Ini Pasta Gigi…mu

Di setiap harinya kita tak bisa lepas dari kegiatan menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Kegiatan gosok gigi sebaiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari, terutama dilakukan sehabis makan. Pernahkah anda dalam sehari saja tidak menggosok gigi? Karena sesuatu hal, penulis pernah sesekali dalam sehari tidak menggosok gigi, sehingga akibatnya mulut terasa tidak nyaman dan canggung bicara jarak dekat dengan seseorang karena kuwatir bau mulut.

Ketika digunakan untuk sikat gigi, pasta gigi yang baik harus memenuhi sifat-sifat:

1. Dapat menghilangkan partikel-partikel asing, sisa makanan yang menempel pada gigi, plak atau karang gigi, dan dapat membersihkan gigi.

2. Haruslah tidak bersifat toksik, memiliki rasa yang menyenagkan dan setelah menggunakan terasa segar dimulut.

Bahan baku pasta gigi tersusun atas :

1. Bahan polishing ( penggosok), merupakan salah satu bahan terpenting untuk menghilangkan partikel-partikel sisa makanan yang menempel pada gigi. Bahan yang sering digunakan diantaranya Aluminium fosfat.

2. Bahan foaming ( pembusa ), berfungsi untuk membantu aksi bahan polishig dengan membasahi gigi dan partikel makanan yang tertinggal pada gigi dan juga berfungsi mengemulsikan lendir dimulut. Bahan pembusa yang digunakan SLS ( sodium lauryl sulfonate ) dengan nama dagang texapon, emal dll.

3. Bahan moistener ( pelembab ), berfungsi untuk mencegah pengeringan dan pengerasan pada pasta gigi. Bahan yang sering digunakan diantaranya Gliserin , Propylene glikol dll.

4. Bahan pengikat, berfungsi untuk mencegah terjadinya pemisahan bahan pada pasta gigi. Bahan yang digunakan diantaranya sodium alginat.

5. Bahan pemanis, berfungsi untuk menberikan rasa manis pada pasta gigi. Bahan yang digunakan diantaranya sakarin.

6. Bahan pemberi rasa, berfungsi untuk memberikan aroma dan rasa pada pasta dan menghindari rasa eneg atau mual. Disamping itu juga untuk menambah kesegaran pasta gigi. Bahan yang digunakan minyak peppermint.

7. Bahan pengawet, berfungsi untuk menjaga struktur fisik, kimiawi dan biologi pasta gigi. Bahan ini haruslah tidak bersifat toksik. Bahan pengawet yang digunakan sodium benzoat.

8. Bahan flouride, merupakan salah satu zat yang berfungsi untuk pertumbuhan dan kesehatan gigi, melapisi struktur gigi dan ketahanannya terhadap proses pambusukan serta pemicu mineralisasi. flournya memberikan efek deterjen dan unsur kimianya mengeraskan lapisan email gigi. Flouride yang banyak digunakan adalah salah satunya sodium flouride ( NaF ). Pemberian flouride untuk pasta gigi dianjurkan 0,05% – 0,08%, karena kelebihan pemberian flouride akan mengakibatkan merusak kesehatan. Penulis menganjurkan dalam pembuatan pasta gigi tanpa flouride sih tak apa-apa.

Komposisi pembuatan pasta gigi

1. Alumium fosfat maksimal

2. Texapon 3%

3. Gliserin (15 – 20)%

4. Sodium alginat 25%

5. Sakarin secukupnya

6. Minyak peppermint secukupnya

7. Sodium benzoat 0,1%

8. Sodium flouride

9. Air Secukupnya

Peralatan yang dibutuhkan: wadah dan pengaduk kayu

Cara membuat pasta gigi

1. Sodium alginat + gliserin diaduk rata

2. (1) + Texapon diaduk rata

3. Air + Sodium benzoat aduk rata

4. (3) dicampur ke (2) aduk rata + NaF

5. (4) + Pemanis aduk rata

6. (5) + Aluminium fosfat aduk rata

7. (6) + Minyak peppermint aduk rata

8. Siap dikemas

9 Komentar

  1. ersa said,

    Maret 27, 2009 pada 7:20 am

    wah,pak…
    informasi yang betul-betul berguna…
    makasih ya pak..
    salam_ersa

  2. pandan said,

    Juni 22, 2009 pada 5:23 am

    SIANG…SAYA SALAH SATU SUPPLIER HOTEL DI JOGJA…SAYA MEMBUTUHKAN INFO ALAMAT ATAO cp PABRIK/PRODUSEN PASTA GIGI BERIKUT SIKAT GIGI…MUNGKIN BISA DIBANTU ?????????????

    • martha said,

      Juni 30, 2009 pada 10:36 am

      Pak pandan…saya memproduksi pasta gigi…bapak bisa hubungi saya di email..tq.

      • siti qoyimah said,

        Juli 17, 2009 pada 1:31 am

        tlg saya di email penawaran pasta gigi plastik yang 5 gr ya mb.. keperluan sy krg lbh 10 rb pcs per bulan. Tlg di email ke siti.qoyimah@yahoo.com

      • Istafiani Ambarwati said,

        September 6, 2010 pada 12:45 pm

        Selamat Hari Raya Iedul Fitri…Mohon Maaf atas segala kesalahan yang pasti saya sengaja dan yang tidak disengaja. “Bisnis” yang dulu sudah diganti dengan yang baru dengan relasi yang juga baru.

  3. irsal said,

    Juli 5, 2009 pada 6:13 am

    tanya pak ?
    Gliserin kan itu terbuat dari minyak yang berasal dari hewan, dan kehalalan nya bagi umat islam perlu di pertanyakan, apakan ada bahan pengganti yang lain atau sejenis itu yang bisa di gunakan

    makasih

  4. lieke said,

    September 20, 2009 pada 7:00 am

    toLong tanya pak?
    Kalau saya ingin membuat pasta gigi berbahan dasar kedelai bagaimana caranya ya? apakah bahan2 yang disebutkan bapak diatas cuma tinggal ditambah kedelai atau mungkin sakarin diganti dengan kedelai atau bagaimana? kedelainya dibuat bahan pasta atau bagaimana?
    Saya ingin membuat skripsi tentang ini pak, jadi saya sangat berterimakasih jika bapak mau menjawabnya. Terimakasih banyak.
    Selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin…

  5. nadia said,

    Mei 31, 2010 pada 12:04 pm

    pertanyaan saya sama seperti lieke, akan tetapi bahan baku yang kami gunakan akan berbeda.
    sebetulnya dalam pasta gigi, zat aktif yang menyehatkan gigi itu apa? flouride sajakah atau sebetulnya kalsium dan fosfor dapat mempengaruhi? terima kasih banyak pak

  6. hillman said,

    April 1, 2011 pada 2:01 am

    sangat berguna bagi kami informasinya terutama artikel pasta gigi , untuk menjual hasil produksinya tentu harus dikemas dengan tube yang cocok, dimana saya bisa membeli kemasan tube plastik pasta gigi. terimakasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: