PERMEN JELLY…Yup

Hampir setiap warung, toko, mini market maupun supermarket tersedia / wajib ada permen jelly karena jenis permen ini sangat disukai konsumen terutama anak-anak dengan segala rasa, warna  dan bentuk yang menarik berupa hewan, buah dll.

Permen jelly merupakan permen yang terbuat dari sari buah-buahan atau essens dengan berbagai macam rasa dan bahan pembentuk jel, dengan bentuk fisik jernih transparan serta mempunyai tektur kenyal seperti permen karet.  Bahan pembentuk jel yang biasa digunakan antara lain Gelatin, karagenan atau agar-agar. Permen jelly tergolong makanan semi basah, oleh karena itu cepat rusak…maka dari itu perlu pengawet untuk memperpanjang penyimpanannya.

Untuk menghindari lengket antara permen jelly satu sama lainnya maka perlu bahan pelapis yaitu campuran tepung tapioka dan tepung gula dengan perbandingan tertentu yg sudah disangrai selama beberapa menit.

Komposisi Bahan :

Gelatine 165 gr

Glukose 75 gr

Sodium propionat   gr

Buffer sitrat

Asam sitrat secukupnya

Gula  160

Pewarna secukupnya

Essens / Sari buah

Air

Peralatan yang digunakan : Wadah, pemanas, pengaduk, termometer & cetakan.

Cara Pembuatannya:

1. Gelatine + Air panas aduk rata sampai larut

2. ( 1 ) + sodium propinat aduk rata sampai larut

3. Glukose + Gula + Air dipanaskan dengan api kecil sampai suhu 110 derajat, kemudian tambahkan asam sitrat + Buffer sitrat sambil di aduk dan dipanaskan sampai 120 derajat lalu matikan.

4. (2 ) + ( 3 ) di aduk rata

5. ( 4 ) + Pewarna + Essens/sari buah… aduk rata

6. ( 5 ) tuang ke loyang atau cetakan, tunggu sampai dingin & kenyal ( kira-kira 1 hari ).

7. Siap diangkat dari cetakan, kemudian taburi dengan campuran tepung tapioka dan gula yang sudah di sangrai.

Khusus untuk permen jelly sari buah :

Pembuatan sari buah kita bisa menggunakan buah-buahan seperti nanas, mangga, jambu, buah naga dll.  Kita pilih salah satu buah kemudian kita kupas…dipotong kecil-kecil kemudian di BLENDER …tambahkan air sama dengan berat buah…kemudian di saring dengan kain saring. Hasil sari buah ini bisa diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 1 ataupun 1 : 2.

20 Komentar

  1. April 24, 2010 pada 4:47 pm

    saya suka sekali permen jely… enak banget!!!!
    tapi saya ng tahu cara buatnya.
    makasi ya resepnya, besok saya mau buat permen jely untuk keponakan saya dirumah…

  2. Mei 5, 2010 pada 5:20 am

    waaaahhh permen jelly.. hmmm enak ngga ya.???
    salam kenal dari
    http://maswantoaceh.wordpress.com/

  3. Qw said,

    Mei 16, 2010 pada 3:07 am

    Sodium propionatnya berapa gr mas??

  4. masbadar said,

    Mei 20, 2010 pada 3:14 am

    istri saya butuh neh artikel, kopas yo..

  5. Jabon/jabon said,

    Mei 20, 2010 pada 4:11 pm

    wahhh perlu di cobanich tips…

  6. dedek said,

    Mei 27, 2010 pada 3:19 pm

    thank resep nya….

  7. dyanza said,

    Juni 13, 2010 pada 4:55 pm

    tetap semangad bikin produknya…

    (http://dyanzaa06.student.ipb.ac.id/)

  8. ratna said,

    Juli 29, 2010 pada 3:08 am

    sodium propinatnya berapa gr dan fungsinya untuk apa?thx

    • iwanmalik said,

      Juli 29, 2010 pada 5:02 am

      Ok mbak Ratna,
      Sodium propionat berfungsi sebagai pengawet makanan.
      Salam

  9. Kikis said,

    Agustus 1, 2010 pada 12:29 am

    Ok,bnget resepnya,kalo buah salak bsa ga ya d buat premen jelly?soalnya Bnyak bngt salak d tmpt ak.mksh

  10. resi said,

    Agustus 11, 2010 pada 1:55 am

    buffer sitrat ada takarannya g ya?
    makasih

  11. Rita Kartika said,

    Agustus 13, 2010 pada 2:18 pm

    Kok SOdium Propionat dan Buffer sitrat nya gak ada jumlah beratnya mas?
    BTW makasi ya mas buat artikel dan formulanya. Bermanfaat banget euy….

  12. nana said,

    Oktober 18, 2010 pada 4:32 am

    mas, bisa g kut kursus permennya, da jadwal kusus to bisa se-waktu2?thx

    • iwanmalik said,

      Oktober 19, 2010 pada 11:01 pm

      Mbak Nana,
      Contact person Iwanmalik’s Production 0341-4490005
      Salam

  13. Cicik Resti said,

    November 6, 2010 pada 8:16 am

    Mas Iwan…..

    Apa khabar?. baru kali ini saya buka blog sampeyan. Saya selalu kesulitan apabila dituliskan “secukupnya. Secukupnya itu ukurannya apa ya mas.

    Seperti; Sodium propionat gr (berapa gram mas?)
    Buffer sitrat
    Asam sitrat secukupnya

    Mohon advise-nya…terima kasih.

  14. novia maulida said,

    November 30, 2010 pada 12:13 pm

    mas iwan,.,.
    saya kan mau buat penelitian tentang permen jelly,.,., menurut mas iwan sari buah yang cocok buat saya dan masih langka d pasaran dan sangat bernilai gizi yang baik apa yah mas,.,..??? mksh

  15. Essa said,

    Maret 4, 2011 pada 4:10 pm

    bagus banget artikelnya…izin copas buat blog aku ya🙂
    Oiya, aku pernah baca kalo bikin permen jelly perlu dikeringkan agar kadar airnya hilang sama sekali sehingga bisa awet berbulan2 tanpa bahan pengawet, menurut Anda gimana ya?
    thanks bgt.

  16. ila'Muhliz said,

    Mei 17, 2011 pada 3:28 am

    beli bahan2nya tu dimana mas??ditoko2 terdekat ada kah??mksih…dtunggu blasanny

    • iwanmalik said,

      Mei 17, 2011 pada 4:48 am

      Rekan Ila’Muhliz,
      Bahan2 baku untuk pembuatan permen jelly ada di pasaran…terutama di supermaket/toko2 besar.
      Info lebih lanjut silahkan ke :
      Contact person Iwanmalik’s Production 03414490005.
      Salam

  17. opan said,

    November 14, 2013 pada 7:02 am

    bagus bagus buat peljaran disekolah kami trims imfonya ya mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: