihubungi?
    makasih banget.

  48. fahreza said,

    Agustus 26, 2009 pada 1:14 am

    ni artikel cocok bgt, salam kenal pak iwan saya mau buka usaha laundry minta tolong dikirim via email saya donx kayak yang dikirim untuk pak mulyo (info bahan dan pembuatan detergent)

  49. Yoko said,

    September 1, 2009 pada 11:53 pm

    pak iwan bisa saya diberikan artikel pembuatan deterjen khusus mesin matic (low foam)? lalu untuk campuran bibit parfum supaya awet menggunakan apa ya pak?

    saya tunggu emailnya
    thx

  50. agung p said,

    September 4, 2009 pada 8:26 am

    mas iwan,

    saya tertarik mendapatkan detail resep membuat deterjen, pelicin dan softener. kalau bisa dengan detail2 harga per bahan. bagimana cara saya pesan VCD dan produk kimia dari pak iwan. saya tunggu emailnya. makasih.

    salam,
    agung

  51. suherman said,

    September 12, 2009 pada 4:20 am

    pak, kira2 bahan baku untuk 1 kg deterjen ini butuh biaya berapa yah?

    • iwanmalik said,

      September 13, 2009 pada 7:23 am

      Pak/Mas Suherman, untuk 1 kg deterjen biaya 5000-an.
      Salam

  52. siti qoyimah said,

    September 14, 2009 pada 9:03 pm

    Mhn informasi untuk pembelian CD Pelatihannya sy hrs hbungi ke mana ( NO telp atau email) dan no rkningnya.. Terimakasih

    • iwanmalik said,

      September 15, 2009 pada 12:00 am

      Mbak Siti qoyimah, info detail…kami sudah kirim email.
      Salam

    • nda said,

      Januari 14, 2010 pada 1:41 pm

      assalamu’alaikum

    • istafiani ambarwati said,

      Februari 19, 2010 pada 8:39 am

      Nda makin specialist bidang laundry.sukses family and business.

    • Niam Naim said,

      Agustus 15, 2010 pada 5:07 am

      Good Sites. I like it.

  53. dowi said,

    September 16, 2009 pada 11:37 pm

    assalamuakum wr wb pak iwan, sama dengan mbak siti qoyimah tu saya juga mohon dikirimi tentang informasi bagaimana pembelian CD, kalau ikut pelatihan gimana (inginnya sih bisa buat deterjen, softener, pel lantai dan sabun transparan). kira-kira berapa ya biayanya? bisa gak dikasih info juga sekilas tentang biaya untuk satu resep anda ini. kalau untuk buat mulai usaha rumah tangga gimana.
    NB. habis lebaran kapan bisa dihubungi pak (mulai ngantor)
    trima kasih atas perhatiannya..wassalamua alaikum wr wb

  54. wawan said,

    September 29, 2009 pada 8:42 am

    wahluar biasa bermanfaat sekali, kebetyulan saya juga pengin buka laundrytapi bisamemberdayakan tetangga yang masih nganggur. tolong pak di emailke saya teknik pembuatan dan bahan pembuatan deterjen secara lengkap agar kami bisa mengurangipengangguran… terimakasih

  55. linda said,

    Oktober 14, 2009 pada 1:36 am

    pa apa bedanya pd 30 dan pd 15? thanks

  56. isa said,

    Oktober 16, 2009 pada 4:55 pm

    malem pak iwan infonya bermanfaat sekali boleh kirim info detailnya ke email saya tentang pembuatandetergen cair… terimakasih

    • iwanmalik said,

      Oktober 17, 2009 pada 5:32 am

      Pak Isa,
      Kami menyediakan CD deterjen cair,…CD ini berupa film (demo) tentang detail komposisi, fungsi & cara pembuatannya.
      Info lengkap simak penjelasannya sebelum masuk komentar di https://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Salam

  57. rahma said,

    Oktober 18, 2009 pada 2:58 pm

    Pak, saya mau buat detergent liquid. kalau formula yg di atas itu, untuk detergent cair/bubuk atau cream? tolong jawab ya…. thankss

  58. shony said,

    Oktober 20, 2009 pada 1:26 pm

    mas bisa minta emailnya saya ingin tau banyak tentang semua produk n smoga bisa bermanfaat, trims

  59. wawan said,

    Oktober 23, 2009 pada 9:29 am

    thx.
    dimana bisa kita dapat bhn2nya?

    • iwanmalik said,

      Oktober 31, 2009 pada 12:47 pm

      Mas Wawan di Medan,
      CD detejen sudah kirim, paling lambat hari rabu besok sudah nyampek.
      Makasih

  60. Adi Judono said,

    Oktober 28, 2009 pada 2:06 pm

    Pa Iwan luaarrr biasa, kok jadi inget guru kimia SMA aja yah…
    Kalo saya perlu sabun detergen laundry berbentuk cair tapi non foam bagaimana resepnya ? Dan apa mungkin di satukan dengan disinfektan, pelembut, pemutih, pewangi, anti static, yang non foam ?

    Thanks berat n maju terus !

    Adi Judono

  61. Defri Dias Laundry jogja said,

    Oktober 29, 2009 pada 2:54 pm

    Saya memiliki usaha laundry kiloan dijogja,saya mohon dgn sangat dapat mendapatkan keterangan cara membuat detergent standar laundry yg bagus beserta pewangi pakaian,bagaimana cara mendapatkan VCD pelatihan tersebut mohon di email ke saya..terimakasih..Dias Laundry n Dry Cleaning jogjakarta.

    • iwanmalik said,

      Oktober 31, 2009 pada 12:43 pm

      Mbak Defri,
      Kami menyediakan CD deterjen.
      Info selengkapnya…kami sudah kirim email.
      Salam

  62. marcell said,

    November 1, 2009 pada 4:42 am

    alo pak Iwan…
    saya juga punya laundry kilo nih. selama ini saya membeli deterjen curah gt, yg menurut saya kualitas tidak terlalu bagus, karena tidak semua noda bisa hilang. kalo bisa seperti yg diimpikan para pemilik laundry tanpa perlu di spoting/ sikat manual bisa langsung bersih. adakah formula untuk itu?
    dan saya juga mao tau cara membuat softener yg bagus dan wangi, beserta parfum laundry yg sekarang banyak beredar. yang menjadi masalah yaitu wangi pewangi softener dengan parfum laundry berbeda, jd kadang jd bentrok antara wangi dr softener dengan parfum laundry.
    kalo saya bisa memproduksi sendiri, saya bisa membuat aroma yg sama jadi lebih menyatu dan kuat tentunya, dan pasti saya bisa lebih mengirit biaya cost chemical.
    pertanyaan terakhir apakah bapak jg menyediakan bahan2 dasar utk ini semua? karena saya rasa tidak semua toko kimia lengkap…
    terima kasih…

  63. Mulyo Irmawan Kudus said,

    November 4, 2009 pada 5:17 am

    Selamt Siang mas Iwan
    Untuk pengganti Texaphone sudah saya carikan LAS ( u/ Deergent ) , tetapi kok harganya cukup mahal, 2 kali lipat dari Texaphone. Kalau dihitung – hitung jatuhnya sama dengan merk di pasaran harganya.
    Apakah ada perbedaan kompisisi untuk Texaphone dan LAS.
    Demikia,tks.

    Salam – Mulyo Irm
    Kudus

    • iwanmalik said,

      November 4, 2009 pada 8:42 am

      Pak Mulyo Irmawan,
      Untuk pemakaian ukuran LAS padat…tidak sama dengan pemakaian ukuran texapon. Beberapa deterjen bermerk tidak menggunakan salah satu bahan kimia seperti FORMULA DETERJEN KAMI …. yang menyebabkan deterjen kami tidak panas di tangan & untuk merendam pakaian kotor selama berhari-hari tidak akan BAU. Bila salah satu bahan kimia tersebut tidak kita pakai maka deterjen tersebut akan jauh lebih murah. Untuk detailnya kami kirim via Email saja.
      Salam

  64. vannius said,

    November 4, 2009 pada 9:51 am

    Selamt Sore Pak Iwan
    Pak kira2 untuk mendapat info mesin produksi deterjen untuk skala home industri kita bisa mendapatkannya dimana Pak. Thanks

  65. shita said,

    November 5, 2009 pada 1:36 pm

    saya mau tanya….dimana tempat beli bahan untuk membuat DUPA??
    (kawasan surabaya)
    terima kasih

  66. KRISDIYANTO said,

    November 19, 2009 pada 9:33 am

    mas iwan terimakasih mail nya udah dibuka dan semuah bahan gampang dicari disini sekali lagi sy ucapkan terimakasih semoga mas iwan jaya selalu

  67. yeny said,

    November 27, 2009 pada 1:24 am

    asslmualikm wr.wb tolong dikasih tau donk cara pembuatn dterjen dengan abuah mengkudu,coalny q ingin membuat dterjen dgn bahan alami,sbgai usha auntuk mengurangi pncmaran air,pleasssssssssssss diksih tau zaaa caranyA

  68. dedy hnc said,

    Desember 2, 2009 pada 5:53 am

    Ass. Pak Iwan saya tinggal di serang banten kira2 kalau saya pingin mancoba usaha pembuatan detergen sendiri bisa dikasih gambaran gak? berapa saya harus sediakan modal awal, analisa usahanya gmn? trus prospeknya gmn? bahan baku bisa saya peroleh dmn?tolong pak penjelasanya? terima kasih ” salam dedy”

    • iwanmalik said,

      Desember 2, 2009 pada 1:45 pm

      Waalaikumsalam Pak/Mas Dedy, info lengkap sudah kami via email.
      Salam

  69. catur said,

    Desember 12, 2009 pada 4:37 pm

    met malem pak iwan. cuma tanya aja…. bapak produksi deterjen curah untuk rumahtangga gak?? yang banyak busa tapi bersih. soale saya lebih tertarik untuk jadi penjual aja. makasih jawabanya n sukses selalu.

  70. dwi fitri said,

    Desember 16, 2009 pada 9:19 am

    aku mau tanya,,

    apa aja dampak untuk lingkungan atau bahaya dari penggunaan Texapon, STPP, DDBS, dan kaustik soda?

    mohon bantuannya ya..

    terima kasih sebelumnya.

    saya tunggu balasannya bisa lewat email saya.

  71. agung prasetyo said,

    Januari 20, 2010 pada 2:44 am

    Yth Bp Iwan
    Ass. Pak Iwan,saya tinggal di semarang pak, kebetulan temen2 ex kuliah saya banyak yang punya loudry. bisa gk pak saya dikasih detail cara pembuatan deterjen nya ?brp modal awal,analisa usahanya, teruskalo sy tinggal di semarang kira2 saya bisa dpet bahan bakunya dimana ya pak..? atoupun jika bapak ada CD, bagaimana saya bisa mendapatkanya ?tolong penjelasanya ya pak? terima kasih

  72. Fariz F Hakka said,

    Februari 12, 2010 pada 6:38 am

    Pak Iwan, Mohon info tentang CD dan VCDnya artikel2 produck bapak. Bagai mana saya harus mendapatkannya. Apakah bahan2 pembuat harus dibeli di tempat bapak atau tersedia do pasaran….?

  73. Jennifer Kusuma said,

    Februari 16, 2010 pada 12:55 pm

    Pak, apa kegunaan STPP / CMC ??

  74. Budi Kurnia said,

    Februari 19, 2010 pada 3:44 am

    Assalamualaikum Pak Iwan

    blognya bagus sekali
    Mohon infonya tentang resep membuat deterjen bubuk dengan spesifikasi Daya bersihnya kuat atau membersihkan kotoran yang membandel.- Direndam semalam baju tidak akan menimbulkan bau.- Hemat air karena mudah dibilas dan tidak membuat iritasi pada tangan.Terus kalau mau membuat bahan baku nya dimana bisa saya peroleh dan berapa saya termodal perkgnya terimakasih atas responnya Pak Iwan

  75. priyo heru said,

    Maret 14, 2010 pada 2:21 am

    selamat siang Pak iwan
    salam kenal
    Mohon maaf pak , bisa saya kiranya
    minta dikirimi Resep pembuat deterjent ini
    dan cara pencampuran nya….dah..mo pensiun ni pak
    mo usaha loundry…
    terima kasih pak atas perhatiannya
    salam priyo

  76. Ahmad Sobany said,

    Maret 15, 2010 pada 2:43 am

    Salam kenal Pak Iwan,

    Senang bisa menemukan blog anda. Saya ingin tahu lebih detail cara pembuatan sabun dterjen bubuk dan softener. Mohon informasinya ke email saya. terima kasih.

    • iwanmalik said,

      Maret 17, 2010 pada 11:19 pm

      Mas Ahmad,
      Info detailnya sudah kami sampaikan via email.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005
      Salam

  77. Dwi Rezky said,

    Maret 25, 2010 pada 4:02 am

    Formula untuk detergent powder di atas apakah bisa digunakan juga sebagai detergent cair..??? kalau tidak bisa bisa saya minta formula untuk detergent cair…??? Trims

  78. setiawan adi nugroho said,

    April 4, 2010 pada 8:06 am

    assalamualaikum wr.wb
    pak mau tanya bapak punya stock texapon banyak g ? harganya berapa ?pembelian minimal ? terus caranya melarutkan texapone ?

  79. oky said,

    April 6, 2010 pada 4:10 am

    Ass. Pak Iwan saya tinggal di sleman yk kira2 kalau saya pingin mancoba usaha pembuatan detergen sendiri bisa dikasih gambaran gak? berapa saya harus sediakan modal awal, analisa usahanya gmn? trus prospeknya gmn? bahan baku bisa saya peroleh dmn?tolong pak penjelasanya? terima kasih ” salam OKY

  80. NATALIA said,

    April 6, 2010 pada 3:05 pm

    Pak Iwan saya ingin pesan cd2 pengetahuan ttg produk laundry n pengetahuan serta tehknik pencucian. saat ini saya memiliki regular cutomer restoran.dimana pencucian memakan waktu lama dengan spoting. sy butuh pengetahuan bgmna laundry2 besar cara kerjanya.

    Terima kasih

  81. YUNOHEDI said,

    April 13, 2010 pada 11:53 am

    mas tempat sampeyan tersedia bahan bahan pembuat sampo mobil, kalau ada tolong kirim daftar harganya untuk bahan-bahan sampo mobil. termasuk bahan-bahan untuk buat sabun cair matik. kalau ada mohon kirim lewat email saya. saya mau pesan.
    terus berapa harga bibit parfum yang ada di tempat sampeyan?
    terimakasih

    • iwanmalik said,

      April 14, 2010 pada 5:46 am

      Mas Yunohedi,
      Info detail…sudah kami email-kan.
      Salam

  82. Ipeh said,

    April 23, 2010 pada 10:08 am

    Slmt sore pak Iwan,
    pak Sy sangat ingin tau utk pembuatan
    1. detergen liquid,
    2. pelembut pakaian,
    3. pewangi pakaian yg tahan lama..
    4. bhn2 penghilang noda utk seluruh jenis noda,
    trs jg masing2 campuran,komposisi,takaran dan cara pmbuatannya bgmn? mohon info lengkapx pak.
    trmksh bnyk y pak..

  83. rudy santoso said,

    April 25, 2010 pada 11:33 am

    selamat malam pak,
    saya mau tanya nama2 umum kimianya dan juga ukuran masing2 bahan (berapa kg?) dan klo ada cd cara pembuatan deterjen matic secara lengkap n detail mohon informasinya ya pak makasih….
    Thank’s rudy Semarang

    • iwanmalik said,

      April 25, 2010 pada 11:05 pm

      Pak Rudy,
      Info detail…sudah kami kirim via email.
      Makasih

  84. ewin diningrat said,

    April 28, 2010 pada 3:27 pm

    pak’ sya mahasiswa ITN yg dlu pernah kursus ktmpat sampean…

    sya ma kursus Deterjen Cair apa bahan bakux sama sprti yang diatas? kalau bsa bapak ada waktu kapan?

    • iwanmalik said,

      April 28, 2010 pada 10:01 pm

      Haloo mas ewin,
      Kami masih ingat koq….silahkan ke rumah atau ke kantor aja, untuk konfirmasi silahkan hubungi kami 0341-4490005…..sehingga bisa nyusun jadwal lainnya.
      Salam

  85. Pijeyb said,

    Mei 14, 2010 pada 2:37 am

    Pak Iwan, Saya Sudah Tsfr 470.000 untuk cd Shampo mobil wax, dan shampo mobil busa warna, saya tunggu cd nya ya… alamat pengiriman saya sms ke HP tks Prana

    • iwanmalik said,

      Mei 14, 2010 pada 4:39 am

      Ya pak, kami kirim email lagi…dari pertanyaan yg bapak ajukan.
      Makasih

  86. trisni said,

    Mei 22, 2010 pada 2:51 am

    terima kasih pak atas semua info2nya..yang ingin saya tanyakan..berapa harga cd tutorial untuk pembuatan detergen bu2k pak..tolong segera dibales ke email saya…saya tunggu segera pak.trima kasih

  87. segara said,

    Juni 1, 2010 pada 3:07 am

    makasih atas bagi info tentang seputar laundry, saya mau tanya bahan baku kimia untuk laundry, dari deterjen laundry, softener laundry, sampai pewangi, maaf sebelumnya kalo tidak sopan.
    nuwun

    segara

    • iwanmalik said,

      Juni 1, 2010 pada 5:35 am

      Mas Segara,
      Kami menyediakan VCD pelatihannya untuk kebutuhan Laundry.
      Info detail…sudah kami kirim via email.
      Makasih

  88. Musa said,

    Juni 2, 2010 pada 4:48 pm

    Selamat malam Pak.
    Saya mau pesan detergent matic sama pelembutnya caranya gimana?Terus kalo ada sekalian materi laundry.
    Mohon kirim lewat emai saya.
    Wassalam,

  89. eric said,

    Juni 3, 2010 pada 4:34 am

    mas, saya juga minta info via email, cd tentang pembuatan bahan laundry, mulai dari detergen MATIC, softener laundry, dan pelicin+pengharum saat setrika, saya mau beli cd nya untuk pembuatan 3 macam tsb. trmks, salam sukses

    • iwanmalik said,

      Juni 6, 2010 pada 10:48 pm

      Mas Eric,
      Info detailnya….kami sampaikan via email.
      Salam

  90. yosep said,

    Juni 10, 2010 pada 6:31 am

    Selamat siang pak,
    salam kenal pak, maaf….saya baru buka blog bapak kali ini.
    saya 1,5th buka usaha laundry di klaten, problem yang sering dihadapi pada kurangnya daya bersih deterjen bubuk dan kurang wanginya freshner yang saya gunakan.
    Kalau boleh saya tahu rincian detil bahan dan cara pembuatan deterjen bubuk + freshner versi Bp. Iwan?
    Juga sekalian pengadaan bahan2nya dan harga bahan dari bapak.
    Mohon kirm lewat e-mail saya.nuwun

  91. Ipeh said,

    Juni 20, 2010 pada 5:27 pm

    Mlm pak..trmksh utk 3 vcd yg udah sy trima….
    sy tunggu 5 vcd lg ya pak? kira2 nyampe kpn ya pak?
    Oh ya pak,kadang org di toko kimia gk tau produk yg mau sy pesan, jd bs tolong di email seluruh nama2 bhnl lgkp dgn nama kimia nya yg digunakan utk total 8 vcd yg sy pesan itu ya pak? spy gampang beli nya. tx

    • iwanmalik said,

      Juni 20, 2010 pada 11:05 pm

      Mbak Ipeh,
      Sukses…Laundry-nya
      Pesanan ke dua 5 VCD-nya lainnya sudah kami kirim…diperkirakan rabu besok sudah nyampe. Semua nama bahan kimia yg kami sebutkan….adalah “nama bahan kimia umum” sehingga semua toko kimia akan mengetahuinya.
      Ok…..untuk detailnya akan kami jelaskan via E-mail “nama2 lainnya bahan kimia tersebut”.
      Bila ada yg kurang jelas…silahkan contact 0341-4490005.
      Makasih

  92. nugroho said,

    Juni 25, 2010 pada 2:14 am

    pak iwan,

    saya berminat dengan pelatihan dan CD tutorial pembuatan detergent bubuk ini. kiranya no hp pak iwan berapa dan no. rekening nya berapa ?

    thanks

  93. enkas said,

    Juli 19, 2010 pada 4:53 am

    Assalammualaikum
    terima kasih bnyk pak atas infonya,saya akan memulai bisnis laundry,mohon dikriman detail isi vcd untuk pembuatan bahan kimia untuk laundry,deterjen cair,penghilang noda,pelembut,pelicin/pewangi,apalagi yg bahan2 ramah lingkungan,serta aman untuk mesin cuci…tolong di email ya pak…sy mau belu cdnya,trimksih pak.

  94. Jabon said,

    Juli 20, 2010 pada 2:34 pm

    saya masih penasaran …?

  95. joni said,

    Juli 27, 2010 pada 10:18 am

    pak, saya minta resep untuk buat deterjen cair dan softener dong.. yang softener di artikel kurang lengkap.. thanks ya pak sebelumnya..

  96. haryono said,

    Agustus 7, 2010 pada 1:23 am

    Yth : Mas Iwan Malik

    Saya guru swasta, penghasilan minin. tertarik membaca artikel mas iwan tapi saya masih bingung dengan resep komposisi prosentase. berharap mas iwan berkenan memberi resep dengan komposisi menggunakan gram atau cc atau ml untuk membuat sabun cair alat dapur, ditergen bubuk, softener sejenis molto dan pembersih lantai.
    apakah di toko kimia pasti ada bahan tersebut.

    terima kasih atas perhatian mas Iwan dan mohon jawaban kirimkan ke E-mail saya.
    sangat berharap balasan dari Mas Iwan ke e-mail saya segera.

    • iwanmalik said,

      Agustus 9, 2010 pada 12:34 am

      Pak Haryono,
      Silahkan Contact person Iwanmalik’s Production :
      0341 4490005
      0341 7841555
      Semua item2 yg kami tawarkan…bahan bakunya ada di toko2 kimia.
      Kami akan memberikan info toko2 kimia & kemasan lengkap & murah.
      Info lengkap…..kami sudah kirim email.
      Salam

  97. kicky said,

    Agustus 8, 2010 pada 8:21 pm

    cara membuat detergan diatas untuk detergan matic atau bukan ??mohon untuk lebih detail & dikirim via emai saja…trim’s bgt

    • iwanmalik said,

      Agustus 9, 2010 pada 12:49 am

      Rekan Kicky,
      Maaf…kami menawarkan VCD deterjen matic atau standard
      Kami akan memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan.
      Info lengkap…kami sudah kirim email.
      Salam

  98. dedi ramlan said,

    Agustus 16, 2010 pada 10:05 am

    selamat sore pak iwan,,,
    saya orang baru yang bermain dalam usaha laundry,,tapi obat obatan laundry cukup tinggi saya kalah dalam pengadaan obat2an, cost tinggi untung sedikit sekali..tolong donk saya mas iwan, cara buat farfum biar tahan satu minggu lebih,,dan detergen cair dan padat,,dan apa bahan2 untuk mmbuat softener, mohon beri saya informasi.
    salam hormat dan mas iwan tetap jaya dan sehat selalu

    • iwanmalik said,

      Agustus 16, 2010 pada 10:12 pm

      Mas Dedi,
      Info lengkap di https://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan atau kami sudah kirim email.
      Pada dasarnya bila kita memproduksi sendiri…bisa hemat hingga 70%… bahkan ada beberapa item yg bisa hemat sampai 200%.
      Salam

  99. arin said,

    Agustus 30, 2010 pada 1:19 am

    ok….atas informasinya…

  100. wisnu said,

    September 4, 2010 pada 2:12 pm

    Pak iwan saya tertarik dengan cara membuat detergent cair, softener, dan sabun cuci mobil salju.
    tolong di infokan kepada saya, dimana pelatihannya, dan berapa biayanya.

  101. sandy said,

    September 15, 2010 pada 1:29 pm

    malam pak iwan, saya punya usaha loundry kiloan dengan menggunakan deterjen cair harganya perliter Rp 9000,- saya uda baca artikel bapak. yang ingin saya tanyakan dengan membuat 20 ltr apa jauh dengan harga pembelian bahan deterjen tersebut

    • iwanmalik said,

      September 15, 2010 pada 10:43 pm

      Rekan Sandy,
      Bila membuat deterjen cair sendiri…untuk bahan eceran perliter-nya sekitar 3500…tapi bila kita beli bahan dalam jumlah PARTAI / BESAR…pembuatan deterjen cair bisa JAUH LEBIH lagi.
      Salam

  102. wahyu said,

    Oktober 1, 2010 pada 1:41 am

    asslm
    pak iwan bagaimana cara untuk mendapatkan cd tutorial pembuatan macam detergen diatas? japri ya pak…
    terima kasih

  103. anza said,

    Oktober 11, 2010 pada 2:39 pm

    malam pak,,
    kebetulan saya sedang browsing dan menemukan blog bapak dan saya tertarik dengan tulisan yang bapak buat sangat bermanfaat sekali, khususnya ttg pemanfaatan surfaktan.
    saya mahasiswa semester akhir jur.teknologi industri pertanian, rencananya akhir tahun ini mulai akan menyusun skripsi tapi saya masih terkendala dengan topik apa yang akan saya teliti..Mungkin bapak memiliki ide atau saran ttg topik penelitian apa yang dapat saya lakukan. Silakan kirim via email saya, saya sangat mengharapkannya.
    Terimakasih,

    • iwanmalik said,

      Oktober 11, 2010 pada 4:57 pm

      Rekan Anza,

      Atas dasar “jurusan tenologi industri pertanian” kami menawarkan pembuatan sabun mandi padat cara cepat 3 menit “tanpa proses pemanasan” :

      https://iwanmalik.wordpress.com/2009/09/03/sabun-mandi-ini-dahsyat-on-top/

      Bila di simpulkan bahwa pembuatan sabun mandi itu ada 3 jenis meliputi :

      - Sabun kesehatan

      - Sabun kecantikan

      - Gabungan sabun kesehatan + kecantikan

      Dari 3 jenis sabun di atas tergantung dari pengisinya….jadi dari bahan pengisinya kita bisa menentukan jenis…SABUN APAKAH ITU.

      Semua bahan untuk pembuatan sabun mandi padat ini hampir 95% bahan2 alami…yg pasti mudah di dapat di sekitar kita.

      Ok….kami akan memberikan konsultasi gratis….sesuai item yg di pesan via HP, email, chatting maupun bertemu langsung.

      Untuk lebih jelasnya silahkan contact person :

      Iwanmalik’s Production 0341-4490005

      Salam

  104. yakup said,

    Oktober 14, 2010 pada 7:19 am

    pak iwan malik berapa harga vcd cara pembuatan chemical untuk cleaning service, dan bagai mana saya bisa mendapatkan atau membalinya?

    terima kasih.

  105. Ani said,

    Oktober 15, 2010 pada 3:52 am

    Selamat siang Pak Iwan,

    Saya mau tanya cara pembuatan deterjen untuk laundry dan parfum laundry yang awet dan tahan lama bagaimana ya pak?

  106. chanafi said,

    Oktober 25, 2010 pada 3:49 pm

    Selamat malam Pak Iwan,

    Senang sekali dapat menemukan artikel bapak ,saya pingin pesan cd cara pembuatan detergen bubuk beserta bahan-bahannya berapa biayanya ?
    tolong ya pak dikirimkan ke email saya tinggal di Batam

    terima kasih

  107. denny said,

    November 3, 2010 pada 4:44 pm

    Selamat malam pak Iwan saya sangat tertarik dengan artikel anda pembuatan detergen. Pak Iwan kalau mau membuat detergen dalam bentuk gell yg mempunyai :
    - Harga produksi yang minim dengan membuat produk detergen gell yang bermutu.
    - Daya bersihnya kuat atau membersihkan kotoran yang membandel.
    - Direndam berhari-hari baju tidak akan menimbulkan bau.
    - Hemat air karena hanya sekali bilas.
    - Detergen selain sebagai pembersih juga memiliki pelembut dan pewangi.
    - Detergen tidak menimbulkan efek pada tangan pemakai dan kulit.
    - Detergen dapat di gunakan sebagai pembersih piring dan lantai.
    Berapa bahan, dan biaya serta komposisi pembuatan detergen gell sesuai kriteria diatas ? dan untuk pembuatan detergen gell sebanyak berapa liter, komposisi dan bahan yang Bapak sarankan diatas tadi?

    tolong ya pak dikirimkan info ke email saya tinggal di Palembang.

    Terima kasih

    • iwanmalik said,

      November 4, 2010 pada 1:01 am

      Rekan Denny,
      Info lengkapnya…..kami sudah kirim email.
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005
      Salam

  108. AGUNG said,

    Desember 5, 2010 pada 5:16 am

    Pak tlng email ke prasetya1972@yahoo.com cara dapatin cd pembuatan sabun cair cuci piring, deterjen & softener. tq

  109. ramah diana said,

    Januari 5, 2011 pada 5:21 pm

    Mlm pak!saya renc buka home industri u/detergen bubuk,obat pel,pewangi baju&sabun cair u/cuci piring.Tdnya saya mau kulakan yg sdh jadi lalu dijual lg,mslhnya hrg jual saya tdk beda jauh dg prod bermerk yg beredar dipasaran akhirnya saya pikir knp tdk buat sendiri shg bisa menjual dg hrg murah tp tetap berkualitas.Saya mohon saran2 & resep pembuatannya lengkap dg komposisinya.Tolong dibalas via email saya ya Pak? Terima kasih

  110. teges said,

    Januari 18, 2011 pada 12:35 am

    slam pak iwan setelah melihat CDnya saya bencoba bikin detergent sudah brhasil tapi gimana cara biar dikit busa dan daya bersihnya bagus pak?
    pak gimana biar biasa anti noda lemak , bahan apa yang harus ditambah komposisinya brapa ?
    mohon dibalas makasi

    • iwanmalik said,

      Januari 18, 2011 pada 4:11 am

      Rekan Teges,
      Bahan deterjen anti noda….silahkan buka email lagi atau langsung contact person 0341-4490005.
      Makasih

  111. Nathan said,

    Januari 18, 2011 pada 8:43 am

    Dear Pak Iwan,
    Saya mau tanya, texapon yang beredar di pasaran kalau tidak salah kan ada 3 macam :
    -needle
    -gel
    -powder
    Pertanyaan saya, apa perbedaan dari ke 3 produk itu dan yang mana yang paling bagus untuk pembuatan deterjen, kenapa?
    Dan secara efisiensi bagaimana perbandingannya.
    Terima kasih & salam.

    • iwanmalik said,

      Januari 18, 2011 pada 10:19 am

      Rekan Nathan,
      Dari 3 macam texapon (surfaktan), semua bisa digunakan untuk deterjen tapi yang paling bagus untuk deterjen bubuk menggunakan powder atau needle, sedangkan texapon gel untuk deterjen cair.
      Info lengkap contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005.
      Salam

  112. Andri Nugraha said,

    Januari 18, 2011 pada 9:34 am

    Selamat sore pak Iwan saya sangat tertarik dengan artikel anda pembuatan detergen. Pak, saya punya usaha laundry kecil-kecilan untuk spa, biasanya saya terima cuci untuk handuk mandi dan sprei, biasanya saya beli sabun cair yang harganya relatif mahal, mohon pencerahannya bahan2 apa saja untuk membuat sabun cair yang mampu menghilangkan noda minyak pada sprei dan handuk..dan kekuatan wanginya lebih kuat dan tahan lama…
    terima kasih atas bantuannya pa…

    Andri, Cimahi – Jawa Barat

    Terima kasih

    • iwanmalik said,

      Januari 18, 2011 pada 10:22 am

      Rekan Andri,
      Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Kantor jl. barito 5 Malang
      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang

      Cara pemesanan VCD silahkan:

      Info lengkap di https://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan.
      Kami juga sudah kirim email.
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005

      Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui :
      1. http://www.posindonesia.co.id
      2. http://www.tiki-online.com
      3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161

      Salam

  113. iky tri prasetya said,

    Maret 1, 2011 pada 12:10 pm

    salam sukses mas iwan.
    bisa tau info selengkapnya lagi, tentang pembuatan detegen ini?
    saya tinggal di depok.
    terimakasih banyak.

  114. iky tri prasetya said,

    Maret 1, 2011 pada 1:16 pm

    satu lagi mas iwan,
    kalau deterjen untuk mesin cuci ad bahan yg di tambahkn/ bgaimana?

    terimakash

    • iwanmalik said,

      Maret 1, 2011 pada 10:21 pm

      Rekan Iky,
      Info selengkapnya :
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005
      Salam

  115. TANTO said,

    Maret 7, 2011 pada 2:54 am

    pak.. saya baru buka usaha laundry kiloan dan saya ingin buat detergen cair dan softener sendiri gmn caranya? n bhnnya apa aja? pesennya dmn? thanks

  116. fitrah said,

    Maret 21, 2011 pada 2:56 pm

    malam pak. Resep detergen cair nya pak? Alamatnya klau dari terminal arjosari masih jauh pak?

    • iwanmalik said,

      Maret 21, 2011 pada 3:56 pm

      Rekan Fitrah,
      Cukup dekat koq sekitar 1,5 KM…dr terminal arjosari naik angkot bnyk jalur menuju ke kantor. Dan bila ke rumah naik angkot jalur ASD atau ABG.
      Kantor jl. barito 5 Malang
      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang
      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005
      Salam

  117. kadek sudiana said,

    Juni 13, 2011 pada 6:45 am

    pak iwan, apa anda memiliki Vcd tentang pembuatan tinta untuk printer inkjet dengan kualitas paling bagus. karena saya sangat sulit intuk mendapatkannya,mahalan dikin ngk apa pak yang penting kualitasnya.
    Dipasaran sangat susah mencari tinta berkualitas bangus, terutama di denpasar.
    saya tunggu ya pak infonya
    makasih

  118. Gigih Prihandono said,

    Juli 5, 2011 pada 9:46 am

    Pak Iwan ,

    ingin membuat detergent tapi yang ramah lingkungan dengan prospat yg rendah bisa ?

    plus desinfectant dan pencerah ( laundry )

    di email ya pak nanti coba saya order cd nya trima kasih

  119. sulis setiawati said,

    Agustus 2, 2011 pada 6:51 am

    Pak Iwan,

    Mau tanya untuk pembuatan deterjen bubuk, texafon berapa banyak ?
    dan cara pembuatan deterjen cair gimana yah ? apakah bisa pesan?

    • iwanmalik said,

      Agustus 2, 2011 pada 7:26 am

      Rekan Sulis,
      Kami bergerak dalam bidang pelatihan, sering memberikan pelatihan secara langsung, bagi yg berdomisili di luar luar malang bisa melalui VCD berupa film detail tentang komposisi, fungsi dan proses pembuatannya… sengaja kami sendiri yang memperagakan sehingga mudah untuk diikuti / dipraktekkan.
      Nyaris 100% pemesan VCD tak masalah + kami memberikan konsultasi gratis sesuai item yg di pesan via email, HP, chatting facebook ataupun bertemu langsung.

      Kantor jl. barito 5 Malang
      Tlp 0341 492052, 491132

      Rumah jl. Mawar I / 74d Malang

      Cara pemesanan VCD silahkan:

      Info lengkap di https://iwanmalik.wordpress.com/pelatihan

      Contact person iwanmalik’s production 0341-4490005

      Informasi STATUS KIRIMAN dapat di lacak dengan Nomor RESI / Barcode melalui :
      1. http://www.posindonesia.co.id
      2. http://www.tiki-online.com
      3. SMS, ketik IPOS nomor barcode, kirim ke 8161

      Salam

  120. eka bali said,

    Agustus 13, 2011 pada 7:38 am

    saya sangat senang ada yg mau bagi info seperti pak iwan. saya pemula dalam bisnis laundry jd masih banyak perlu info tentang laundry,saya mohon info yg lebih detail pembuatan deterjen cair.makasi

  121. Herlambang said,

    Agustus 15, 2011 pada 12:13 am

    Tertarik Banget pa Iwan, saya beru mau memulai bisnis loundry kiloan, tolong jelaskan secara detail tentang pembuatan deterjen serbuk dan cair serta pewangi dan pelembut loundry,,, atas bantuannya kami sngat beterima kasih.
    bagaimana cara memesan vcd tutorialnya….

  122. oky said,

    Oktober 26, 2011 pada 2:08 pm

    pak iwan, deterjen yang anda buat ini bisa untuk mesin cuci front loading tidak

  123. jayasetyabudi said,

    Februari 1, 2012 pada 5:49 pm

    pak iwan tlg di krim cd cara pembuatan sabun dterjen,softener pewangi ,parfum,atau cara pembutanya dan komposisinya krn kita berada di mataram (ntb) krn kita usaha sampingan pak

    trmkasih pak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 220 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: