Kimia itu Mudah dan Menyenangkan, cocok untuk Guru SMP dan SMA

Menyimak kurikulum saat ini, khususnya tingkat SMP sederajat sudah diberi materi Kimia. Sebagian besar besar siswa-siswi kita, pelajaran Kimia adalah “momok” atau pelajaran yang menakutkan selain pelajaran Matematika. Materi Kimia yang dipelajari banyak membahas tentang berbagai jenis sabun, baik yang berbentuk padat, cair, serbuk maupun cream. Setiap bentuk sabun terbentuk dari berbagai macam bahan-bahan kimia.

Sebenarnya untuk membuat berbagai macam bentuk sabun tidaklah sulit. Kata kuncinya adalah dengan mengetahui fungsi dan sifatnya dari bahan-bahan kimia pembentuk sabun.

Untuk memancing atau membuat siswa-siswi kita suka akan mata pelajaran Kimia, salah satu terbaiknya dengan mengajak siswa secara langsung praktek kimia atau bahasa kerennya “kimia terapan”. Kami sebelumnya telah melakukan riset berkali-kali dengan biaya yang tidak sedikit, sehingga kami menemukan formula yang cocok untuk setiap itemnya.

Dari pengalaman Kami sebagai pengajar, sering memberikan materi Kimia Terapan ini di SMP-SMP se-Malang Raya yang sudah lebih dari 5 tahun sebagai sarana Mulok di bawah naungan SMK Putra Indonesia Malang dengan Program Keahlian Kimia Industri, telah terbukti bahwa siswa-siswi amatlah menikmati dan menganggap pelajaran Kimia itu mudah. Program Mulok ini dijalankan hampir setiap tahun di setiap SMP-SMP se-Malang Raya untuk mengenalkan bahwa belajar Kimia itu mudah.

Untuk berbagi pengalaman yang menyenangkan ini, kami akan menawarkan kepada Guru SMP khususnya dan Guru SMA pada umumnya, dimanapun anda berada. Dimana salah satu tujuan kita, mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami akan menawarkan dalam bentuk Pelatihan khusus untuk para Guru. Untuk Informasi pelatihan ini dapat di buka pada halaman atas”PELATIHANAN’.

10 Komentar

  1. abuthoriq said,

    Januari 5, 2009 pada 10:10 pm

    Saya senang dengan topik ini karena saya seoang guru

  2. ngikngik said,

    Januari 6, 2009 pada 5:21 am

    Tidak semua siswa menganggap kimia itu momok, saya saja suka belajar kimia.

  3. S Belen said,

    Januari 6, 2009 pada 7:30 am

    Baguslah, jika di SMP siswa lebih terfokus ke kimia terapan karena di SMA kimianya cenderung lebih abstrak. Sukses selalu, Pak

  4. phandaka said,

    Januari 7, 2009 pada 4:22 am

    kita dulu suka main di lab kimia sekolah ..bikin warna-warna yang aneh dengan zat kimia yang ada.. hingga dimarahin guru kimia..hehe..
    http://ajangkompetisi.wordpress.com

  5. iman354 said,

    Januari 21, 2009 pada 4:22 am

    nice artikel saya link di blog ya Om

  6. Dewi Widiyastuti said,

    Mei 29, 2009 pada 8:28 am

    mohon informasi untuk toko Kimia di jakarta ya mas Iwan, saya tau jakarta surga untuk segalanya tetapi karena kesibukan saya dan lainnya sehingga tidak memungkinkan saya untuk bertanya ke toko kimia yg terdekat di tempat saya. Lokasi yg saya tau kimia farma..itupun jauh dan macet..duh gimana ya..any suggest untuk permintaan saya ini. karena saya cinta lilin, dimana2 di rumah penuh dengan lilin sehingga buat saya, ingin sekali saya membuatnya sendiri..tolong ya mas..saya ingin membeli bahan2 membuat lilin tersebut..trims

  7. widodo said,

    Oktober 16, 2009 pada 3:23 am

    mas tolong info nama kimia dari bahan bahan yang disebutkan dalam resep2 sampean. soalnya di toko kimia banyak yang gak ngerti . tks

    • iwanmalik said,

      Oktober 16, 2009 pada 5:05 am

      Pak/Mas Widodo,
      Kami jamin semua bahan yang ada di masing-masing formula/resep ada di toko kimia.

      Masing-masing bahan kimia mempunyai :
      -nama kimia >yg mengetahui hanya seseorang yg pernah belajar kimia
      -nama umum > semua toko kimia mengetahui nama bahannya
      -nama dagang > yang memberi nama bahannya hanya toko kimia tertentu sedangkan toko kimia yang lain tidak mengetahui.

      Untuk itu bapak Widodo membutuhkan formula apa?????…telpon aja ke HP flexy kami 0341 5439766. Kami siap membantu kesulitan bapak…& kami juga akan memberikan informasi toko-toko kimia, yang pasti menjual bahan baku yang bapak butuhkan. Atau kami sendiri yg memesan bahan untuk di kirim ke alamat bapak.

      Salam

  8. rachel k said,

    Januari 13, 2010 pada 5:56 pm

    Share infonya dong pak. Sy juga guru dan pengen membuat murid suka kimia. Thanks

  9. Doanco said,

    Agustus 22, 2010 pada 6:26 am

    Sy terharu dg dedikasi bpk yg mengabdikan diri pd dunia pendidikan. Apalagi inovasi pembelajaranak bpk patut diapresiasi scr positip krn sy tahu pelajaran Kimia mmg dirasakan momok sebagian/bnyk anak didik. Ttp dg pembelajaran yg aplikatif maka sdh barang tentu ada kesadaran penerimaan dr anak didik. Sm ktk sy mengajarkan pelajaran elektronika, dg menerapkan. ilmu scr aplikatif dikeseharian maka scr pelan dan pst mrk akan senang menekuni pelajaran yg di awal menakutkan menjadi menyenangkan krn ada nilai tambahnya. Bravo….. pak!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: