Drink…, Drink…, Drink…..

Anda ingin minum minuman apa tinggal pilih saja. Saat ini banyak sekali jenis-jenis minuman telah beredar dipasaran dalam bentuk kemasan, baik dalam kemasan kaleng, botol, gelas, kotak dan sebagainya. Kalau kita perhatikan saat ini orang ingin minuman atau menyediakan untuk orang lain, ingin praktisnya saja dan gak perlu repot-repot. Ingin minum minuman  tinggal ambil/beli saja.

Sebenarnya jenis-jenis minuman ini dapat kita bikin sendiri dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk penggolongan dan jenis-jenis minuman akan kami sanpaikan sebagai berikut:

MINUMAN BERKARBONISASI

Tahap penting dalam pembuatan minuman proses karbonasi, mutlak diperlukan tekanan tinggi supaya gas CO2 dapat mengisi rongga-rongga di dalam struktur cairan. Tekanan tinggi tersebutlah yang menyebabkan timbulnya suara berdesis, ketika minuman berkarbonasi dibuka dari kaleng ataupun botol. Suara desis tersebut berasal dari tekanan pada permukaan air soda yang turun dengan sangat cepat, sehingga gas karbondioksida dalam minuman berusaha lepas. Gas karbondioksida tidak lepas sendiri-sendiri, namun membentuk molekul yang disebut nukleus sehingga mereka mempunyai tenaga untuk melawan cairan, melepaskan diri ke permukaan. Nukleus ini dapat dilihat ketika kita menuangkan minuman ke gelas, maka di bagian pinggir akan terbentuk gelembung-gelembung yang tampak menyatu. Nukleus ini juga yang memberikan sensasi nikmat di lidah.

Proses pembentukan nukleus dapat dipercepat dengan cara mengocok minuman berkarbonasi. Jika kita mengocok soda dalam kaleng atau botol yang masih tertutup, akan timbul suara letupan pada saat kaleng dibuka akibat dorongan nukleus yang sangat besar.

Selain faktor nukleus, faktor lain yang berpengaruh terhadap proses hilangnya gas karbondioksida dalam air adalah suhu. Proses karbonasi akan lebih efektif pada suhu yang lebih rendah, yaitu 2 – 5 derajat Celcius. Semakin tinggi suhu cairan, semakin sedikit gas yang terlarut.

Hal itu memang berlawanan dengan zat padat (seperti gula atau garam) yang bila dipanaskan akan mudah larut bersama air. Zat gas seperti karbondioksida bila berada dalam keadaan bebas di udara akan memiliki energi kinetik yang sebanding dengan suhu.

Untuk membuat karbondioksida larut dalam air, diperlukan upaya agar zat karbondioksida tersebut dapat stabil di dalam air. Salah satunya adalah menurunkan energi kinetiknya dengan cara menurunkan suhu. Bila kita menaikkan suhunya, gas karbondioksida akan cenderung lepas. Itulah sebabnya selain alasan kesegaran, minuman berkarbonasi lebih disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan dingin.

SPRITE TYPE

1. Cane sugar

2. Sodium citrate

3. Sodium benzoate

4. Aspartame

5. Lemon essence

6. Citric acid

7. Air kemasan isi ulang

8. Ace-K

FENDA TYPE

1. Cane sugar

2. Sodium citrate

3. Sodium benzoate

4. Stevioside

5. Orange essence

6. Citric acid

7. Air kemasan isi ulang

8. Ace-K

COLA TYPE

1. Cane sugar

2. Phosphoric acid

3. Sodium benzoate

4. Sodium cyclamate

5. Caffeine

6. Citric acid

7. Whole colorful cola

8. Air kemasan isi ulang

9. Ace-K

ORANGE TASTE

1. Cane sugar

2. Sodium citrate

3. Potassium sorbate

4. Sodium cyclamate

5. Citric acid

6. Air kemasan isi ulang

7. Ace-K

LITCHY TYPE

1. Cane sugar

2. Sodium citrate

3. Emulsified litchi essence

4. Citric acid

5. Sodium benzoate

6. Air kemasan isi ulang

7. Ace-K

STRAWBERRY TYPE

1. Cane sugar

2. Sodium citrate

3. Sodium benzoate

4. Citric acid

5. Strawberry essence

6. Air kemasan isi ulang

7. Ace-K

19 Komentar

  1. eNgga said,

    Januari 4, 2009 pada 8:36 am

    apapun makanannya …
    minumnya t** b**o* **sR* ..
    hhahaGz,,

    visit eNggaLicioUs bLog wanNa be deLicioUs

    • nadhya said,

      Mei 19, 2009 pada 1:05 pm

      mank pa hub minuman bersoda ma teh botol sosro seeeeeh????????????????????????????????????????

  2. eNgga said,

    Januari 4, 2009 pada 8:38 am

    apapun makanannya …
    minumnya t** b**o* **sR* ..
    hhahaGz,,

    visit eNggaLicioUs bLog wanNa be deLicioUs

  3. Roganda said,

    Januari 4, 2009 pada 2:34 pm

    Pertama : Thanks atas kunjungannya ke http://www.roganda.wordpress.com
    Kedua : Blog ini sangat bagus dan penuh wawasan baru.
    Ketiga : Saya sampai “..ohh..ohh..oohh..” karena sekarang tahu minuman berkarbonasi.

    Keempat : Pokoknya kerennn…😀😀😀

  4. diazhandsome said,

    Januari 6, 2009 pada 7:56 am

    tetep aja air putih masih yang paling bagus menurut gw… walopun gw lebih suka jus alpuket… hahah

    salam kenal… main lagi yah ke blog sayah😀

  5. Dekray said,

    Januari 6, 2009 pada 10:05 am

    Air mineral sebotol tiap pagi, biar perut nggak buncit. biar sehat.
    Segelas susu sebelum tidur, biar tidur bisa nyenyak. saat komeng tetep kapucinoooooooooo

  6. Januari 6, 2009 pada 5:29 pm

    Aer putih paling enak dan sehat deh pokoknya🙂

  7. oRiDo™ said,

    Januari 8, 2009 pada 6:09 am

    dingin lebih nikmat…
    tapi itu bukan cuma utk minuman berkarbonasi..
    non-karbonasi pun enak klo dingin2 es..😉

  8. meylya said,

    Januari 8, 2009 pada 7:17 am

    air putih paling menyegarkan dan menyehatkan
    salam kenal🙂

  9. iwanmalik said,

    Januari 10, 2009 pada 9:57 pm

    Aneka minuman bersoda dipasaran banyak sekali beredar dengan berbagai merk. Amerika Serikat yang selama ini dikenal sebagai mata air minuman bersoda tapi Meksiko negara pengkonsumsi terbesar / penggila minuman bersoda terbesar didunia. Indonesia memang bukan Meksiko, tapi kegilaan akan minuman bersoda juga ada di sini.
    Minuman bersoda pemberi kenikmatan dan kepuasan tersendiri, lagipula memang tidak semua orang yang mampu minum minuman soda bergelas-gelas dalam keseharian.
    Tinggal bagaimana kita mengkonsumsinya secara bijaksana dan tidak berlebihan.

  10. abasosay said,

    Januari 12, 2009 pada 7:37 am

    semua dicampur jadi satu ya? takarannya berapa?:mrgreen:

  11. arsan said,

    Januari 22, 2009 pada 9:45 am

    info yg berguna mudah2an cita2 ku tercapai utk bisa bisnis dibidang minuman apalagi sudah diberitahukan cara2 pembuatannya….keep it that way bro..

    also see this blog –> http://mangarop.com

  12. zaldy munir said,

    Januari 23, 2009 pada 8:22 am

    Apapun makanannya, minumnya tetap… air putih…

  13. supriman said,

    Februari 3, 2009 pada 3:21 am

    Ntar mo dipraktekin aahh… Gimana kalo qt buka Home Industry kek gini nih..
    Lumayan sbg passive income🙂

  14. tri said,

    Februari 27, 2009 pada 6:10 am

    Mas, kalo proses injeksi nitrogen dalam minuman bagaimana?
    Saya nyari2 belum dapet nih, buat nyusun skripsi. Boleh bagi infonya? atau referensi bukunya?
    terima kasih

  15. h3nry said,

    Juni 4, 2009 pada 2:54 pm

    Mas Iwan, bisa ga di kasih tau ukuran bahan2 supaya bisa jadi 1liter minuman bersoda (contohnya sprite type)
    makasih sebelumnya, salam kenal.

  16. Kinou said,

    Juni 5, 2009 pada 12:36 pm

    Tips yg sangat menarik.
    O ya mas iwan mau tanya ni kalau minuman teh bersoda kaya tebs itu gimana formulanya.
    Trus proses memasukkan karbondioksida gimana caranya ya.
    Sebelumnya makasih banget.
    Mohon direply lwt email aja ya
    trims

  17. Bocah malas said,

    Juli 12, 2009 pada 3:25 pm

    ukurannya masing masing 1 Kilo hehhehe jadi apa yach..???

  18. Chipud's said,

    April 20, 2010 pada 3:55 am

    Good…Good…..
    Boleh juga nih resepnya, kalo dikasih tau komposisi gram2nya keren banget tuhhhhhhh……….
    dikirim via e mail jg g papa…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: